Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

7 Hal yang Harus Disiapkan Jika Ingin Mulai Bisnis Sendiri

by Rafly Aditia on 29 April, 2016

memulai bisnis - CekAja.com

Membangun sebuah bisnis sendiri bukanlah hal yang mudah. Memang kelihatannya ketika sebuah bisnis sudah sukses gampang untuk dijalankan. Padahal, dalam membangun bisnis yang sukses tersebut sangat banyak sekali rintangan dan hambatan yang mengalangi.

Untuk kamu yang saat ini berminat membangun sebuah bisnis sendiri, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut ini 7 hal yang harus kamu siapkan, jika ingin mulai bisnis sendiri yang diadaptasi dari artikel forbes.com:

Siap mental dan tahan banting

Kalau sekarang kamu masih bekerja di sebuah perusahaan, pastikan diri kamu siap untuk menekuni dunia usaha. Pasalnya, akan ada banyak sekali perubahan gaya hidup antara seorang pebisnis pemula dengan seorang karyawan.

Memulai sebuah bisnis merupakan suatu pekerjaan yang sangat berat, kamu butuh determinasi yang tinggi dan kemauan untuk terus belajar. Apalagi biasanya dalam membuka sebuah bisnis, kamu gak bakal langsung mendapatkan keuntungan. So, siapkanlah mental baja untuk hal tersebut.

Target konsumen yang jelas

Ketika pertama kali membuka sebuah bisnis, pastikan kamu memiliki target konsumen yang jelas. Produk yang bagus dan unik memang sering memikat konsumen, tetapi hal tersebut biasanya bersifat sementara. Untuk itu, pastikan bisnis kamu menyediakan produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen. Tentukanlah siapa saja konsumenmu, apa yang mereka butuhkan.

Bermodalkan target dan mengetahui apa kebutuhan konsumen, jual produk yang menjadi kebutuhan mereka. Hal ini akan membuat konsumen bergantung kepada produk dari bisnis yang kamu ciptakan. Kalau sudah begitu, maka bisnis dapat berjalan sesuai harapan.

Pastikan keadaan dan potensi pasar

Saat sudah memutuskan untuk terjun di dunia bisnis, pastikan kamu mengetahui bagaimana keadaan pasar secara keseluruhan. Kalau bisa gunakan data, karena data sangat berpengaruh untuk menganalisa potensi dan keadaan pasar.

 Mulai dari data berapa banyak kompetitor, apa keinginan dan kebutuhan konsumen, sampai berapa banyak jumlah calon konsumen bisa membuat kamu mempersiapkan bisnis dengan matang.

(Baca juga: Trik Agar Pinjaman dengan Agunan BPKB Bikin Kamu Untung)

Miliki kelebihan dibandingkan kompetitor lain

Bisnismu memiliki cukup banyak pesaing atau kompetitor? Tenang saja, selama kamu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh mereka maka pasar bisa kamu ambil alih. Untuk itu, sangat penting untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam menjalankan sebuah bisnis. Apalagi kalau kamu membangun sebuah bisnis baru. Menyediakan sesuatu yang berbeda dan bermanfaat bisa membuat produk kamu terus diingat oleh konsumen

Bentuklah sebuah tim yang solid dan qualified

Dalam bisnis, kamu tidak bisa melakukan semua secara sendiri. Perlu dilakukan pembagian tugas untuk menjalankan bisnis secara efektif dan efesien. Sehingga, kamu membutuhkan beberapa orang yang bisa tergabung dalam sebuah tim yang solid dan mempunyai kapabilitas untuk melakukan tugasnya masing-masing.

Semakin solid dan semakin berkualitas tim yang kamu bentuk, maka bisnis yang dibangun bisa berkembang pesat. Sebaiknya setelah bisnis mengalami perkembangan, pertahankan atau kalau perlu tambah lagi solidaritas dan kualitas dari tim yang kamu bentuk.

(Baca juga: 5 Barang Mahal Kepunyaan Captain America)

Perhitungkan semuanya dengan matang

Bisnis dan uang merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dalam menjalankan sebuah bisnis, uang memiliki peran yang begitu vital. Jadi, sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk melakukan perhitungan yang benar-benar matang dalam membangun sebuah bisnis. Hitunglah mulai dari ongkos produksi sampai keuntungan penjualan. Apakah jumlahnya masuk akal dan memungkinkan bisnis untuk berkembang?

Kamu harus punya rasa tanggung jawab

Sebagai founder dari bisnis yang kamu bangun, kamu harus bertanggung jawab atas segala kesalahan yang terjadi dalam bisnismu. Tidak ada gunanya menyalahkan rekan bisnis atau anak buah, karena hal tersebut hanya memperkeruh keadaan. Fokuslah untuk membangun kekuatan dan rasa tanggung jawab, terus belajar dari kesalahan, lalu berkembang tiada henti seiring berjalannya waktu.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami