Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

7 Ide Kado Natal Paling Kreatif

by Sindhi Aderianti on 19 Desember, 2018

Hari raya Natal tinggal menghitung hari. Bagi Anda yang merayakan, tentu sudah mulai sibuk dengan persiapan menjelang hari raya ini. Selain pohon beserta pernak-perniknya, Natal umumnya dirayakan pula dengan tradisi bertukar kado.

Lagu Natal Terbaru - CekAja

Meski bukan suatu kewajiban, tapi momen tersebut tetap menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya terutama bagi anak-anak. Di balik pemberian kado itu sendiri, bukan berarti tidak mengandung maksud tertentu. Budaya bertukar kado secara tidak langsung dapat membangun kedekatan setiap orang yang merayakan.

Tidak harus berharga atau mahal, kado yang terpenting adalah seberapa besar makna dan kegunaannya. Bisa juga disesuaikan dengan usia orang yang Anda tuju. Semisal kalau untuk orangtua, pastinya Anda tidak mungkin memberikannya piringan headphone sekalipun itu keluaran terbaru.

Nah, jika Anda mulai kehabisan ide mengenai kado apa yang seharusnya diberikan tahun ini, jangan khawatir. Cek tujuh referensi kado Natal paling kreatif berikut.

CD berisi lagu favorit

Mungkin kado yang satu ini tedengar agak oldskool, mengingat semua orang kini sudah mengandalkan aplikasi streaming musik. Tapi percayalah, justru di sini letak keunikanya karena keberadaan CD kompilasi lagu yang sudah amat langka.

Pertama, ketahui apa lagu-lagu favorit orang yang Anda sayangi. Download paling tidak 12 lagu, kemudian transfer ke dalam CD kosong. Beri judul sendiri pada CD kompilasi lagu tersebut, misalnya “12 Song You Never Get Tired Of.”

(Baca juga: Mengulas Perayaan Natal di Berbagai Negara)
Hampers kue homemade

Luangkan sedikit waktu untuk bereksperimen membuat kue di weekend sebelum Natal ini, yuk. Tidak perlu yang rumit, cookies dengan 2 macam rasa saja pun cukup. Setelah itu, Anda bisa menjadikannya kado untuk keluarga atau teman dalam bentuk hampers.

Belilah toples dan isi dengan beberapa kue kering favorit buatan Anda tadi. Kemudian, masukkan toples tersebut ke dalam kotak hampers yang agak besar. Anda juga dapat menggunakan beberapa bahan cantik untuk menghiasnya seperti pita, setikcer, dan kartu ucapan.

Lukisan karikatur

Lukisan adalah salah satu benda yang terlihat sangat eksklusif ketika djadikan suatu kado, tak terkecuali saat Natal. Salah satu jenis lukisan yang bisa Anda hadiahkan adalah karikatur.

Anda bisa memilih foto orang yang dituju dengan pose terbaik untuk kemudian digambar ke dalam lukisan karikatur. Hasil visualnya yang unik, tentu mampu memberi kesan tersendiri pula bagi yang menerima. Hitung-hitung, mereka dapat menjadikan lukisan tersebut sebagai pajangan di rumah.

Bila Anda tidak bisa melukis, mintalah bantuan kepada pelukis freelance yang menawarkan jasa ini. Bahkan kini bisnis tersebut sudah bisa dijangkau secara online seperti yang ada pada onlinekarikatur.com.

(Baca juga: 9 Ide Mengemas Kado Natal Agar Terlihat Menarik dan Berkesan)
Tiket liburan beserta itinerary

Jika ada budget berlebih, gunakan kesempatan Natal tahun ini untuk memberi kado yang lebih istimewa dari biasanya. Tiket liburan beserta itinerary ke tempat-tempat yang menarik akan cocok sekali diberikan kepada ayah dan ibu Anda.

Tidak perlu jauh-jauh, cukup tentukan destinasi yang ramah terhadap orangtua saja. Anda bisa memilih Yogyakarta, Malang, atau Bali. Jangan lupa sewakan transportasi yang nyaman untuk memudahkan mobilitas mereka. Bila perlu, tambahkan asuransi perjalanan yang dapat Anda beli di CekAja.com demi keamanan selama berlibur.

Kolase foto penuh kenangan

Sederhana tapi penuh makna, itulah kira-kira gambaran kado Natal yang satu ini. Asah kreativitas Anda dengan membuat kolase foto bersama orang yang dituju. Pilih foto yang berisi momen-momen tak terlupakan.

Agar memberi kesan lebih mengharu biru, ubah efek foto tadi menjadi blank and white. Lalu kemas semuanya ke dalam frame art yang nantinya dapat menjadi pajangan tak kalah berkesan.

(Baca juga: Agar Kantong Tak Jebol Saat Belanja Kebutuhan Natal)
Voucher belanja

Kado Natal ini kiranya paling cocok diberikan kepada ibu atau mertua perempuan Anda. Voucher belanja akan sangat berguna, terutama untuk kebutuhan bulanan seperti bahan makanan atau peralatan mandi.

Nominal voucher tersebut beragam, biasanya mulai dari kelipatan Rp 100 ribu. Supaya tampilannya lebih menarik, bungkus kado tersebut ke dalam kotak dan berikan pita sebagai pemanis.

Mainan edukasi

Ingin menghadiahi keponakan, adik atau sepupu Anda yang masih kecil? Di tengah banyaknya video games atau gadget yang membuat mereka berlaku cenderung pasif, ini saatnya memilih kado Natal unik yang bersifat lebih edukatif.

Belilah mainan anak-anak yang bisa merangsang mereka untuk aktif, kreatif, dan inovatif. Misalnya buku mewarnai, prakarya, puzzle, atau lego. Alternatif lainnya, DVD edukasi juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Seiring perkembangan tren, cara bertukar kado pun semakin ada-ada saja. Dalam artian, unik tapi menarik. Untuk menjadikan momen tersebut lebih berkesan, Anda bisa membuat sesi tukar kado ini dengan menyisipkan sedikit permainan.

Seperti menyembunyikan kado di suatu tempat pada rumah Anda, lalu meminta anak-anak untuk mencarinya dengan petunjuk. Mereka pun akan mencarinya bak bajak laut yang sedang berburu harta karun. Momen seperti itu pasti akan memeriahkan euphoria Natal yang penuh suka cita.

Meski THR masih hangat-hangatnya di tangan, apapun jenis kado Natal yang ingin Anda beli untuk orang terkasih tetap harus disesuaikan dengan budget.

Oleh karena itu, buatlah terlebih dulu daftar orang-orang yang sekiranya akan Anda beri kado, lalu sertakan jenis hadiah serta anggarannya masing-masing. Nah ketika tengah berbelanja, cek selalu daftar tersebut agar Anda tidak kalap hingga melebihi budget yang tersedia.

Dengan demikian, Anda tak perlu bingung lagi memilih kado Natal apa tahun ini. Idenya sudah ada, budget pun aman karena telah diperhitungkan sebaik mungkin.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.