Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Ide Usaha Modal 30 Juta Paling Menjanjikan Untuk Pemula

by Estrin Vanadianti Lestari on 13 Desember, 2019

Dari sekian banyak peluang usaha yang bisa dijalankan, beberapa di antaranya pasti harus membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, bagi kamu yang masih pemula dan berniat ingin membangun usaha dengan modal maksimal Rp30 jutaan, mungkin beberapa pilihan ide usaha modal 30 juta berikut, bisa dijadikan bahan pertimbangan yang tepat, terlebih untuk pemula.

Pasalnya, kini membangun usaha tidak hanya bermodal biaya saja, karena berbagai segi pun turut memengaruhi jalannya usaha yang kamu bangun. Nah, rangkuman ide usaha modal 30 juta ini merupakan informasi yang sangat penting bagi kamu yang masih bingung, akan membuka bisnis apa.

Namun, dalam menentukan ide, kamu juga perlu berhati-hati, karena saat ini banyak jenis usaha yang dibangun atas dasar bisnis yang “latah” atau ikut-ikutan tren, yang malah akan menimbulkan risiko yang cukup tinggi. Sehingga, jika tren sudah menurun, maka konsumen juga akan menurun.

Dari pada salah pilih ide, lebih baik simak 7 ide usaha modal 30 juta yang bisa kamu pertimbangkan, sesuai dengan kesukaan, kebutuhan, hingga kecocokan terhadap target yang ada di daerah tempat tinggalmu.

7 Ide Usaha Modal 30 Juta
1. Buka Katering Makanan Sehat

Ide usaha modal 30 juta yang pertama adalah membangun usaha katering makanan sehat. Mungkin jika katering makanan biasa sudah banyak, namum kamu bisa membuat katering makanan yang berbeda dengan menu yang sehat.

Selain sehat, beberapa menu juga bisa kamu buat khusus untuk diet, rendah gula, untuk penambah berat badan dan lain-lain. Selain itu, jenis usaha ini juga tentunya akan selalu dibutuhkan konsumen, terlebih jika target konsumen kamu adalah para pekerja kantoran, yang tidak punya waktu banyak untuk memasak atau membeli makanan ke luar kantor.

2. Dekorasi Lamaran/Pesta Ulang Tahun

Ide usaha modal 30 juta selanjutnya adalah membuka jasa dekorasi backdrop lamaran atau acara ulang tahun. Saat ini, jasa tersebut seperti sangat dicari, terutama di daerah-daerah perkotaan. Dan hal ini pun bisa menjadi peluang yang bagus, khususnya bagi kamu yang juga memiliki keahlian dalam mendekor.

Kamu bisa membeli berbagai peralatan seperi backdrop dari kayu, bunga palsu atau asli, ukiran nama, kain tile, lampu tumbler, hingga balon. Dengan modal 30 juta, mungkin akan sangat cukup untuk membeli semua keperluan di atas. Keuntungannya pun bisa sangat menjanjikan, karena kamu bisa memasang harga Rp500 ribu hingga Rp1 juta sekali acara.

3. Jasa Fotografer/Videografer Acara

Ide usaha modal 30 juta yang tak kalah menjanjikan untuk pemula adalah sebagai fotografer atau videografer di sebuah acara. Dengan bermodal kamera berkualitas tinggi, dan keahlian mengambil gambar serta editing, kamu sudah bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

(Baca juga: 5 Tips Mudah Pinjam Uang Rp15 Juta untuk Modal Usaha)

Untuk lebih menjanjikan, kamu juga bisa memasang harga dengan sistem paket. Di mana hasil yang kamu kerjakan bagus, namun dengan harga yang bisa dipertimbangkan oleh pelanggan. Jangan lupa untuk membuat testimonial yang bagus, sehingga bisa menarik minat pelanggan lain.

4. Salon atau Spa

Ide usaha modal 30 juta berikutnya adalah membuka usaha salon atau spa. Dengan modal 30 juta juga, kamu bisa membeli peralatan salon yang sederhana dan lengkap, menyewa ruko dan menggaji beberapa pegawai. Terlebih, jika kamu memiliki minat di bidang kecantikan, itu akan jauh lebih baik lagi.

Selain itu, tidak lupa juga untuk melakukan riset pelanggan di dekat lokasi usahamu. Pastikan salon dan spa milikmu bisa mencakup kebutuhan mereka. Sebuh saja seperti, layanan tanam bulu mata, creambath, hingga pijat refleksi, karena semua pelayanan tersebut sedang banyak dibutuhkan, khususnya para kaum hawa.

5. Franchise Minuman Kopi

Lagi-lagi ide usaha modal 30 juta selanjutnya adalah masih menyangkut soal kuliner, yakni minuman kopi. Bukan sekadar ikutan tren, pasalnya minuman kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak disukai orang, terutama di Indonesia.

Mulai dari kopi hitam, kopi susu, kopi cokelat, kopi gula aren dan masih banyak lagi olahan minuman kopi, yang sangat digandrungi pecinta kopi saat ini.

Untuk bisa membangun kedai minuman kopi, kamu bisa berbisnis dengan sistem franchise. Hanya dengan mengeluarkan biaya modal sekitar 30 jutaan untuk brand yang lumayan terkenal, biasanya kamu sudah bisa mendapatkan semuanya. Mulai dari bahan, gelas, peralatan kopi, gerobak atau booth, promosi, training, dan lain-lain.

6. Jasa Make Up Artist

Ide usaha modal 30 juta yang juga sedang banyak dilakukan adalah membuka jasa make up artist. Tak perlu takut bagi kamu yang belum bisa make up, karena kamu bisa kursus make up artist sederhana. Untuk biaya kursus, biasanya tidak lebih dari Rp1,5 juta, untuk beberapa kali pertemuan.

Nah, jika dirasa sudah lumayan jago, kamu bisa langsung mengumpulkan peralatan make up sedikit demi sedikit. Mulai dari base make up, seperti foundation, BB cream, concealer, bedak, pensil alis, lipstick berbagai warna, dan lain-lain.

(Baca juga: BI Pangkas Suku Bunga Acuan, Kuy Ajukan Pinjaman Modal Usaha!)

Untuk mengasah kemampuanmu, kamu bisa mencoba jasa make up gratis atau diskon kepada pelanggan, sekaligus sebagai promosi. Karena, semakin sering kamu beraksi, semakin keahlianmu terasah.

Keuntunganmu dari jasa make up artist juga sangat menjanjikan, karena normalnya para make up artist memasang harga dari Rp150 ribu hingga Rp350 ribu per orang.

7. Usaha Souvenir Pernikahan

Ide usaha modal 30 juta unik yang bisa dijadikan pilihan selanjutnya adalah, menjual berbagai souvenir pernikahan unik dan anti mainstream. Bukan sekadar souvenir, kamu bisa menjual souvenir pernikahan yang unik dan berbeda dari biasa. Pasalnya, semakin unik dan berbeda, souvernir pernikahan juga akan semakin menarik perhatian pelanggan.

Tidak hanya unik, kamu juga bisa menjual souvenir pernikahan yang bermanfaat. Beberapa souvenir pernikahan yang unik dan bermanfaat di antaranya adalah pengharum ruangan kopi, bibit tanaman hias, botol minum, sedotan stainless, pouch, tote bag, dan lain-lain. Tidak hanya jenis souvenir-nya, kamu juga bisa membuat kemasan yang tak kalah menarik.

Itulah beberapa ide usaha modal 30 juta yang bisa dijadikan pilihan, paling direkomendasikan dan menjanjikan, terutama untuk kamu para pebisnis pemula.

Untuk masalah modal usaha, kamu pun tak perlu khawatir, karena saat ini mendapatkan pinjaman dana tunai atau kredit tanpa agunan juga sangat mudah.

Ajukan KTA kini sangat mudah secara online di CekAja.com. Cek sekarang untuk ketahui produk KTA mana yang cocok untukmu!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk