Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

7 Istilah Kartu Kredit yang Harus Anda Ketahui

by JTO on 22 April, 2014

Karena menawarkan berbagai promo, diskon, dan kemudahan dalam pembayaran, saat ini kartu kredit menjadi alat pembayaran yang paling sering diajukan dan digunakan. Sebelum menggunakannya, ada beberapa istilah yang wajib Anda ketahui. Apa saja?

Limit

ini adalah jumlah maksimum yang dapat digunakan untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit tersebut. Setiap level kartu memiliki jumlah yang berbeda dan tergantung dari kebijakan serta persyaratan yang dimiliki bank penerbit. Untuk kartu berjenis classic/silver, rata-rata memiliki limit 3 juta rupiah. Sementara kartu kredit gold, rata-rata memiliki limit 5-8 juta rupiah. Sedangkan kartu platinum rata-rata dimulai dari 10 juta rupiah. (Baca juga: Pengajuan Kartu Kredit Ditolak Berkali-kali? Mungkin Kamu Lakukan Kesalahan Ini)

Biaya tahunan (annual fee)

Ini adalah biaya yang dibebankan kepada pemilik kartu sebagai biaya kepemilikan kartu kredit. Saat ini, banyak penerbit kartu yang memberlakukan promo bebas annual fee saat pengajuan aplikasi. Atau, ada beberapa penerbit yang juga menerapkan sistem penukaran poin reward yang bisa ditukar untuk biaya tahunan ini. Biaya tahunan ini berbeda dan memiliki tingkatan untuk tiap level kartu, Classic, Gold, Platinum, dan lainnya.

Tarik tunai (cash advance)

Ini adalah fasilitas penarikan uang tunai dengan memotong limit kartu kredit yang dimiliki. Penarikan uang dapat dilakukan melalui ATM atau bank penerbit kartu. Beberapa bank menerapkan bunga yang berbeda untuk fasilitas ini. (Baca juga: Tips Melindungi Diri dari Penipuan Saat Belanja Online)

Pembayaran minimal (minimum payment)

Jumlah minimal pembayaran tagihan kartu kredit, umumnya senilai 10% dari total tagihan.

Biaya tambahan (surcharge)

Ini adalah biaya yang dikenakan dalam transaksi oleh ritel atau merchant yang memiliki kerjasama dengan perusahaan kartu kredit. (Baca juga: Alasan Zaman Sekarnag Kamu Harus Punya Uang Elektronik)

Masa tenggang (grace period)

Ini adalah jangka waktu yang diberikan penerbit kartu kredit sebelum membebani bunga pada jumlah tagihan yang belum dibayar. Umumnya masa tenggang ini sekitar 25 hingga 30 hari.

Kartu Tambahan

Ketika mendaftar kartu kredit baru, Anda adalah pemilik kartu utama. Namun, ada fasilitas kartu kedua atau kartu tambahan yang diberikan oleh penerbit kartu kredit yang biasanya ditawarkan untuk anggota keluarga pemilik kartu utama, bisa suami, istri, atau anak. Antara kartu utama dan kartu tambahan ini memiliki limit gabungan, yaitu batas maksimal pembelanjaan gabungan dari kedua kartu. Jumlah limit gabungan ini sama dengan limit kartu utama, atau limit kartu utama dibagi dan disesuaikan menurut permintaan dari pemilik. 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.