7 Jenis Teh Bunga untuk Kesehatan yang Kaya Akan Manfaat

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Jenis teh bunga untuk kesehatan seringkali dijadikan sebagai alternatif untuk pengobatan herbal yang dinilai jauh lebih aman dan terjangkau. Bagian sebagian orang, bunga kerap menjadi hiasan untuk memperindah dekorasi rumah.

Namun, nyatanya ada beberapa bunga yang ternyata dapat dikonsumsi menjadi teh lho, sebab mengandung kandungan yang dianggap sangat baik bagi kesehatan.

Penasaran jenis bunga apa sajakah itu? Di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis teh bunga untuk kesehatan yang bisa menjadi alternatif pengobatan herbal. Yuk, disimak bersama-sama.

Jenis Teh Bunga untuk Kesehatan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis teh bunga untuk kesehatan yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah:

1. Teh Bunga Chamomile

Bunga Chamomile sudah cukup lama dikonsumsi sebagai obat tradisional yang secara efektif bisa mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kanker dan diabetes.

Sebab, bunga satu ini ternyata mengandung senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan untuk mengurangi risiko berbagai jenis penyakit.

Nah, kandungan flavonoid inilah yang berfungsi dalam melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker serta berbagai penyakit kardiovaskular.

Selain itu, jenis teh bunga untuk kesehatan satu ini juga bisa membantu dalam meredakan nyeri pada wanita yang tengah mengalami menstruasi, meredakan stress, membantu tidur agar lebih nyenyak, sekaligus menurunkan risiko diabetes.

(Baca Juga: Jenis Teh Seduh yang Baik untuk Tubuh)

Kamu juga bisa membuat teh bunga Chamomile ini dengan mudah lho. Kamu hanya perlu mengeringkan bunga chamomile tepat di bawah sinar matahari hingga menjadi kering secara menyeluruh.

Setelah itu, barulah seduh bunga yang sudah kering tersebut dengan secangkir air panas. Untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat, kamu bisa mengkonsumsinya dengan menambahkan madu atau daun mint.

2. Teh Bunga Dandelion

Jenis teh bunga untuk kesehatan selanjutnya adalah teh bunga dandelion. Daun dandelion itu sendiri dikenal memiliki sifat rendah lemak dan karbohidrat.

Selain itu, bunga ini juga merupakan salah satu sumber nabati yang paling kaya akan beta karoten, yang memproduksi vitamin A.

Tak hanya itu, dandelion bahkan juga memiliki kandungan serat yang tinggi, kalium, zat besi, kalsium serta fosfor.

Mengkonsumsi jenis teh bunga untuk kesehatan satu ini bisa membantu dalam menjaga kadar gula darah untuk penderita penyakit diabetes tipe 2, mengatasi sakit perut, nyeri sendi, eksim, memar, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Bahkan pasalnya, teh bunga dandelion juga bisa melancarkan ASI untuk ibu menyusui lho. Kamu juga bisa mengkonsumsi ini untuk detoksifikasi tubuh sekaligus menghilangkan panas dalam.

Cara mengolah bunga dandelion untuk dijadikan sebagai teh, yaitu dengan memetik bunga ini ketika masih muda, dan cucilah hingga bersih.

Setelah itu, tempatkan bunga ke dalam cangkir, tambahkan air panas, dan diamkan selama kurang lebih 10 sampai dengan 20 menit, sebelum saring ampas bunga untuk bisa segera dinikmati.

3. Teh Bunga Rosella

Jenis teh bunga untuk kesehatan selanjutnya adalah teh yang terbuat dari bunga rosella. Bunga rosella itu sendiri tersedia dalam beberapa varian warna yang lucu, seperti merah, kuning, putih, hingga warna persih.

Nah biasanya, bunga rosella berwarna merahlah yang seringkali dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk tujuan medis. Bahkan, bunga ini juga kerap tersedia di dalam produk suplemen makanan lho.

Karena rasanya yang asam, teh ini juga bisa disebut sebagai sour tea. Teh rosella memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak, seperti vitamin C, D, B1, dan B2, serta kalsium dan omega 3 yang tentunya sangat baik bagi tubuh.

Mengkonsumsi teh ini dinilai bisa membantu dalam menurunkan asam urat, mengontrol berat badan, mencerahkan kulit, hingga mencegah penuaan dini.

Tak hanya itu, teh ini juga bisa bekerja seperti antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan cacing dalam tubuh.

Jenis teh bunga untuk kesehatan satu ini dibuat dari campuran pucuk bunga rosella kering, daun, dan kelopak bunga.

Selain berbagai manfaat yang baru saja disebutkan, ternyata teh rosella juga memiliki manfaat lainnya, yaitu untuk menurunkan tekanan darah serta mengurangi kejang yang terjadi pada perut, usus, dan rahim.

4. Teh Bunga Telang

Jenis teh bunga untuk kesehatan ini juga kerap dikenal dengan Clitora Ternatea atau teh bunga biru, tanaman yang telah digunakan berabad-abad lamanya sebagai minuman herbal yang kaya akan manfaat.

Warnanya yang biru juga bisa didapatkan dengan hanya merendam bunga ini ke dalam air panas saja.

Penelitian menunjukan bahwa teh bunga telang memiliki sifat antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, seperti menurunkan risiko diabetes melitus tipe 2.

Cara membuatnya terbilang cukup mudah, yaitu dengan merendam 2 sampai 3 helai bunga telang kering ke dalam air mendidih selama kurang lebih 5 – 10 menit, atau sampai air seduhan berubah menjadi warna biru tua.

Setelah itu, saringlah bunga. Untuk menambah cita rasa yang lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan madu atau sirup, sesuai selera.

5. Teh Bunga Mawar

Teh bunga mawar merupakan salah satu jenis teh bunga untuk kesehatan yang berfungsi dalam memberikan relaksasi pada tubuh, karena aromanya yang begitu harum.

Bunga yang dikenal berwarna merah ini mengandung vitamin E, D, C, B3, A, serta asam sitrat yang sangat baik bagi kesehatan.

Akibat kandungannya inilah, teh bunga mawar bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dapat menunjang sistem imun sekaligus mencegah sembelit. Sehingga, teh bunga ini juga dinilai bisa membantu dalam menjalankan program diet sehat.

Selain itu, jenis teh bunga untuk kesehatan ini juga kaya akan antosianin, yang merupakan pigmen warna dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran kemih dan mata, berperan dalam peningkatan memori, mencegah penuaan dini, serta menurunkan risiko penyakit kanker yang terkenal berbahaya.

Bunga mawar itu sendiri memiliki sekitar kurang lebih 130 spesies dan ribuan kultivar. Nah, semua jenis bunga mawar tersebut bisa dikonsumsi, baik itu menjadi makanan maupun minuman dengan rasa yang berbeda-beda. Ada yang memiliki cita rasa manis, tetapi ada pula yang justru terasa lebih pahit.

Cara membuat teh bunga mawar yaitu dengan menggunakan kelopak bunga yang masih segar ataupun yang sudah kering.

Pastikan pula bahwa kelopak yang dipilih terbebas dari pestisida. Setelah itu, cucilah hingga bersih  dan rebus bersamaan dengan 3 gelas atau kurang lebih 700 ml air, selama 5 menit saja. Kemudian, saring teh ke dalam cangkir dan nikmatilah.

6. Teh Bunga Krisan

Jenis teh bunga untuk kesehatan selanjutnya adalah teh bunga krisan yang memang sudah dikenal sangat efektif dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penglihatan, serta menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu, teh bunga ini bahkan juga bisa membantu dalam pemulihan munculnya jerawat lho. Manfaat lainnya adalah, mengkonsumsi teh bunga krisan juga bisa membantu dalam menenangkan saraf, mengurangi peradangan, serta memperkuat tulang.

Cara membuatnya tergolong cukup mudah lho. Layaknya membuat seduhan teh pada umumnya, kamu hanya perlu meletakan bunga krisan ke dalam teko, dan seduhlah dengan air panas. Untuk menambah cita rasa yang lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan gula batu atau madu.

7. Teh Bunga Melati

Jenis teh bunga untuk kesehatan yang akan kita bahas terakhir adalah teh yang terbuat dari bunga melati. Pasalnya, teh bunga melati ini sudah dijadikan sebagai obat herbal sejak jaman Dinasti Song pada tahun 960 masehi lho. Dengan cita rasanya yang manis nan lembut, teh ini akan terasa ringan di tenggorokan ketika dikonsumsi.

Banyak sekali manfaat dari teh bunga melati ini. Kandungan antioksidan yang tinggi berfungsi dalam meningkatkan daya tahan tubuh setiap orang yang mengkonsumsinya.

Tak hanya itu, dengan rutin mengkonsumsi teh bunga melati, maka juga bisa meningkatkan metabolisme serta membakar lemak dalam tubuh.

Sehingga, teh bunga melati merupakan salah satu jenis teh bunga untuk kesehatan yang turut berfungsi dalam menurunkan berat badan serta mendukung keberhasilan diet sehat.

(Baca Juga: Tanaman Obat yang Baik untuk Kesehatan)

Jadi, itulah beberapa jenis teh bunga untuk kesehatan yang sangat baik bagi tubuh. Walaupun menjaga asupan sangatlah penting, namun memiliki asuransi kesehatan juga tak kalah pentingnya lho.

Sebab, asuransi kesehatan bukan berfungsi dalam melindungi kamu dari berbagai jenis penyakit, melainkan akan memberikanmu perlindungan dalam hal finansial.

Kita semua tahu bahwa biaya pengobatan di rumah sakit sangatlah mahal. Sehingga, hadirnya asuransi kesehatan setidaknya bisa memberikanmu keringan terkait biaya, apabila di masa yang akan datang, kamu mengalami suatu masalah kesehatan yang mengharuskan untuk menjalankan pengobatan di rumah sakit.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Jangan khawatir! Sebab, CekAja.com hadir untuk membantumu.

Dengan proses pengajuan yang sepenuhnya dilakukan secara online, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa memilih asuransi yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan dalam membayar premi.

Bagus banget, kan. Maka dari itu, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha