Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

7 Kalimat “Sakti” Saat Teman Mau Pinjam Uang Tapi Tidak Dikembalikan

by Rafly Aditia on 20 Februari, 2016

teman berhutang _ kartu kredit - CekAja.com

Pinjam meminjam uang dalam pertemanan merupakan hal yang biasa terjadi. Apalagi kalau pertemanan tersebut sudah berlangsung cukup lama hingga hitungan tahun. Pastinya pinjam meminjam uang merupakan salah satu hal yang wajar. Karena memang sebagai teman sebaiknya saling membantu satu sama lain. Tapi bagaimana bila secara berulang teman yang meminjam uang tidak mengembalikannya?

Ternyata, ada beberapa kalimat khusus yang sering muncul ketika teman ingin meminjam uang dan sayangnya uang tersebut lebih sering tidak dikembalikan. Penasaran apa saja gelagat tersebut? Berikut 7 kalimat “Sakti” yang sering dikeluarkan teman saat ingin pinjam uang kepadamu;

 

Pakai duit lo dulu ya!

Biasanya kalimat ini ini terjadi kalau kamu dan teman lagi belanja atau makan-makan di restoran atau bahkan warung tenda sekalipun. Ketika sudah datang waktunya membayar, tiba-tiba saja temanmu langsung mengeluarkan kata-kata saktinya “Pakai duit lo dulu dong“.

Mengingat sudah mengenal baik teman kamu, dan hanya sekedar makan atau belanja kecil saja maka seringkali tidak dianggap sebagai permasalahan besar dan kamu tidak meminta dia untuk mengganti uang tersebut. Tetapi, kalau sudah terlalu sering sepertinya harus ada tindakan yang lebih tegas agar dia tidak lagi melakukan hal ini.

Yah, gue gak bawa dompet

Alasan ini sih alasan yang paling klise. Saat pergi belanja, makan-makan bareng sama teman-teman yang lainnya tiba-tiba saja ada seorang teman yang mengeluarkan jurus untuk meminjam uang dengan sebuah kalimat simpel tapi ngena banget dan sering membuat hatimu luluh.

Kalimat tersebut adalah “Yah, gue gak bawa dompet”, daripada pusing-pusing dan bikin makin rumit maka akhirnya kamu rela untuk memberikannya pinjaman.

Eh nitip dong

Lagi asik main sama teman, tiba-tiba kamu memutuskan untuk pergi sebentar keluar karena ada keperluan. Memanfaatkan hal tersebut, temanmu langsung segera bilang “Eh nitip dong”.

Sebenarnya hal ini tidak ada masalah kalau dirinya memberikan kamu uang ketika mengeluarkan kata-kata tersebut. Sayangnya, keseringan ketika keluar kata-kata tersebut teman tidak memberikan uangnya alias sama saja dengan meminjam uang kamu dan tidak menggantinya sama sekali.

(Baca juga: Peluang Bisnis 2016 yang Wajib Kamu Geluti)

Duh, gua lagi butuh banget

Ini merupakan kalimat yang paling membuat seseorang luluh untuk meminjamkan uang. Bagaimana tidak? Ketika melihat teman dengan muka lesunya dan berkata “Duh gua lagi butuh banget”.

Pasti sebisa mungkin kamu membantunya. Memang dalam pertemanan saling membantu merupakan sebuah keharusan. Tapi ketahuilah, apakah dirinya benar-benar sedang butuh uang atau tidak. Kalau sudah terlalu sering, bisa saja dirinya hanya menggunakan uang tersebut untuk keperluan yang tidak penting dan malah menyengsarakan dirinya sendiri.

Bayarin dulu bisa kali

Kalau yang satu ini adalah salah satu kalimat yang sering keluar dari mulut teman ketika ingin pergi jalan-jalan, karaoke, atau sekedar makan-makan. Dengan suasana yang rileks, maka tidak jarang teman mengatakan kalimat ini dengan maksud meminjam uang kamu dulu.

Lagi-lagi sebenarnya sih sah-sah saja, tetapi kalau terlalu sering maka ini merupakan suatu kebiasaan buruk dari teman yang harus segera dihilangkan. Kenapa? Karena nanti kamu akan terus terbebani.

(Baca juga: Usaha Rumahan yang Hasilkan Banyak Uang untuk Mahasiswa)

Gue lagi gak megang duit nih

Tidak ada angin, tidak ada hujan atau apapun pas lagi asyik-asyiknya santai dan ngobrol tiba-tiba teman bilang “Gue lagi gak megang duit nih”. Memang dirinya tidak bilang secara langsung kepada kamu bahwa dirinya ingin meminjam uang, tetapi ini merupakan kode khusus yang memiliki maksud sama yaitu pinjam uang.

Lo ada duit gak?

Yup, kalimat sakti yang terakhir adalah kalimat yang berbentuk pertanyaan “Lo ada duit ga?”. Memang bertanya, tapi seperti pepatah bilang “Ada udang dibalik batu” begitulah intinya. Bukan hanya maksud bertanya, biasanya saat seperti ini teman ingin meminjam uang dan tidak jarang tidak dikembalikan lagi.

 

Sebenarnya tidak apa-apa memberikan pinjaman kepada teman selama memang mereka membutuhkan apalagi untuk hal yang bersifat darurat. Untuk hal-hal kecilpun juga tidak apa-apa, selama belum diluar batas atau terlalu sering. Namun, tidak ada salahnya menagih uang yang dipinjam oleh teman, atau sesekali tidak memberikannya pinjaman, hal ini demi memupuk rasa tanggung jawab dan saling menghargai antar teman.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.