Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Kebiasaan Buruk Soal Uang yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 20an

by Rafly Aditia on 31 Maret, 2016

tips atur uang ibu rumah tangga _ kartu kredit - CekAja.com

Usia 20an merupakan masa yang krusial dalam hidup perempuan. Karena sudah dewasa, pada usia ini kamu juga mulai mandiri dalam hidup. Sayangnya, banyak perempuan usia 20an justru kerap melakukan beberapa kesalahan di bidang keuangan yang justru menjadi kebiasaan.

Akhirnya, mereka yang melakukan kebiasaan buruk tersebut akan jauh dari kesuksesan. Agar kamu, perempuan bisa terhindar dari kesalahan, berikut ini 7 kebiasaan buruk soal keuangan yang sering dilakukan perempuan usia 20an:

 

Bergantung dengan kartu kredit

Ini merupakan salah satu kelemahan perempuan muda: ketergantungan terhadap kartu kredit. Mengingat pada usia ini perempuan sudah mulai bekerja dan memiliki penghasilan, maka tingkat konsumsi wanita seringkali meningkat drastis. Sayangnya, banyak perempuan tidak bijak menggunakan kartu sakti dan selalu tergoda untuk konsumtif.

Sehingga yang sering terjadi adalah besar pasak daripada tiang. Karena ingin memenuhi gaya hidupnya dengan mengandalkan kartu kredit, akhirnya perempuan justru dipusingkan oleh tagihan yang membuat gaji ludes tak tersisa.

Mengutamakan keinginan bukan kebutuhan

Ketika pergi ke mall, melihat barang yang lucu, menemukan diskon atau promo, biasanya para perempuan muda akan lebih mudah tergoda untuk berbelanja. Padahal, sebenarnya barang itu tidak begitu dibutuhkan dan pembelian lebih hanya karena dorongan rasa ingin saja.

(Baca juga: Inilah Keuntungan Finansial Jika Kamu Pensiun Dini)

Lupa menabung

Karena terlalu sering mengikuti kemauan dan naluri konsumtif, kamu jadi lupa menabung. Memang pada awal gajian kamu selalu berkata “Baiklah, aku akan menabung”, tetapi yang dilakukan bukanlah menyisihkan sejak awal sebagian uang dari gaji bulananmu melainkan menunggu apakah ada sisa uang di akhir bulan nanti.

Beli barang untuk kebutuhan jangka pendek saja

Kalau hal yang satu ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi merupakan kelemahan para wanita. Membeli barang hanya untuk kebutuhan jangka pendek saja tanpa mempertimbangkan masa depan. Nah, mulai sekarang cobalah pikirkan kebutuhan jangka panjang dalam hidupmu.

Tidak berpikir tentang investasi

Menyedihkan tapi inilah faktanya. Perempuan muda usia 20an di Indonesia tidak begitu peduli investasi. Karena asyik menjalani masa muda dengan gaya hidup serta pergaulan konsumtif, kamu melupakan hal paling penting dalam keuangan yaitu investasi.

Coba deh, mulai sekarang pelajari banyak hal mengenai investasi. Setelah itu, mulai sisihkan uang tiap bulannya untuk berinvestasi.

(Baca juga: 5 Buku yang Harus Kamu Baca Kalau Mau Sukses Jadi Pengusaha)

Merasa masih muda, gak butuh asuransi

Mentang-mentang merasa muda dan fisik dalam keadaan prima, kamu tidak memikirkan kemungkinan untuk sakit. Padahal, penyakit seperti hal-hal buruk lainnya bisa datang pada siapa saja dan kapan saja.

Untuk itu, coba lindungi diri dengan asuransi sejak muda. Sebab, asuransi merupakan salah satu perencanaan keuangan yang penting untuk perempuan.

Gak tahu tentang perencanaan keuangan

Parah namanya kalau usia sudah 20an tapi tidak mengenal perencanaan keuangan. Yang kamu tahu hanya konsumsi. Sehabis gajian beli gadget baru, baju baru, sepatu baru, uang untuk kongkow dan sebagainya. Akhirnya pada pertengahan bulan hidup kamu sudah sengsara.

Ketahuilah perempuan, jika tidak melakukan perencanaan keuangan dengan baik, bukan hanya di akhir bulan saja kamu akan sengsara melainkan hampir dapat dipastikan masa depan keuanganmu juga akan suram.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami