Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Kebiasaan Kecil yang Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Berkualitas

by Rafly Aditia on 5 Mei, 2016

tips hidup bahagia _ investasi - CekAja.com

Untuk merasakan hidup yang lebih bahagia, banyak orang berpikiran harus punya gaji tinggi atau mobil mewah. Padahal, cukup dengan kebiasaan kecil yang positif kamu bisa mendapatkan hidup yang lebih bahagia dan berkualitas.

Berikut ini ada beberapa kebiasaan kecil yang terbukti dalam penelitian bisa meningkatkan taraf kebahagiaan hidup seseorang. Ini dia 7 kebiasaan kecil yang bisa bikin hidup lebih bahagia dan berkualitas:

Tulis 3 hal yang kamu syukuri setiap minggu

Banyak penelitian menyatakan bahwa salah satu kebiasaan yang bisa bikin hidupmu lebih bahagia ternyata sangat simpel yaitu dengan cara menulis 3 hal yang kamu syukuri setiap minggunya. Tidak melulu harus hal besar, misal kamu mensyukuri bahwa minggu ini kamu sehat-sehat saja, pergi bareng teman, atau berhasil membuat resep masakan baru.

Dengan menuliskan hal-hal tersebut di sebuah kertas, kamu akan merasa bahwa hidup ini patut untuk disyukuri. Pastinya kalau sudah bersyukur kamu akan lebih bahagia dalam menjalani hidup.

Menikmati indahnya bintang bersama pasangan

Untuk menikmati hal-hal romantis gak harus mengeluarkan uang banyak. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menikmati indahnya bintang-bintang bersama pasangan.

Pasalnya, dengan menikmati keindahan bintang di malam hari bersama pasangan terbukti bisa membuat hidup lebih bahagia. Kamu bisa menikmati indahnya bintang saat malam di atap apartemen, atau rumah, bisa juga pergi ke wilayah pegunungan biar makin asyik.

Mencintai pekerjaan yang kamu lakukan

Do what you love, love what you do” pepatah tersebut ternyata benar adanya. Hal ini dibuktikan oleh seorang psikolog bernama Mihaly Csikszentmihalyi yang mengatakan bahwa seseorang yang mencintai pekerjaan mereka dapat menjalani pekerjaan tersebut sebaik mungkin. Bukan cuma itu, dengan mencintai pekerjaan yang kamu lakukan maka hidup akan terasa lebih bahagia.

Mengurangi waktu nonton televisi

Ternyata, mengurangi waktu nonton televisi dapat membuat hidup lebih bahagia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland, Amerika Serikat ternyata orang yang kurang bahagia 20 persen lebih banyak menonton televisi. Untuk itu, sebaiknya ubah kebiasaan menonton tv berjam-jam dengan cara membaca buku untuk menghilangkan stres.

Main bareng teman

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Illinois, Amerika serikat mengungkapkan fakta bahwa 10 persen orang yang berbahagia disebabkan karena hubungan baik dengan teman dan keluarga. Untuk itu, ada baiknya bagi kamu agar meluangkan waktu lebih untuk sekedar ngobrol atau main game bareng teman.

(Baca juga: 5 Mitos Kebahagiaan yang Harus Kamu Ketahui, Benar atau Salah?)

Belajar atur keuangan

Faktor finansial menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam kebahagian hidup seseorang. Sbuah perusahaan asuransi menemukan fakta bahwa semakin pintar seseorang mengatur keuangan maka dirinya dapat lebih bahagia.Mengapa demikian? Karena dengan mengatur keuangan kamu dapat mengontrol diri dan tidak dikuasai oleh hal-hal yang bersifat materi. Hal ini terbukti membuat hidup seseorang lebih bahagia.

Bersedekah

Bukan cuma mendapatkan pahala, ternyata bersedekah bisa membuat kamu lebih bahagia. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Social Service Research menyatakan bahwa dengan memberikan bantuan, bekerja secara sukarela, dan bersedekah uat seseorang lebih bahagia. Dalam penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa bersedekah meningkatkan rasa percaya diri dan kesejahteraan secara mental.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami