Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Kebiasaan yang Bedakan Orang Kaya dan Orang Miskin

by Rafly Aditia on 23 Agustus, 2016

beda orang miskin dan orang kaya _ kartu kredit - CekAja.com

Orang kaya dan orang miskin tidak hanya beda dalam jumlah uang dan kekayaan. Kedua kelas sosial ini punya perbedaan dalam hal kebiasaan finansial. Hal itulah yang seringkali tidak disadari oleh kebanyakan orang miskin

Padahal, dengan mempelajari kebiasaan orang kaya, setiap orang berpeluang untuk mengubah nasibnya. Sebab, kebiasan adalah salah satu faktor penting yang berpengaruh pada keuangan seseorang. Berikut ini 7 perbedaan kebiasaan antara orang miskin dan orang kaya:

Berbeda tujuan hidup

Seseorang bisa kaya raya lantaran punya tujuan hidup menjadi kaya. Dan, hampir semua orang kaya  memiliki tujuan hidup yang jelas sejak masih merintis karier. Bukan cuma itu, mereka juga memiliki rencana dan fokus meraih tujuan tersebut.

Hal ini berbeda dengan kebanyakan orang miskin yang lebih suka menjalani hidup mengalir apa adanya. Alhasil, mereka pun tidak memiliki rencana dan tidak fokus meraih sesuatu dalam hidupnya. (Baca juga: Jenis Suku Bunga Kredit Bank dan Cara Menghitungnya)

Intensitas nonton TV

Kamu pernah berpikir mengapa iklan mobil-mobil mahal seperti Ferrari dan Lamborghini tidak pernah ada di televisi (TV)? Alasannya ternyata sangat mengejutkan. Menurut penelitian, orang kaya jarang menonton TV namun lebih banyak menghabiskan waktunya untuk hal yang menambah pengetahuan.

Sementara, orang miskin kebanyakan menghabiskan waktunya untuk menonton TV meski kebanyakan acara televisi tidak mendidik.

Dari hobi baca

Bagi kamu yang suka membaca buku, selamat kamu sudah melakukan salah satu kebiasaan orang-orang kaya. Tetapi, bacaan orang kaya bukan lah novel atau sesuatu yang sekedar menghibur. Mereka membaca untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Sekadar informasi saja, orang kaya dunia seperti Bill Gates dan Warren Buffet.

Ketotalan saat melakukan sesuatu

Kalau orang kaya selalu habis-habisan dalam melakukan sesuatu, orang miskin justru sebaliknya. Kebanyakan orang miskin dan kelas menengah selalu tanggung dan tidak total dalam melakukan sesuatu.

Tidak menunggu uang

Perlu diingat, orang kaya mendapatkan kesuksesannya lewat kerja keras. Bukan lewat undian berhadiah atau kuis-kuis konyol. Kebanyakan orang kaya berinvestasi dan bekerja keras untuk mendapatkan uang banyak. (Baca: Cara Bisnis Undangan Pernikahan dengan Modal Minim)

Jangan ikuti pola pikir orang miskin yang masih suka berharap terhadap sesuatu yang konyol dan tidak pasti seperti menang undian, kuis berhadiah, dan lain sebagainya.

Kuantitas senyum

Orang miskin ternyata jarang tersenyum dan suka mengeluh.  Hal ini tentu berbanding terbalik dengan orang kaya yang lebih sering tersenyum. Bahkan ketika mereka belum sukses sekalipun, orang-orang kaya lebih sering tersenyum untuk memberikan semangat kepada dirinya sendiri.

Suka hidup sehat

Salah satu investasi terbesar yang dilakukan oleh orang kaya adalah kesehatan. Semakin sehat tubuh dan pikiranmu, maka bakal lebih cemerlang juga ide-ide serta kinerjamu. Untuk itu, mulailah hidup sehat mulai sekarang. Sementara, salah satu penyebab orang sulit jadi kaya dan miskin adalah kebiasan hidup tidak sehat dan tidak disiplin.

Bila ingin kaya seperti para miliarder, kamu harus memulai investasi dari sekarang. Salah satunya dengan berinvestasi properti. Temukan segera kredit rumah bunga ringan untuk berinvestasi properti.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami