Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

7 Kiat Agar Klaim Asuransi Mobil Tidak Ditolak

by Giras Pasopati on 9 Agustus, 2018

Berbagai risiko bisa menimpa kendaraan Anda, mulai dari kerusakan karena bencana alam hingga pencurian atau kehilangan. Jika memiliki asuransi kendaraan, beruntunglah Anda bisa melakukan klaim atas risiko tersebut. Namun, seringkali banyak yang lupa cara agar klaim bisa segera dicairkan. Cek kiatnya di sini!

mobil murah _ kredit kendaraan - CekAja.com

Klaim asuransi adalah sebuah tindakan berupa permintaan resmi dari pelanggan kepada pihak perusahaan asuransi, yang bertujuan untuk melakukan penggantian biaya maupun pemberian santunan yang sesuai dengan polis asuransinya.

Proses klaim menjadi hal yang penting saat terjadi suatu risiko pada objek pertanggunggan yang diasuransikan. Proses klaim wajib dilakukan oleh pelanggan pemegang polis kepada pihak asuransi melalui kanal komunikasi resmi perusahaan.

Sebelum analisa klaim dilakukan, pihak asuransi akan memeriksa validitas dari polis terlebih dahulu. Jika polis memenuhi syarat verifikasi dan klaim yang diajukan juga sudah sesuai dengan isi polis maka perusahaan asuransi pasti akan membayarkan klaim tersebut kepada pelanggan yang melakukan pelaporan klaim.

(Baca juga: Mau Beli Mobil Baru? Cek dan Pastikan Asuransi Kendaraannya!)

Beberapa kasus yang terjadi adalah kurang telitinya pihak tertanggung terhadap polis yang mereka pegang. Padahal di dalam polis disebutkan berbagai hal terkait asuransi yang akan diklaim.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance, menegaskan, baik pelanggan maupun penyedia asuransi harus sudah sepakat terlebih dahulu sebelum melakukan penutupan. Perusahaan sudah memberikan informasi sejelas-jelasnya dan pelanggan sudah mengerti dengan pasti isi dari polis tersebut.

“Selain kesepakatan tersebut, penyedia asuransi juga harus memberikan kemudahan pelanggan yang ingin melakukan klaim. Jangan dipersulit, karena kami ingin memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Ia menjelaskan, bahkan saat ini nasabah bisa menggunakan aplikasi digital agar  dapat lebih mudah dan nyaman melakukan klaim dimanapun dan kapanpun. Klaim via digital atau yang dinamakan e-claim merupakan alternatif cara untuk melakukan klaim dengan mengandalkan platform digital.

(Baca juga: Cek Bocoran Mobil Baru yang Akan Diperkenalkan di GIIAS 2018)

Kiat Agar Klaim Asuransi Mobil Lancar

Adapun Julian memaparkan agar klaim asuransi mobil berjalan lancar dan dibayarkan oleh asuransi:

    • Pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis seperti telat melapor klaim dari batas waktu pelaporan,pengemudi tidak memiliki surat izin mengemudi, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausula pengecualian dalam polis
    • Melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian.
    • Kendaraan milik tertanggung tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum.
    • Jika Anda mengalami kecelakaan, jangan lupa memberikan bukti dengan mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraan Anda pasca kecelakaan.
    • Perhatikan terkait wilayah pertanggungan apakah sesuai dengan isi polis.
    • Jangan membuat kerusakan yang terjadi merupakan kerusakan yang disengaja oleh tertanggung.

Memahami penyebab kecelakaan ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung, anda juga perlu membaca dengan jelas mengenai polis-polis yang diberikan pihak asuransi.

Oleh karena itu, segera miliki asuransi perjalanan sebelum berwisata. CekAja.com sebagai e-commerce finansial nomor satu di Indonesia siap membantu Anda menemukan asuransi kendaraan terbaik. Anda pun bisa mengajukan asuransi kendaraan secara online untuk menghemat waktu dan tenaga.

Sebagai salah satu anak usaha dari C88 Financial Technologies, CekAja.com memiliki teknologi terkini untuk bisa membandingkan berbagai produk keuangan sesuai kebutuhan dan profil Anda.

Tentang Penulis

Penulis dan mantan jurnalis. Penikmat sate kambing, musik punk dan rock. Senang membaca buku sejarah dan sastra.