Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Klub Sepakbola yang Berhasil Raih Untung Terbesar di Dunia Tahun 2016

by Rafly Aditia on 23 April, 2016

Sepakbola saat ini bukan saja dipandang sebagai olahraga, tetapi sudah menjadi salah satu ladang bisnis yang sangat menggiurkan. Makanya, bukan hal yang aneh lagi kalau kamu mendengar seorang pemain dihargai hingga puluhan ratusan miliar rupiah.

Ternyata, beberapa klub besar di dunia berhasil mendapatkan keuntungan yang fantastis. Bahkan beberapa di antara mereka mencetak keuntungan lebih dari 400 juta dalam setahun. Berikut ini daftar klub sepakbola dengan untung terbesar di dunia di tahun 2016:

Arsenal 435,5 juta euro

Bermarkas di Emirates Stadium, tim dengan julukan The Gunners menduduki posisi ketujuh dalam daftar kali ini. Klub yang jadi asuhan Arsene Wenger ini mengantongi pendapatan hingga 435,5 juta euro pada musim lalu.

Pendapatan Arsenal tahun ini diperkirakan kembali meningkat mengingat performa Theo Walcott dkk yang begitu cemerlang di Liga Primer Inggris meski akhirnya dilampaui oleh Leicester dan Tottenham.

Manchester City 463,5 juta euro

Berstatus sebagai juara musim 2014/2015 Liga Primer Inggris, Manchester City tentu merasakan dampak positifnya secara finansial. The Citizens berhasil meraih pendapatan 463,5 juta euro selama satu musim penuh. Namun, pendapatan yang wah tersebut sepertinya tidak bisa mambantu David Silva dan timnya meraih Piala Liga Primer Inggris musim ini.

(Baca juga: Susah Sisihkan Uang Gaji untuk Ditabung? Bikin Saja Tabungan Rencana)

Bayern Munchen 474 juta euro

Raksasa Bundesliga Jerman sekaligus salah satu klub yang paling ditakuti di Eropa, Bayern Munchen berada di posisi kelima dalam daftar kali ini.

Tim yang diasuh Pep Guardiola berhasil mengeruk keuntungan hingga 474 juta euro di musim 2014/2015. Sepertinya performa gemilang di liga champions memang memberikan dampak yang besar bagi tim ini.

Paris Saint Germain 480,8 juta euro

Belum lama merasakan puncak kesuksesan di Ligue 1 Prancis, Paris Saint Germaine atau PSG mengeruk keuntungan 480,8 juta euro di musim 2014/2015.

Nama-nama besar yang menghiasi klub seperti Ibrahimovic, Thiago Silva hingga Angel Di Maria memang mengangkat performa klub yang berbasis di kota Paris.

Namun, meski mendapatkan keuntungan besar dalam beberapa tahun belakangan, PSG belum bisa merengkuh trofi liga champions hingga musim ini.

(Baca juga: 7 Quote Inspirasional dari Entrepreneur Wanita Berpengaruh di Dunia)

Manchester United 519,5 juta euro

Klub berjuluk The Red Devils ini duduk nyaman di posisi ketiga. Manchester United yang dinahkodai Louis Van Gaal berhasil meraup keuntungan hingga 519,5 juta euro selama satu musim penuh pada perhelatan Liga Primer Inggris 2014/105 lalu.

Namun, performa yang turun dan kegagalan di liga champions sepertinya akan membuat keuntungan mantan tim David Beckham ini akan menurun musim depan.

Barcelona 560,8 juta euro

Siapa sih yang gak kenal dengan Barcelona? Klub asal Catalan yang bermain di Liga Primera Spanyol tersebut asyik menduduki posisi kedua.

Lionel Messi dkk memang mencatatkan prestasi gemilang di musim lalu dengan berhasil meraih treble. Karena itulah Barcelona bisa meraup keuntungan 560,8 juta euro dalam satu musim.

Real Madrid, 577 juta euro

Menjadi klub terkaya di dunia, tentu membuat perputaran keuangan Real Madrid lebih besar dibandingkan dengan klub lain. Klub yang dibela oleh trio maut Bale, Benzema, dan Ronaldo tersebut berhasil meraup keuntungan hingga 577 juta euro ketika neraca tahun 2016 diterbitkan.

Padahal, di musim lalu prestasi Los Galacticos terbilang mengecewakan. Nah, data di atas merupakan keuntungan yang berhasil diraih oleh klub sepakbola dunia selama musim 2014/2015. Bagaimana di tahun 2016? Kita tunggu saja sampai akhir musim.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.