Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Langkah Agar Sukses Berbisnis Foodtruck

by Surtan Siahaan on 27 Januari, 2016

bisnis food truck _ CekAja.com

Industri food truck kini tengah berkembang di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Karena lebih efisien dan murah dibandingkan membuka restoran, banyak calon pengusaha kuliner tertarik membuka bisnis ini.

Namun, tidak sedikit pemula yang bangkrut karena kesalahan strategi dan persiapan. Nah, bagi kamu yang sedang mempertimbangkan menjalankan bisnis food truck, sebaiknya pelajari 7 tips ini agar bisnismu berjalan lancar:

1. Pilih menu

Hal pertama yang harus kamu tentukan lebih dulu adalah menu. Pastikan makanan ini tepat dan cocok untuk semua kalangan mulai dari pelajar hingga pekerja kantoran, remaja hingga orang tua harus bisa menikmatinya. Pilih juga makanan yang kamu kuasai dan mudah disajikan.

2. Tidak harus mobil tua

Ini berkaitan dengan pengeluaran rutinmu. Untuk menjalankan bisnis food truck tidak melulu menggunakan mobil tua. Pilih saja mobil yang lebih muda dan lakukan modivikasi. Alasannya. mobil tua lebih boros bensin dan membutuhkan perawatan lebih intens. Jangan buang percuma modalmu untuk hal yang sebenarnya bisa dihemat.

(Baca juga: Tips Bikin Toko Offline dengan Modal Mini)

3. Ikut Asosiasi

Karena banyaknya pelaku bisnis food truck di Indonesia, para pelakunya kini membentuk sebuah asosiasi yakni Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI). Banyak keuntungan jika kamu bergabung dengan asosiasi.

Selain akan banyak dibantu khususnya dalam hal legalitas, kamu juga bakal memperoleh banyak indormasi yang berguna bagi pengembangan bisnis seperti informasi pelatihan hingga festival kuliner.

4. Pilih lokasi strategis

Posisi akan sangat menentukan prestasi. Meski banyak tempat yang sepertinya menarik untuk dijadikan lokasi berjualan, pastikan terlebih dahulu apakah tempat tersebut legal. Sesuaikan juga tempat sasaranmu dengan target pasar yang ingin kamu sasar.

Selain itu, pastikan di tempat tersebut tidak banyak saingan yang menjajakan makanan sejenis. Lokasi yang bisa kamu pertimbangkan di antaranya taman dekat perkantoran, lokasi parkir dekat pusat perbelanjaan, lokasi wisata, kampus, sekolah hingga festival musik.

5. Tentukan jam operasi

Setelah menentukan lokasi berjualanh, tentukan juga jam operasimu. Pastikan kamu beroperasi dengan jam yang sama setiap waktunya. Ini penting agar pelanggan tahu di mana dan jam berapa mencari food truck milikmu.

Kamu bisa memilih berjualan saat jam makan siang, jam pulang kantor/ jam makan malam atau kombinasi di antara keduanya. Pastikan juga waktunya cukup untuk menyiapkan bahan makanan.

6. Gunakan sosial media

Salah satu alat pemasaran yang digunakan para pengusaha food truck sukses di luar negeri adalah sosial media. Sosial media penting digunakan untuk banyak hal mulai dari berinteraksi dengan pelanggan, membuat kanal video hingga memajang foto-foto menu.

(Baca juga: Tips Marketing Murah Meriah untuk Bisnis Skala UKM)

7. Jangan cepat menyerah

Agar bisa menjadi pengusaha food truck yang sukses dibutuhkan kreativitas, energi dan sifat tidak mudah menyerah. Sebelum nantinya menemukan sistem dan format bisnis yang paling cocok, kamu pasti akan menemukan sekian rintangan bahkan kegagalan. Bulatkan tekad terlebih dahulu sebelum memulai bisnis ini.

Tentang Penulis