Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Langkah Mudah Mendapatkan Pekerjaan Baru

by Rafly Aditia on 26 Juli, 2016

tips mendapat pekerjaan baru _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Kamu sudah jenuh dengan pekerjaan dan suasana kantor yang tidak lagi kondusif? Selain itu, mungkin juga kamu merasa bahwa gaji yang diterima sudah tidak mencukupi? Jika jawabannya iya, artinya kamu butuh pekerjaan baru.

Namun mencari lowongan pekerjaan baru tidak semudah membalikkan telapak tangan. Salah-salah mengambil langkah, kamu malah tidak kunjung mendapatkan panggilan kerja. Bila ingin sukses mendapatkan pekerjaan baru, berikut ini 7 tips yang dapat dilakukan:

1. Perbaharui CV terlebih dahulu

Sudah pasti kamu tidak boleh melupakan CV saat mencari pekerjaan baru. Memperbaharui CV terlebih dahulu wajib dilakukan. Jangan sampai CV yang dikirim untuk melamar pekerjaan adalah CV lama yang sudah tidak relevan lagi. Kalau CV berlum diperbaharui, sama saja menipiskan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan baru.

(Baca juga: 5 Cara Miliarder Usir Stres)

2. Kirim lamaran secara online

Sekarang bukan zamannya lagi mengirim melalui pos atau secara tatap muka. Dengan berkembangnya teknologi internet, mengirim lamaran kerja dapat dilakukan via email ataupun melalui situs-situs pencari kerja. Sebut saja JobStreet, JobsDB, dan JobsID. Tanpa perlu repot dan menghabiskan waktu, kamu juga sudah bisa mengirim lamaran ke banyak perusahaan.

3. Kalau punya kenalan? coba manfaatkan

Nah, yang satu ini sedikit berbeda dengan poin sebelumnya. Mungkin saja ada beberapa teman yang bisa mereferensikan dirimu ke perusahaannya. Apabila ada maka manfaatkanlah sebaik mungkin. Tidak ada salahnya memanfaatkan relasi kalau memang kapabilitas dan kualitas kerjamu benar-benar baik.

4. Ajukan cuti jauh-jauh hari untuk jadwal interview

Memang sih biasanya panggilan interview datangnya dadakan, tetapi tidak ada salahnya untuk menjadwalkan interview setidaknya satu atau dua minggu sebelum. Hal ini sangat berguna karena dengan jangka waktu tersebut, kamu bisa mengajukan cuti ke kantor. Alasannya bisa bermacam-macam, tetapi jangan bilang kalau kamu ingin interview di tempat lain ya.

5. Jangan keluar dari pekerjaan saat ini kalau belum dapat yang lain

Mau keluar dari kantormu sekarang? Pastikan bahwa kamu mendapatkan pekerjaan lain dulu sebelumnya. Karena kalau tidak bakal kerepotan sendiri. Bisa-bisa, selama berbulan-bulan kamu harus hidup tanpa pekerjaan dan pemasukan. Kalau begitu jadinya, kamu bisa mengalami goncangan finansial?

6. Berikan one month notice

Saat sudah mendapatkan pekerjaan baru, jangan seenaknya meninggalkan pekerjaan lama tanpa pemberitahuan. Untuk itu berikan one month notice kepada atasan atau pihak HRD di kantor agar mereka sempat mencari penggantimu di kantor. Dengan ini juga, maka hubungan antara kamu dan perusahaan tidak akan menjadi buruk.

(Bacaca juga: 4 Solusi Buat Gamers yang Ingin Punya Laptop Keren)

7. Tunjukkan tanggung jawab saat meninggalkan pekerjaan

Ketika meninggalkan pekerjaan, tunjukkan sisi profesional dan tanggung jawabmu sebagai pekerja. Kembalikan semua barang-barang pinjaman perusahaan bahkan sebelum diminta terlebih dahulu. Selain itu tidak ada salahnya ikut membantu mempersiapkan orang yang bakal menjadi pengganti dirimu.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami