Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

7 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa

by Surtan Siahaan on 8 Juni, 2016

Kebugaran tubuh saat orang berpuasa sangat bergantung pada makanan dan minuman yang dikonsumsinya saat berbuka dan sahur. Dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, kesehatan tubuh juga bisa terjaga saat puasa. Oleh karena itu, bahan makanan dan minuman yang dipilih tidak boleh sembarangan.

Kebutuhan akan nutrisi, vitamin dan mineral harus terpenuhi dari makanan dan minuman yang kita pilih setiap harinya. Lantas makanan dan minuman seperti apa yang direkomendasikan untuk disantap saat berpuasa? Buat kamu yang ingin selalu bugar selama Ramadan, berikut ini rekomendasi makanan dan minuman yang bisa kamu santap untuk berbuka puasa dan sahur:

Kelapa muda

Saat berbuka puasa, menu makanan dan minuman haruslah diperhatikan betul. Maklum, saat itu kondisi perut benar-benar kosong setelah seharian berpuasa. Saat berbuka puasa, cobalah mengkonsumsi makanan yang ringan namun memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral.

Salah satu contoh makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah kelapa muda. Selain mengandung mineral, kelapa muda juga mengandung zat gula alami yang tidak membuat tubuh lemas seperti saat mengkonsumsi teh dengan tambahan gula pasir.

(Baca juga: Cara Mengatur Bujet Bulanan Saat Puasa Ramadhan Agar Lebaran Lebih Banyak Uang)

Ubi manis

Ubi manis mengandung karbohidrat dan gula yang cukup untuk mengembalikan energi yang hilang selama puasa. Mengkonsumsi ubi manis saat berbuka puasa juga dianjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

Untuk membuat ubi manis juga cukup mudah. Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk mengolahnya menjadi kolak, menikmati ubi manis dengan cara dikukus juga baik dan pastinya nikmat.

Sup oyong dan ayam panggang

Setelah menyantap takjil, kamu wajib makan besar untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan vitamin. Makanan yang bisa dipilih adalah sayur oyong, ayam panggang dan nasi merah. Menu makanan berat berikut ini sangat sehat karena rendah kolesterol dan berprotein tinggi.

Beras merah dan sayur oyong akan memenuhi kebutuhan vitamin dan karbohidrat namun secar bersamaan juga mengurangi kadar gula dalam tubuh. Lagi-lagi makanan ini dianjurkan bagi mereka penderita diabetes yang berpuasa.

Jus alpukat

Segelas jus alpukat yang dicampur susu cokelat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Selain lebih ringan dan praktis sehingga mudah dikonsumsi, buah satu ini juga mengandung banyak serat dan lemak tak jenuh.

Lemak jenuh ini sangat efektif menahan rasa lapar karena tubuh butuh waktu yang lama untuk mencernanya. Selain itu, alpukat juga dikenal mengandung asam folat, potassium dan vitamin e yang membuat perut lebih kenyang dibandingkan mengkonsumsi makanan lainnya.

(Baca juga: Ini Rahasianya Agar Pekerja Lapangan Kuat Berpuasa)

Roti gandum dan telur setengah matang

Bagi kamu yang membutuhkan makanan praktis untuk sahur, menu roti gandum dan telur setengah matang bisa kamu coba. Makanan ini mempunyai kandungan nutrisi yang cukup namun sehat.

Bila ingin makan lebih kenyang, kamu bisa tambahkan selai kacang pada roti gandum. Sebab kacang-kacangan mengandung protein dan karbohidrat kompleks yang membuat tubuh mendapatkan energi sekaligus mengenyangkan.

Tentang Penulis