Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Makanan Ini Ternyata Menyehatkan Jantung dan Bikin Tubuh Kamu Lebih Bugar

by Rafly Aditia on 14 April, 2016

sayur untuk penderita maag _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Badan kesehatan dunia atau WHO memperkirakan 30% kematian di seluruh dunia setiap harinya disebabkan serangan jantung. Tidak kurang dari 2.400 orang per hari meninggal karena penyakit ini.

Bagi kamu yang masih sehat, tentu tidak ingin menderita penyakit mengerikan tersebut. Oleh karena itu, selain harus rutin berolahraga, mulailah mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung. Berikut ini 7 makanan yang bisa menyehatkan jantung kamu:

Yogurt

Berdasarkan penelitian Yoshihiro Shimazaki, DDS, Ph.D., dari Universitas Kyushi di Jepang, yogurt memiliki bakteri baik yang ternyata menyehatkan gusi dan menjaga kekebalan tubuh.

Lewat penelitiannya yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology diungkapkan bahwa penyakit gusi bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Sehingga menjaga kesehatan gusi dengan rutin menyantap yogurt dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, pecan, hazelnut, pinus dan kacang tanah terbukti memiliki banyak vitamin, mineral serta lemak tidak jenuh tunggal yang dapat menyehatkan jantung. Banyak penelitian mengungkapkan, orang-orang yang sering makan kacang-kacangan memiliki jantung yang lebih sehat dan kuat.

Dark chocolate

Kandungan flavanol dalam coklat hitam yang tinggi ternyata baik bagi jantung. Flavanol terkenal dengan fungsinya sebagai pengencer darah, peningkat sistem kekebalan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Flavanol yang terkandung dalam coklat hitam membantu menjaga fungsi pembuluh darah sehingga menurunkan risiko penyakit darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal, demensia dan serangan jantung.

(Baca juga: 15 Alasan Kenapa Zaman Sekarang Kamu Mesti Punya Asuransi Kesehatan)

Delima merah

Buah delima merah ternyata memiliki fungsi mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Para ahli mempercayai, manfaat tersebut dihasilkan dari senyawa antosianin yang ada pada buah delima merah.

Karena zat ini, delima merah dinyatakan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, delima merah juga memiliki kapasitas antioksidan yang paling tinggi di antara buah-buah lainnya seperti cranberry, blueberry, dan anggur merah.

Pisang

Kandungan kalium yang tinggi pada pisang bermanfaat untuk menjaga fungsi kerja jantung serta menjaga keseimbangan natrium dan air yang ada pada tubuh kamu. Kalium bukan hanya menyehatkan jantung namun kandungan tersebut juga membantu ginjal mengeksresikan kelebihan natrium sehingga membuat tekanan darah tetap stabil.

Kalium juga sangat penting bagi orang yang memakai obat diuretik pada penderita penyakit jantung.

(Baca juga: Kamu yang Sudah Menikah, Pastikan Perlindungan Tambahan Ini Ada Pada Asuransimu)

Tomat

Buah tomat ternyata memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, kalium dan serat yang tinggi. Bukan cuma itu, tomat juga mengandung lycopene. Zat ini bila bekerja sama dengan vitamin serta mineral lain dapat membantu mencegah gangguan jantung . Bahkan, kandungan nutrisi yang sangat beragam dalam tomat terbukti manjur mengobati dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Apel

Para dokter menyebut apel sebagai buah paling bermanfaat di muka bumi. Para peneliti Finlandia di Iowa mengumpulkan data selama 28 tahun dari subjek sebanyak 9.208 pria dan wanita. Penelitian tersebut menyimpulkan, orang yang suka mengonsumsi apel memiliki risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Hal ini diakibatkan oleh berbagai kandungan Flavonoid yang ada dalam apel seperti Kuersetin, Epikatekin, Epigalokatehin, hingga Kaempferol. Kandungan-kandungan tersebut memiliki fungsi mencegah oksidasi kolesterol jahat, penumpukan plak pada pembulu darah dan menghambat peradangan.

Belanja kebutuhan sehari-hari makin murah dengan promo kartu kredit.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami