Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

10 menit waktu bacaan

7 Manfaat Air Purifier Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

by Nadhillah Kusindriani on 22 Juli, 2020

Banyaknya manfaat air purifier yang diberikan, membuat banyak orang belakangan ini gencar mencari dan membeli produk tersebut. Pasalnya, air purifier tidak hanya mampu menghilangkan bau-bau yang tidak sedap, tetapi juga mampu untuk memberantas bakteri dan virus di dalam ruangan.

7 Manfaat Air Purifier Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

Namun, selain itu masih ada manfaat air purifier lainnya yang bisa kamu dapatkan. Lantas, apa saja manfaat air purifier tersebut? Pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu.

Apa itu Air Purifier?

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat air purifier, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu definisi dari air purifier itu sendiri. Sejatinya, air purifier merupakan suatu alat atau teknologi yang mampu memberikan udara sehat di dalam ruangan.

Jika dilihat dari asal katanya, air purifier merupakan gabungan dari dua kata bahasa Inggris, yaitu “air” yang artinya udara dan “purifier” yang artinya pembersih.

Oleh karena itu, air purifier juga dapat dikatakan sebagai suatu alat yang berguna untuk membersihkan udara di dalam ruangan, dengan menghilangkan sejumlah kontaminan, seperti kuman, kotoran, bakteri, virus, bau tidak sedap, jamur serta zat-zat berbahaya lainnya yang berterbangan di udara.

Maka tidak heran apabila banyak orang belakangan ini mencari dan membeli produk air purifier, untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Mengingat, udara bersih saat ini sulit sekali untuk didapatkan.

Sehingga, air purifier ini sangat berguna dalam memberikan udara yang bersih dan sehat. Tidak hanya itu, air purifier juga dapat melindungi anggota keluarga yang sakit, serta mencegah kemungkinan terpapar asap rokok, dari anggota keluarga lainnya yang merokok.

(Baca Juga: 7 Rekomendasi Air Humidifier Termurah)

Cara Kerja Air Purifier

Jika berbicara tentang cara kerja air purifier, sebenarnya alat yang satu ini memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Di mana, air purifier akan menyedot udara di dalam ruangan dengan bantuan kipas, sesaat setelah alat dinyalakan.

Kemudian, udara tersebut akan ditangkap oleh filter yang ada di bagian belakang air purifier. Melalui filter, udara akan disaring dan disalurkan kembali lewat saluran yang terletak di bagian depan air purifier.

Setelah itu, udara yang dikeluarkan adalah udara yang segar dan bersih, karena sudah terbebas dari kontaminan yang ada di dalam ruangan, mulai dari bakteri, kuman, virus, debu, jamur, bau tidak sedap dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kemampuan air purifier dalam membersihkan udara pun sudah terbukti, karena memiliki tingkat efektivitas yang sangat tinggi, yaitu mencapai 95 persen.

7 Manfaat Air Purifier

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui definisi dan cara kerja dari air purifier, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui apa saja manfaat air purifier yang bisa kamu dapatkan.

Pada awal pembahasan juga sudah disinggung, bahwa manfaat air purifier sangat banyak. Mulai dari menghilangkan bau tak sedap, memberantas jamur, mengatasi asap rokok, hingga mampu memberantas bakteri dan virus di dalam ruangan.

Namun, selain beberapa manfaat tersebut, masih ada manfaat air purifier lainnya yang perlu kamu ketahui, yang di antaranya yaitu:

1. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Menghilangkan Bau Tak Sedap - 7 Manfaat Air Purifier Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air purifier yang pertama adalah mampu menghilangkan bau tak sedap. Seperti yang diketahui, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ruangan terkontaminasi bau tak sedap.

Mulai dari bau akibat kegiatan masak-memasak, bau akibat polusi udara dari luar yang masuk ke dalam rumah, serta bau-bau lainnya yang dapat mengganggu pernapasan.

Oleh karena itu, air purifier hadir untuk membersihkan udara dari bau-bau tidak sedap. Terlebih, manfaat yang satu ini telah teruji dari serangkaian tes yang dilakukan Japan Spinners Inspecting Foundation.

Yang mana, tes ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas air purifier dalam menghilangkan bau tak sedap, dengan cara menggunakan enam tingkatan pengukuran bau.

2. Mencegah Alergi

Mencegah Alergi - 7 Manfaat Air Purifier Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air purifier yang berikutnya adalah mampu mencegah alergi. Manfaat yang satu ini bisa kamu rasakan, karena air purifier bekerja dengan cara menangkap udara di ruangan dan memasukkannya ke dalam sistem filtrasi untuk menghasilkan udara yang bersih.

Beberapa air purifier pun menggunakan sistem filtrasi yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pra-filter (yang biasanya karbon aktif), filter high-efficiency particulate air (HEPA) dan Ionizer.

Untuk ionizer sendiri, ia berguna untuk melepaskan ion-ion bermuatan negatif ke atmosfer, lalu mengisi partikel udara secara positif untuk membuat ion-ion tersebut menjadi sangat berat dan jatuh ke tanah.

Apabila ion-ion positif yang terdapat pada udara terhirup setiap harinya, maka jumlah immunoglobulin E (IgE) atau antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan infeksi dan menyebabkan alergi pun menjadi berkurang. Sehingga risiko tubuh mengalami reaksi alergi pun ikut berkurang.

3. Membasmi Virus dan Bakteri

Membasmi Virus dan Bakteri - 7 Manfaat Air Purifier Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

Selain dua manfaat air purifier di atas, nyatanya air purifier juga berguna dalam membasmi virus dan bakteri di udara. Manfaat air purifier ini sudah terbukti, karena telah dilakukan penelitian menggunakan metode test oleh Retroscreen Virology di Inggris.

Penelitian itu menguji kemampuan air purifier dalam membasmi virus dan bakteri, dengan cara memasukkan virus ke dalam kotak air purifier. Setelah itu, akan dihitung penurunan jumlah aktivitas virus yang terjadi setelah memakai air purifier.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa air purifier dapat mengatasi bahkan membasmi keberadaan virus dan bakteri dalam ruangan. Sehingga, udara di dalam ruangan menjadi bersih dan segar.

4. Melindungi Orang yang Sakit

Melindungi Orang yang Sakit - 7 Manfaat Air Purifier Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air purifier yang keempat adalah mampu melindungi orang yang sakit. Khususnya orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah, dan rentan terserang penyakit dari polutan atau alergen.

Hal tersebut dikarenakan, beberapa air purifier memiliki tiga tahap sistem filtrasi, termasuk ionizer dan karbon aktif yang mampu menghilangkan 99,7 persen dari seluruh bakteri di dalam ruangan yang dapat membahayakan kesehatan.

Maka dari itu, air purifier dapat memberikan kualitas udara yang baik dan bersih, yang dapat membantu pemulihan kesehatan orang sakit dan meningkatkan tingkat kesehatan jangka panjang.

5. Mengurangi Risiko Asma

Mengurangi Risiko Asma - 7 Manfaat Air Purifier Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

Mampu mengurangi risiko asma nyatanya juga menjadi salah satu manfaat air purifier yang bisa kamu rasakan. Di mana, American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology (AAAAI) mengatakan, bahwa asma menjadi salah satu penyakit berbahaya atau kronis yang banyak menyerang anak muda Amerika.

Beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit asma adalah spora jamur dan tungau debu yang mungkin ada di dalam ruangan rumahmu. Namun, beberapa faktor penyebab penyakit asma dapat dibasmi dengan menggunakan air purifier.

Sebab, air purifier memiliki filter HEPA yang dapat membersihkan jamur, tungau debu, bulu hewan peliharaan dan lain sebagainya, yang dapat menyebabkan udara menjadi kotor dan memicu timbulnya asma.

6. Menangani Asap Rokok

Menangani Asap Rokok - 7 Manfaat Air Purifier Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air purifier yang keenam, yaitu mampu menangani asap rokok. Seperti yang diketahui, asap rokok menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan, seperti asma, bronkitis, radang paru-paru, hingga penyakit jantung.

Penyakit tersebut tidak hanya dapat menyerang anak muda, tetapi juga lansia. Untuk lansia sendiri, efek yang ditimbulkan dari asap rokok lebih berbahaya.

Karena, dapat memperparah kondisi paru-paru, seperti misalnya emfisema dan memicu demensia atau penyakit yang dapat menurunkan daya ingat dan cara berpikir.

Namun, semua risiko tersebut dapat dihindari dengan cara menggunakan air purifier. Pasalnya, air purifier dapat menangkap polutan hingga tiga mikron. Sehingga, asap rokok akan disaring menggunakan tiga tahap sistem filtrasi yang dimiliki air purifier.

7. Memberantas Jamur

Memberantas Jamur - 7 Manfaat Air Purifier Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air purifier yang terakhir adalah mampu memberantas jamur. Manfaat air purifier yang satu ini, sudah teruji dari serangkaian tes yang dilakukan oleh Japan Food Research Laboratories.

Tes tersebut dilakukan menggunakan metode penyemburan ion PCI di ruangan yang berukuran 2.6 m³. Kemudian, jamur tumbuh pada PVC pate – konsentrasi ion PCI 50.000 ions/cm³. Dari tes yang dilakukan didapatkan hasil bahwa air purifier mampu mengurangi jumlah pertumbuhan jamur di dalam ruangan.

Rekomendasi Air Purifier Terbaik

Dari beberapa informasi terkait air purifier di atas, kamu mungkin tertarik untuk membeli dan memiliki air purifier. Nah, untuk memudahkanmu mencari air purifier terbaik dan berkualitas, di bawah ini CekAja.com akan memberikan lima rekomendasi air purifier terbaik khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Plasmacluster Air Purifier with Pattern (FU-A80Y-N/W)

Kisaran Harga: Rp2,5 juta

Rekomendasi air purifier yang pertama adalah Plasmacluster Air Purifier with Pattern. Sesuai dengan namanya, air purifier yang satu ini sudah dilengkapi dengan teknologi plasmacluster. Yang mana, teknologi ini mampu membersihkan udara pada ruangan seluas 62 m².

Tidak hanya itu, air purifier ini juga memiliki sensor bau, sensor debu dan juga dilengkapi dengan filter HEPA. Sehingga, udara yang dikeluarkan Plasmacluster Air Purifier with Pattern ini lebih bersih dan segar.

Mi Air Purifier 2

Kisaran Harga: Rp2 juta

Di urutan kedua ada Mi Air Purifier 2. Alat pembersih udara yang satu ini memiliki tiga sistem filtrasi yang dapat menyaring udara hingga 360 derajat. Menariknya, filter yang digunakan air purifier ini berbentuk silinder.

Memiliki bentuk yang mungil dan sederhana, air purifier ini dapat diletakkan dimana saja, bahkan di ruangan kecil sekalipun. Cara menggunakan air purifier keluaran Xiaomi ini pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu menyalakannya, lalu menunggu hingga 10 menit untuk bisa membersihkan seluruh udara di ruangan berukuran 21 m².

AX660R Air Purifier with 3 Way Airflow (AX60R5080WD/SE)

Kisaran Harga: Rp3 juta

Rekomendasi air purifier yang berikutnya adalah AX660R Air Purifier with 3 Way Airflow. Air purifier yang satu ini memiliki tampilan yang sederhana dan praktis, karena kamu dapat mengontrolnya dari jarak jauh.

Air purifier yang satu ini juga memungkinkan mu untuk menghidupkan, memeriksa kualitas udara serta mematikannya hanya dengan satu sentuhan saja. Air purifier ini juga sudah dilengkapi dengan power fan, yang dapat mendistribusikan udara bersih ke seluruh ruangan secara merata.

Hitachi Air Purifier (EP-A5000)

Kisaran Harga: Rp4,1 juta

Di urutan keempat ada Hitachi Air Purifier. Mendapatkan penghargaan dari Allergy UK Seal of Approval, air purifier ini telah terbukti bahwa mampu membersihkan udara dari debu, kuman, bakteri dan partikel alergen lainnya.

Selain itu, air purifier ini juga mampu mengeluarkan udara dengan volume mencapai 5 m³/menit, sehingga udara akan lebih cepat bersih. Fitur skin moisturizing mode yang dimiliki Hitachi Air Purifier, berguna untuk menjaga kelembapan udara hingga 60 persen. Dengan begitu, kulit akan tetap terjaga kelembapannya.

Air Purifier with Mosquito Catcher (FP-GM50Y-B)

Kisaran Harga: Rp3,3 juta

Rekomendasi air purifier yang terakhir adalah Air Purifier with Mosquito Catcher dari Sharp. Salah satu keunggulan dari air purifier ini adalah fitur glue sheet mosquito catcher yang dapat menangkap nyamuk secara efektif.

Tidak hanya itu, adanya fitur sleep mode juga membuat air purifier ini bekerja dalam diam (21 dB). Oleh karena itu, Air Purifier with Mosquito Catcher ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki air purifier hening dan mampu membasmi nyamuk.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Polusi Udara di Rumah)

Nah, lima rekomendasi air purifier tersebut bisa kamu jadikan referensi atau pilihan, jika kamu ingin membeli air purifier terbaik untuk di ruangan rumah mu.

Kamu bisa memilih satu dari lima rekomendasi di atas, lalu membelinya melalui e-commerce ataupun datang langsung ke toko elektronik. Untuk mempermudah proses transaksi, kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Seperti yang diketahui, kartu kredit memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi para penggunanya. Sebab, mereka tidak harus memiliki sejumlah uang tunai terlebih dahulu untuk bisa membeli barang yang diinginkan.

Terlebih, beberapa produk kartu kredit juga seringkali menawarkan berbagai macam promo menarik, baik dalam bentuk potongan harga, rewards atau cashback. Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, yuk segera ajukan di CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Tidak hanya itu, CekAja.com juga memberikan proses pengajuan kartu kredit yang mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis