7 Manfaat Room Sterilizer untuk Disinfektan Ruangan

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Di era pandemi seperti saat ini, sepertinya mengetahui tentang manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan akan sangat diperlukan.

Wabah virus corona yang seakan tiada berhenti membuat semua orang menjadi lebih peduli dengan kesehatan dan kebersihan.

Sebab, dikarenakan dua hal itulah kita bisa terhindar atau setidaknya tercegah dari penularan virus yang sangat mudah menyebar ini.

Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan room sterilizer atau yang bisa juga disebut sebagai UV sterilizer.

UV sterilizer itu sendiri merupakan sebuah alat sterilisasi yang memanfaatkan sinar UVC LED untuk membunuh kuman.

Alat yang digadang mampu membunuh kuman hingga mencapai 99,9 persen ini dapat digunakan untuk berbagai hal, mulai dari membersihkan perlengkapan makan, mainan, hingga ruangan sekalipun.

(Baca Juga: 5 Perbedaan Hand Sanitizer dan Disinfektan)

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan, sebenarnya kamu tak gak sih yang dimaksud dengan UVC?

Bagi yang belum tahu, UVC itu sendiri dapat diartikan sebagai ultraviolet light dengan panjang gelombang antara 200-280 nm, yang dapat digunakan sebagai disinfektan tak hanya untuk barang-barang saja, melainkan juga air, lingkungan, produk makanan, hingga udara.

Dilansir dari situs mooimom,id yang mengutip dari sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Columbia University Irving Medical Center (CIUMC), mengungkapkan bahwa sinar UV dapat membunuh virus tanpa memberikan dampak berbahaya bagi manusia, seperti kanker atau katarak.

Jadi, menggunakan alat ini kamu bisa sekaligus melindungi keluarga dari bahayanya kuman dan virus.

Setelah mengetahui informasi sekilas mengenai UVC itu sendiri, yuk sekarang kita membahas tentang manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan, agar kamu tak perlu ragu lagi untuk membeli alat satu ini. Apa sajakah itu?

Kelebihan UV Sterilizer

Sebelum kita membahas tentang manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan, ada baiknya jika kita mengetahui tentang kelebihan dari UV sterilizer itu sendiri. Dilansir dari kumparan.com, beberapa kelebihan dari UV sterilizer adalah:

  • Hasil barang yang telah disterilisasi akan tetap kering, karena menggunakan heater dan dryer.
  • Dapat menghindari kontak plastik dengan suhu tinggi.
  • Mampu menjaga barang tetap steril dalam jangka waktu yang lama.
  • Dapat mensterilisasi barang yang tidak dapat terpapar suhu panas.
  • Beroperasi secara waterless.
  • Memiliki storage yang lebih besar apabila dibandingkan dengan steam sterilizer.
  • Waktu pengeringan yang lebih efisien.
  • Hadir dengan desain yang menarik, sehingga bisa sekaligus dijadikan sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan.

Tips Memilih UV Sterilizer yang Tepat

Masih sebelum membahas tentang manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan, sekarang saatnya kita mengetahui terlebih dahulu tentang tips memilih UV sterilizer untuk ruangan yang tepat, yaitu adalah:

  • Memiliki ventilator fan untuk sirkulasi udara.
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan.
  • Memiliki display timer
  • Memiliki handle yang mudah dipegang serta permukaan UV sterilizer yang juga mudah untuk dibersihkan.
  • Memiliki desain dengan lekukan tanpa siku di permukaan stainless steel, agar alat dapat merefleksikan sinar UV secara sempurna ke seluruh permukaan benda yang ingin disterilisasi.

Manfaat Room Sterilizer untuk Disinfektan Ruangan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan yang perlu kamu ketahui, yaitu adalah:

1. Tidak Beracun

Manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan yang pertama adalah, komponennya yang tidak beracun.

Saat ini, bahan kimia memang seringkali digunakan untuk membersihkan sekaligus mensterilisasikan produk.

Walaupun mungkin memiliki kemungkinan lebih besar untuk membasmi kuman, namun bahan-bahan kimia ini tentu tidak akan aman untuk manusia.

Nah, UV sterilizer justru dinilai lebih ramah lingkungan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai disinfektan ruangan.

Bukan hanya untuk membersihkan barang-barang saja, tetapi juga aman digunakan untuk produk makanan.

2. Sangat Efektif untuk Dijadikan Sebagai Disinfektan

Manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan selanjutnya adalah, alat ini dinilai sangat efektif untuk membasmi kuman dan virus, bahkan jamur sekalipun.

Karena tidak basah ketika digunakan, maka alat ini juga bisa menjamin bahwa jamur akan hilang sepenuhnya dan tidak akan kembali tumbuh di masa yang akan datang.

3. Dapat Membunuh Patogen

Bagi yang belum tahu, patogen itu sendiri merupakan salah satu jenis mikroorganisme parasit yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit berbahaya bagi manusia.

Dan percaya atau tidak, dilansir dari situs violedefense.com, patogen ini justru dapat dibasmi dengan menggunakan UV sterilizer.

Tentu saja hal ini membuat ruangan menjadi lebih bersih dan aman, khususnya bagi anak-anak dengan imunitas yang masih rendah.

4. Sangat Aman Digunakan

Manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan selanjutnya adalah, penggunaan alat ini yang relatif sangat aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Beberapa alat UV sterilizer dilengkapi dengan fitur keamanan yang membuat produk baru bisa berfungsi dengan baik ketika terdeteksi tidak ada satu orang pun yang berada di ruangan.

Dalam arti, ketika kita tengah beraktivitas di suatu ruangan dan harus keluar dari ruangan tersebut meski hanya sebentar, kamu akan kembali ke ruangan dalam kondisi sudah kembali steril.

5. Dapat Bekerja Secara Otomatis

Manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan selanjutnya adalah, alatnya yang dapat bekerja secara otomatis.

Seperti yang telah disebut di poin berikutnya, bahwa UV sterilizer dapat bekerja secara otomatis ketika tidak ada orang yang berada di ruangan.

Jadi, ketika kamu telah memasang UV sterilizer di suatu ruangan, kamu tak perlu menyentuhnya kembali dan biarkan alat tersebut bekerja dengan sendirinya. Sangat praktis, bukan?

6. Harganya yang Terjangkau

Manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan selanjutnya adalah, alat ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.

Di beberapa e-commerce, UV sterilizer bisa kamu dapatkan hanya dengan harga mulai dari Rp200.000 sampai dengan Rp1,5 juta, yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Hanya Butuh 3 Menit untuk Sterilisasi

Nah, manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan yang akan kita bahas terakhir adalah, fungsinya yang hanya membutuhkan waktu 3 menit saja.

Dalam hal sterilisasi barang, kamu hanya perlu memasukkan barang yang ingin disterilisasi ke dalam alat dan tunggulah selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu, barang akan langsung terbebas dari bakteri dan virus.

Lengkapi Perlindungan Bersama Asuransi Kesehatan dari CekAja.com

Jadi, itulah beberapa manfaat room sterilizer untuk disinfektan ruangan yang perlu kamu ketahui.

Selain melindungi diri dan keluarga dengan UV sterilizer, memiliki asuransi kesehatan juga tak boleh dilupakan begitu saja.

Sebab, kita semua tak tahu kapan imunitas tubuh menurun dan menimbulkan masalah kesehatan yang membuat kita harus mendapatkan pengobatan atau tindakan medis dari rumah sakit.

(Baca Juga: Daftar Penyedia Jasa Penyemprotan Disinfektan)

Maka dari itu, asuransi kesehatan akan sangat diperlukan untuk membantu kita dalam mendapatkan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan namun dengan biaya yang lebih hemat.

Belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online, tentu hal ini membuat kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah.

Ditambah lagi bahwa disini kamu juga bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi. Mudah dan praktis kan!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha