Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga, Perbaiki Sebelum Ambyar!

by Sindhi Aderianti on 16 September, 2020

Berumah tangga rupanya tak melulu soal cinta. Dalam perjalanan mengarungi bahtera ini, ternyata ada saja masalah yang kerap menghampiri di luar urusan hati. Ketika sudah menikah, sebagian besar masalah justru disebabkan oleh faktor ekonomi alias masalah keuangan dalam rumah tangga.

Masalah keuangan dalam rumah tangga

Perlu diakui, uang memang punya peran penting di dalam kehidupan rumah tangga. Tingginya ego dan kebutuhan hidup yang terus meningkat, kerap menjadi pemicu awal dalam masalah keuangan ini. Apalagi jika kamu sudah memiliki buah hati.

Menurut riset yang dilakukan SunTrust Bank, masalah finansial rumah tangga ini juga tak hanya dialami oleh pasangan bergaji minim, tapi juga bisa dialami mereka yang berpenghasilan selangit. Namun, jangan sampai hanya gara-gara uang, keharmonisan rumah berakhir ambyar.

Sebelum jadi kemelut tiada akhir, yuk ketahui beberapa masalah keuangan dalam rumah tangga beserta solusinya di bawah ini. Bila perlu, antisipasi problematika ini sedari kamu dan pasangan masih pacaran!

(Baca Juga: Ini Usia Ideal untuk Menikah, Kamu Termasuk?)

1. Tertutup soal keuangan

Tertutup soal keuangan - 7 Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga, Perbaiki Sebelum Ambyar!.jpg

Ketika berumah tangga, penting bagi setiap pasangan untuk terbuka dalam urusan finansial. Mulai dari jumlah penghasilan tetap per bulan, hingga tambahan dari job sampingan bila ada. Begitupun soal pengeluaran untuk kebutuhan pribadi dan rumah tangga setiap bulannya, termasuk jika pasanganmu memiliki tanggung jawab finansial terhadap orangtua. Hindari menyimpan rahasia sekecil apapun perihal keuangan, sebab hal tersebut sangat rentan memicu pertengkaran.

2. Banyak utang

Banyak utang - 7 Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga, Perbaiki Sebelum Ambyar!.jpg

Pasangan banyak utang? Bukan menakuti, tapi kenyataannya cukup banuak kasus perceraian yang muncul dikarenakan masalah ini. Pasalya dalam kondisi tersebut, kamu dan pasangan tentu akan sering merasa tertekan. Gara-gara harus membayar utang tersebut, jadilah kebutuhan rumah tangga menjadi korban. Oleh karena itu, hindarilah utang terutama utang konsumtif guna mencegah perselisihan dalam keluarga.

3. Punya tabungan rahasia

Punya tabungan rahasia - 7 Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga, Perbaiki Sebelum Ambyar!.jpg

Beberapa pasangan terutama dari pihak lelaki, ada loh yang diam-diam punya tabungan rahasia. Umumnya uang tersebut digunakan untuk memenuhi hobi mereka. Meski kebutuhan rumah tangga sudah dipenuhi dengan baik, namun tetap saja hal ini rentan memicu pertengkaran. Entah istri nantinya merasa dibohongi atau tak dipercaya, hindari punya tabungan rahasia dalam berumah tangga. Jika butuh uang untuk hal di luar urgensi, lebih baik bicarakan baik-baik dengan pasangan agar keterbukaan tetap terjaga.

4. Kebiasaan boros

Kebiasaan boros - 7 Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga, Perbaiki Sebelum Ambyar!.jpg

Kebiasaan boros tentu akan membawa masalah dalam kehidupan rumah tangga. Sebagai istri atau siami, pasti kamu akan merasa kesal pasangan terlalu menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Masalah yang timbul akan makin rumit jika kamu atau pasangan sampai berutang sana-sini untuk memenuhi perilaku tersebut. Belajarlah hemat, kemudian cegah terjadinya konflik akibat sikap boros ini dengan menyusun budget setiap bulan.

5. Terlalu pelit

Terlalu pelit - 7 Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga, Perbaiki Sebelum Ambyar!.jpg

Sikap terlalu pelit juga sebaiknya dihindari. Jika salah satu dari pasangan terlalu ‘ketat’ dalam hal keuangan, hal tersebut akan sangat mungkin memicu ketidakjujuran dalam rumah tangga. Kemungkinan terburuknya, suami atau istri bisa saja ‘selingkuh uang’ seperti punya tabungan rahasia tadi. Ingat, berhemat bukan berati tidak bisa menikmati hasil jerih payah yang telah dilakukan. Bersikap lah ‘di tengah-tengah’, tidak boros tapi juga tidak pelit.

6. Perbedaan gaji

Perbedaan gaji - 7 Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga, Perbaiki Sebelum Ambyar!.jpg

Bagi beberapa pasangan, perbedaan jumlah penghasilan adalah hal yang sensitif dan kerap memicu terjadinya keretakan rumah tangga. Umumnya, masalah ini terjadi ketika istri punya gaji lebih besar daripada suami. Jika tidak pintar menyikapinya, perselisihan bisa sering terjadi. Kunci terbaik menhadapi hal tersebut tak lain adalah saling pengertian dan toleransi. Usahakan tidak mempermasalahkan perbedaan gaji atau penghasilan, selama kebutuhan keluarga terpenuhi dengan baik.

7. Tak memiliki tujuan keuangan

Tak memiliki tujuan keuangan - 7 Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga, Perbaiki Sebelum Ambyar!.jpg

Meski tergolong pasangan muda, jangan sampai abai terhadap tujuan keuangan. Tentukan hal-hal apa saja yang ingin dicapai berdua selama beberapa tahun ke depan. Misalnya beli kendaraan atau rumah. Tak lupa juga menyisihkan uang untuk asuransi dan dana darurat demi kesejahteraan hidup di masa depan. Anggap saja tujuan ini layaknya peta yang bisa memandu kamu dan pasangan untuk pergi ke suatu tempat dengan lebih jelas.

Begitulah masalah keuangan yang cukup sering terjadi dalam kehidupan berumah tangga. Kunci terbaik untuk menghiindarinya, tak lain adalah bersikap terbuka. Jangan segan memulai obrolan soal keuangan secara baik-baik, sampai menemukan titik temunya dengan pasangan. Bila keterbukaan itu sudah ada, niscaya rumah tanggamu aman sentosa.

Demi masa depan rumah tangga yang lebih baik, luruskan tujuan keuangan salah satunya dengan memiliki asuransi kesehatan. Jenis asuransi ini nantinya akan menjamin segala risiko terkait kesehatan dan kecelakaan. Sehingga tak perlu lagi memikirkan biaya jika sewaktu-waktu kamu, pasangan atau anak-anak jatuh sakit.

Bandingkan, pilih, dan miliki asuransi kesehatan terbaik melalui CekAja.com. Ada asuransi kesehatan dari Ciputra Life, PFI Mega Life, hingga Cigna yang siap melindungimu sekeluarga!

(Baca Juga: 10 Perbedaan Pelit dan Irit, Jangan Sampai Salah Menilai!)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.