Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Menu Sahur dan Buka Puasa Murah Meriah Khusus Anak Rantau

by Rafly Aditia on 12 Juni, 2016

Bagi kamu anak rantau, entah itu sedang kuliah atau bekerja di kota orang, biasanya sering menghemat biaya konsumsi. Tapi, karena sekarang sedang bulan Ramadan, maka kamu yang berpuasa tidak boleh melupakan makan sahur dan buka puasa. Sebab, di bulan puasa pengeluaran justru lebih membengkak.

Padahal, kalau disiasati dengan benar kamu bisa menjadi lebih irit di bulan puasa. Salah satunya adalah dengan memilih menu makanan yang murah meriah. Langsung saja, berikut 7 menu makan sahur dan buka puasa murah meriah untuk anak rantau:

Tempe, Teri, dan Kacang

Buat anak rantau, makan apapun tidak masalah, yang penting kebutuhan perut terpenuhi. Apalagi saat sahur, biasanya tidak begitu peduli apa saja yang dimakan selama dapat menahan rasa lapar ketika puasa. Untuk itu, campuran nasi dengan tempe teri dan kacang bisa menjadi pilihan yang pas! Tidak perlu keluar uang banyak, menu yang satu ini juga menggugah selera.

Abon dan kecap

Menu pilihan lainnya yang bisa jadi alternatif adalah abon. Yup, abon bisa menjadi pilihan bagi kamu ketika makan sahur. Rasanya yang gurih serta tidak perlu ribet-ribet harus masak sendiri, menjadikan abon teman nasi putih yang pas ketika makan sahur.

Pastinya, gizi yang terkandung pada abon juga cukup banyak mulai dari protein hingga karbohidrat ada di dalamnya.

(Baca juga: 7 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa)

Martabak mie

Kalau mau sedikit berkreasi dan berinovasi di dapur, kamu bisa membuat makanan murah meriah yang cocok banget untuk buka puasa. Cuma modal telur dan mie kamu bisa membuat martabak mie atau beberapa bilang omelette mie. Martabak mie memiliki rasa yang sangat gurih, membuatnya juga tidak sulit kok.

Campurkan mie yang sudah direbus dengan telur yang sudah dikocok rata, campurkan bumbu mie, daun bawang, garam, serta berbagai bahan lainnya sesuai selera lalu tuang campuran tersebut ke wajan. Masak selama beberapa menit, dan voila! Menu buka puasa murah meriah sudah jadi dan siap disantap.

Internet

Internet atau mie telur kornet adalah salah satu menu yang banyak disukai anak rantau. Mengapa banyak disukai anak rantau? Alasannya simpel, masaknya tidak ribet, harganya terlampau ramah dengan kantong yang pas-pasan, serta juga rasanya yang menggugah selera.

Menu yang satu ini sebenarnya sangat cocok untuk disantap ketika buka puasa. Kandungan protein dalam telur dan daging kornet sangat bermanfaat untuk tubuh kamu loh.

Tumis kangkung

Bagi kamu yang suka masak, tentunya sekedar menumis tidak jadi masalah. Maka dari itu, sesekali cobalah buat menu tumis kangkung yang bisa dibilang cukup mudah. Bahan-bahannya simpel, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, cabe sesuai selera, dan dua ikat kangkung.

Pertama-tama tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe bersamaan, lalu masukkan kangkung dan tambahkan sedikit minyak dan air. Jangan lupa kasih garam, kalau perlu juga sedikit bumbu penyedap tidak masalah.

Telur dadar, kecap, dan kerupuk

Simpel, bikin kenyang dan pastinya murah meriah. Itulah nama lain dari menu telur dadar kecap dan kerupuk. Cuma bikin telur dadar yang hampir semua orang bisa melakukannya, lalu tambahkan kecap, serta kerupuk bisa membuat makan sahurmu terasa begitu nikmat loh.

(Baca juga: Tips Bisnis dan Atur Uang yang Bisa Dipelajarai dari Nabi Muhammad SAW)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.