Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Mobil Murah, Hemat, dan Paling Irit BBM

by JTO on 6 April, 2015

Imbas naik turunnya harga BBM (Bahan Bakar Minyak) yang selalu terjadi, mendorong Anda untuk lebih berhemat dalam memilih alat transportasi. Salah satunya adalah dengan membeli mobil irit yang ekonomis.

Langkah penghematan ini cukup penting. Sebab, dengan cara membeli mobil yang memiliki konsumsi BBM yang irit, maka dana yang Anda miliki pun bisa dibagi-bagi untuk urusan lain. Terutama dalam usaha melakukan perawatan mobil setelah Anda memilikinya.

Jangan khawatir. Karena saat ini urusan mencari mobil yang ekonomis dan irit cukup mudah. Berbagai produsen menawarkan ragam jenis dan kelas mobil ekonomis dan irit guna meraih pasar. Terlebih dengan kebijakan mobil murah ramah lingkungan atau LCGC (Low Cost Green Car) yang dicanangkan pemerintah.

Masalahnya, dengan banyaknya pilihan yang disuguhkan, tidak jarang Anda pun jadi bingung untuk mobil mana yang bisa menjadi pilihan dan tepat untuk Anda. Dikutip dari berbagai sumber, CekAja coba menghadirkan 7 mobil ekonomis dan juga irit BBM yang bisa Anda pilih, juga terdapat beberapa pilihan mobil mini paling irit serta mpv menengah paling laris 2016. (Baca Juga : Mobil Murah 2016)

 

Karimun Wagon R GS

Karimun Wagon

 

Diperkenalkan sejak 18 Oktober 2014, Karimun Wagon R tipe GS adalah tipe termewah dari keluarga Mobil Kecil Karimun Wagon R. Memiliki mesin sampai 998cc 3-silinder, varian LGCC dari Suzuki ini diklaim mampu mencapai rasio konsumsi bahan bakar hingga 20,7 km/liter.

Berapa harganya? Dikutip dari situs resmi Suzuki.co.id, harga on the road Jakarta untuk Karimun Wagon R GS per April 2015 adalah Rp 111,5 juta.

(Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Kredit Kendaraan Bermotor?)

 

Datsun Go hatchback

Datsun Go - CekAja.com

 

Setelah sukses meluncurkan model LCGC pertamanya Datsun GO+ Panca, Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan Datsun Go Panca tipe hatchback. Memiliki mesin berukuran 1,2 Liter, mobil ini diklaim mampu menempuh jarak 19,7 km untuk setiap liternya.

Berapa harganya? Dikutip dari situs resmi Datsun.go.id, Datsun Go hatchback dijual dengan kisaran harga Rp 96 juta – Rp 101 juta (on the road DKI Jakarta).

(Baca juga: Berapa Gaji Anda? Ini Rasio Kredit yang Bisa Diajukan)

 

Honda Brio Satya

Honda Brio - CekAja.com

 

Diluncurkan sejak September 2013, Honda Brio Satya memiliki mesin berukuran 1,2 Liter 4 silinder. Mobil ini menjadi salah satu ujung tombak mobil bertipe LGCC di pasar mobil hatchback di Indonesia. Masalah iritnya bahan bakar, Honda Brio satya saat dipacu di jalan tol mampu mencapai rasio konsumsi bahan bakar sampai dengan 21,2 km/Liter.

Berapa harganya? Dikutip dari situs Honda-Indonesia.com, Honda Brio Satya termahal ada di kisaran harga Rp 125,9 juta.

 

Toyota Agya

Toyota Agya - CekAja.com

 

Diluncurkan pertama kali pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, jenis mobil LGCC dari Toyota ini cukup populer sebagai mobil kecil di masyarakat. Memiliki mesin DOHC 3 silinder dengan kapasaitas mesin 989cc, Toyota Agya mampu mengonsumsi bahan bakar sampai 19,3 km/Liter di jalan bebas hambatan.

Berapa harganya? Dikutip dari situs resmi Toyota.co.id, harga untuk mobil irit ini ada di kisaran hingga Rp 125,7 juta.

 

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla - CekAja.com

 

Dianggap sebagai kembaran dari Mobil kecil Toyota Agya ini juga dibangun dengan mesin sebesar 998cc DOHC 3 silinder. Dalam urusan bahan bakar, Daihatsu Ayla memiliki rasio konsumsi BBM hingga 19,5 km/Liter.

Berapa harganya? Dikutip dari situs resmi Daihatsu.co.id, saat ini Ayla dihargai sampai Rp 77 juta

(Baca juga: Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru?)

 

Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage - CekAja.com

 

Diluncurkan pertama kali pada 2012, Mitsubishi Mirage memiliki mesin 3 silinder 1.2 Liter. Untuk konsumsi bahan bakar, mobil ini mampu mengonsumsi 22,4 km/Liter. Namun, kini Mirage memiliki tampilan baru sebagai New Mirage dengan berbagai perubahan yang cukup signifikan baik dari sisi eksterior, interior, maupun faktor keamanan.

Berapa harganya? Untuk model termurah, Mirage dibandrol hingga Rp 145 juta.

 

Nissan March

New Nissan March - CekAja.com

 

Nissan March memiliki pilihan mesin berukuran 1.2 Liter dan 1.5 Liter. Konsumsi bahan bakar Nissan March diklaim bisa sampai 21 km/Liter.

Berapa harganya? Untuk varian New Nissan March, mobil ini dibandrol mulai dari Rp 150 juta.

 

Ingin dapatkan kredit kendaraan dengan bunga murah? Cek di sini.

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.