Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

7 Musisi Ini Banting Setir dan Terjun ke Dunia Politik

by Miftahul Khoer on 5 September, 2018

Musisi yang membuat lagu-lagu bernuansa politik sudah biasa, tetapi musisi yang terjun ke dunia politik baru luar biasa. Persoalannya, jika biasanya mereka mengkritik tingkah laku para politikus lewat lagu, justru kali ini mereka menjadi politikus itu sendiri.

kebiasaan miliarder kaya _ investasi - CekAja.com

Pada pemilu 2019 mendatang, banyak kalangan artis yang terjun ke dunia politik. Sedikitnya terdapat 54 artis yang ikut nyaleg di DPR dan DPRD. Khusus untuk musisi terutama vokalis band, setidaknya ada tujuh orang yang banting setir ke dunia politik.

Apakah dengan terjun ke dunia politik mereka akan lebih sukses dibanding saat jadi musisi? Dan, siapa saja para musisi yang terjun ke dunia politik? Yuk langsung simak saja ulasan berikut ini.

(Baca juga: Bagaimana Beli Rumah Lewat KPR Syariah dan Developer Syariah?)

Ahmad Dhani Prasetyo, Partai Gerindra

Musisi satu ini memang cukup sering menciptakan lagu-lagu bertema politik. Yang paling kentara saat Dhani membentuk band proyekan Ahmad Band dengan album Ideologi Sikap Otak (ISO) bersama para musisi mantan personel Slank macam Pay, Bongky, dan mantan personel netral Bimo.

Di album ISO ini, sebagian besar lagu-lagu yang diciptakan Dhani bernuansa kritik dan kondisi terkini saat era 1998. Album ini sukses melahirkan image Dhani yang berbeda dibandingkan ketika dia berkarya di Dewa 19.

Kini, kritik-kritik Dhani terhadap pemerintah semakin liar. Tidak jarang dia mengkritik keras pemerintah karena dianggap tidak pro terhadap rakyat. Saking fokusnya terhadap politik, Dhani terkesan melupakan passion-nya di bidang musik.

(Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Vaksin untuk Anak dan Dewasa)

Pada Pilkada Kabupaten Bekasi 2017, Dhani sudah memberanikan diri maju menjadi Wakil Bupati Bekasi mendampingi Sa’dudin. Namun dia gagal dan hanya berada di posisi kedua di bawah paslon pemenang Neneng Hasanah Yasin-Eka Supria Atmaja.

Kini, Dhani kembali terjun ke politik dengan mendaftarkan diri menjadi calon anggota DPR RI dari Partai Gerindra Dapil 1 Jawa Timur, Surabaya – Sidoarjo.

Giring Ganesha Nidji, Partai Solidaritas Indonesia

Musisi yang terjun ke dunia politik selanjutnya adalah Giring Nidji. Vokalis yang aktraktif di panggung ini merasa terpanggil menjadi calon wakil rakyat untuk melayani masyarakat. Giring maju menjadi caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dapil Jawa Barat 1, Kota Bandung dan Kota Cimahi.

(Baca juga: Berbagai Keuntungan Finansial Jadi Atlet, Apa Saja?)

Ifan Seventeen, Partai Kebangkitan Bangsa

Vokalis Band Seventeen, Riefian Fajarsyah alias Ifan Seventeen masuk dalam daftar caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa. Ini kali kedua Ifan nyaleg setelah pada 2014 dia juga maju jadi caleg dari Partai Gerindra tetapi gagal melenggang ke Senayan.

Selama menjadi vokalis, pria ini memang jarang menyanyikan lagu-lagu berbau kritik sosial. Karena lagu-lagu Seventeen sebagian besar bertemakan tentang cinta.

Namun secara pribadi, Ifan merupakan sosok yang kritis. Salah satu kritikan Ifan yang sempat ramai diperbincangkan ketika dia mengunggah sebuah video di pesawat terkait dugaan maraknya tenaga kerja asing di Indonesia.

(Baca juga: Mengenal Erick Thohir, Pengusaha di Balik Kesuksesan Asian Games 2018)

Sigit Wardana, Partai Garuda

Sigut Wardana yang akrab disapa Sigit Base Jam mencoba maju menjadi caleg dari Partai Garuda. Partai ini merupakan jelmaan dari Partai Kerakyatan Nasional yang diusung salah satunya oleh Harmoko, Mantan Menteri Penerangan era Soeharto.

Namun, saat ini Harmoko sudah tidak terlibat lagi dalam partai. Saat ini Ketua Umum Partai Garuda adalah Ahmad Ridha Sabana. Selain Sigit Base Jam, ada 376 caleg yang bakal maju dari Partai Garuda ini.

(Baca juga: 4 Hal Tentang Siwon Super Junior yang Muda, Kaya dan Rupawan)

Ian Kasela, PDI Perjuangan

Jarang tampil manggung dengan band Radja, Iandhika Mulya alias Ian Kasela kini maju jadi caleg dari PDI Perjuangan. Sepele saja alasan Ian ingin maju jadi wakil rakyat, dia ingin terlibat dalam pembuatan undang-undang.

Ian sendiri tercatat sebagai caleg PDI Perjuangan dari Dapil Kalimantan Selatan 1. Ian bercita-cita duduk di Komisi X jika kelak lolos ke DPR. Bidang yang ingin dia geluti ialah pendidikan, kebudayaan, kesenian, dan olahraga.

(Baca juga: Yuk Mengenal Istilah Kredit Macet)

Katon Bagaskara, PDI Perjuangan

Musisi senior yang terjun ke dunia politik lainnya adalah Katon Bagaskara, pentolan band Kla Project. Dia mendaftar jadi caleg DPR RI untuk Dapil DI Yogyakarta.

Pencalonan Katon diharapkan mampu mendulang suara bagi partai berlambang moncong putih itu. Pasalnya, sebagai musisi senior dan publik figur, sosok katon berpotensi mengumpulkan banyak suara di Yogyakarta.

(Baca juga: Belajar Kaya Raya dari Jack Ma, Si Manusia Rp500 Triliun)

Charly Van Houten, Partai Kebangkitan Bangsa

Mantan vokalis ST12, Charly Van Houten maju jadi caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Dapil Cirebon dan Kota Bandung. Masuknya Charly ini menambah deretan artis dan penyanyi yang menjadi caleg PKB.

Vokalis bersuara serak bernama lengkap Muhammad Casmali Parli ini terjun ke dunia politik dengan alasan ingin mendekatkan diri kepada masyarakat.

Ya, memang fungsi wakil rakyat yang duduk di DPR adalah untuk menyuarakan aspirasi rakyat. Semoga saja para vokalis yang terjun ke dunia politik ini bisa menyuarakan aspirasi rakyat dengan merdu kelak jika terpilih jadi anggota DPRD. Jangan sebaliknya, di atas panggung mereka merdu, di kursi DPR mereka sumbang.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.