Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Olahraga yang Perlu Kocek Tebal untuk Melakukannya

by Arfan Wiraguna on 26 Mei, 2015

Tidak diragukan lagi, olahraga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis. Namun, bagi sebagian orang, olahraga juga menjadi ajang gengsi dan status ketika melakukannya. Karena butuh dana yang tidak sedikit ketika ingin melakoni olahraga yang disebutkan di sini.

Harus diakui, tidak banyak orang yang melakoni beberapa olahraga yang akan disebutkan dalam artikel ini. Selain persiapan dan keahlian, peralatan yang dibutuhkan pun tidak sederhana. Sebab, jika Anda termasuk orang yang menyukai tantangan dan berani mengeluarkan uang banyak, maka Anda layak untuk mencobanya.Sebenarnya, apa saja olahraga yang dimaksud?

7. Polo

Seperti berkuda (equestrian), polo merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan ketahanan tubuh dan tingkat kefokusan yang tinggi. Namun, hal ini pula yang menarik sebagian orang untuk membuktikan keberanian dan status sosialnya. Selain memacu adrenalin, olahraga ini juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Biaya untuk bermain polo meliputi pembelian kuda, perawatan dan latihan. Namun demikian, biaya pembelian kuda untuk bermain polo lebih tinggi dibandingkan dengan biaya equestrian. Hal ini disebabkan kebutuhan pemain polo untuk memiliki beberapa kuda—biasanya sekitar empat sampai delapan ekor—sebagai pengganti kuda yang lelah di saat permainan sedang berlangsung.  (Baca juga: 6 Cara Tetap Tampil Keren Tanpa Bangkrut)

Dikutip dari sebuah pemberitaan, harga seekor kuda lokal saja dihargai sekitar Rp35 Juta. Bahkan, untuk kuda impor, satu ekornya bisa mencapai Rp3,7 Miliar. Belum lagi biaya perawatan minimal Rp1,5 juta per bulan. Taruhlah Anda bisa menyewa. Namun, harga latihan sekedar berkuda saat ini sekitar ada dalam kisaran Rp250 ribu per sesi. Bayangkan jika Anda akan melakukan latihan khusus untuk polo atau bermain polo yang bisa memakan waktu sekitar satu setengah jam, tentu berbiaya besar bukan?

Biaya lain yang rutin dianggarkan oleh seorang pemain polo adalah biaya pengobatan. Hal ini disebabkan tingginya tingkat kemungkinan cedera seorang pemain polo.

6. Berlayar

Kemunculan berlayar atau sailing di dalam daftar ini tentu tidak mengejutkan. Pasalnya biaya untuk memiliki sebuah perahu layar telah terbukti lebih mahal dibanding sebuah mobil. Di sisi lain, Anda juga perlu untuk memiliki beberapa perlengkapan tambahan lainnya. Sebagai gambaran, salah satu perahu layar yang terkenal, AC 72, yang mengikuti Piala Amerika, dibangun dengan dana sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp1,3 triliun. (Baca juga: Tujuan Liburan Hemat ke Luar Asia di Bawah Rp1 Juta Per Hari)

5. Pancalomba

Karena terdiri dari lima jenis olahraga, pancalomba atau lebih dikenal dengan sebutan pentathlon membutuhkan perlengkapan yang khusus untuk masing-masing jenis olahraga. Kelima jenis olahraga tersebut adalah anggar, renang, palang rintang (show jumping), menembak dan lari. Selain itu, Anda perlu menganggarkan dana untuk biaya latihan masing-masing jenis olahraga ini.

4. Wingsuiting

Wingsuiting adalah olahraga terbang dengan menggunakan pakaian khusus, yaitu wingsuit. Berdasarkan daftar harga yang dikutip secara online dari Wingsuit Flying, harga wingsuit sekitar 800 poundsterling atau sekitar Rp16,5 juta. Namun biaya itu bukan komponen termahal. Sebab, ada biaya-biaya lainnya, seperti biaya peralatan, transportasi, keanggotaan, parasut dan pelatihan yang berkisar 9.000 poundsterling atau sekitar Rp185 juta. Itulah sebabnya olahraga ini menjadi salah satu yang berbiaya tinggi. 

3. Bobsledding

Bobsledding atau bobsleigh merupakan salah satu olahraga yang mirip seperti Fomula 1 dalam hal kebutuhannya untuk dana dari sponsor. Dikutip dari artikel Olympic Bobsled Hopes Go Up in Flames secara online dari the Washington Post, harga bobsled untuk olimpiade adalah 30.000 dolar AS atau sekitar Rp393 juta. Selain itu, Anda juga perlu mengeluarkan dana untuk biaya latihan dan lain-lain. (Baca juga: 7 Mobil Murah, Hemat, dan Irit BBM 2015)

2. Balapan Balon Udara

Mungkin tidak semua orang menyadari bahwa balapan balon udara merupakan bagian dari olahraga. Berdasarkan artikel 10 of the Worlds Most Expensive Sports yang dimuat secara online oleh The Richest, harga untuk naik balon udara dalam rangka rekreasi saja adalah sebesar 300 dolar AS atau setara dengan Rp4 juta untuk perjalanan selama satu jam.

Harga balon udara sendiri bisa mencapai 20.000 dolar AS atau sekitar Rp263 juta. Di sisi lain, masih ada biaya-biaya lain, seperti biaya untuk pengecekan balon udara agar mendapatkan izin terbang sebesar 350 dolar AS atau sekitar Rp4,6 juta, dan biaya pelatihan untuk mendapatkan izin sebagai pilot yang berkisar antara 1.250 dolar AS (Rp16,5 juta) dan 3.000 dolar AS (Rp39 juta). (Baca juga: Beda Pria dan Wanita Saat Gunakan Kartu Kredit)

1. The Whitianga Festival of Sports

The Whitianga Festival of Sports merupakan acara olahraga yang terdiri dari balapan berbagai alat transportasi darat, laut dan udara. Kendaraan yang digunakan di dalam olahraga ini diantaranya adalah helikopter, jet ski dan mobil reli. Kebutuhan untuk kendaraan-kendaraan inilah yang menjadikan acara ini sebagai bagian dari olahraga termahal di dunia.

Baik Anda yang ingin sekedar menjadi penggemar, maupun ingin menjadi atlet, tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu beberapa olahraga dalam daftar di atas, sebelum Anda akhirnya mengambil keputusan untuk menekuninya. Dengan begitu, Anda dapat memilih dengan lebih bijak jenis olahraga yang benar-benar disukai.

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami