Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini 7 Orang Terkaya di Dunia Versi Bloomberg, Ada Bos Facebook

by Gito on 9 Juli, 2018

Bloomberg baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia. Rilis tersebut didasarkan atas jumlah kekayaan yang diperoleh hingga Juli 2018. Secara umum tidak ada yang berubah, sektor teknologi masih menjadi penyumbang terbesar untuk kursi teratas orang terkaya di dunia. Secara total terdapat 500 orang terkaya versi perusahaan media asal Amerika Serikat, Bloomberg L.P. yang terangkum dalam Bloomberg Billionares Index. Siapa saja mereka, yuk cek!

Tim CekAja merangkum 7 posisi teratas orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan terbesar mencapai 142 miliar dolar AS atau sekitar Rp2031,96 triliun. Jumlah tersebut hampir menyamai Anggaran Penerimaan Belanja Negara (APBN) 2018 yang mencapai Rp2.220,7 triliun.

Jeff Bezos

Peringkat pertama orang terkaya di dunia diduduki oleh bos Amazon, Jeff Preston Bezos. Pria berkepala plontos itu berhasil mengantongi jumlah kekayaan senilai 142 miliar dolar AS. Bahkan selama kurun waktu 7 bulan, atau sejak periode Januari hingga Juli 2018, Jeff sukses menambah pundi-pundi kekayaannya sebesar 42,7 miliar dolar AS.

Jumlah kekayaan yang tidak sedikit itu ditebus Bezos dengan kerja keras untuk mewujudkan mimpinya. Betapa tidak, dulu Amazon hanya menjual produk berupa buku dan kini berhasil menjelma menjadi raksasa E-Commerce yang menjual ratusan ribu produk dari berbagai jenis barang dagangan.

Saat ini mimpi besarnya adalah ingin membangun pusat industri di bulan. Untuk itu Bezos melalui perusahaannya yang bergerak di bidang antariksa dan penerbangan akan menggandeng Badan Antariksa Amerika (NASA) dan Agen Antariksa Eropa (ESA) untuk memindahkan industri ke bulan.

Di sisi lain, berkat kekayaannya pula Bezos harus menanggung kenyataan bahwa banyak warga yang tidak menyukainya. Salah satunya adalah karena adanya bangunan mewah nan unik yang berada di kota Seattle, Washington. Bangunan yang mirip bola kaca itu adalah kantor baru Amazon.

Namun hal tersebut justru mengundang penolakan dari warga setempat karena menimbulkan ketimpangan bagi wakga yang tidak mampu yang tinggal di sekitar kantor Bezos. (Baca Juga :Mengenal Jeff Bezos, Salah Satu Orang Terkaya di Dunia)

[widg-cc]

 

Bill Gates

Posisi kedua orang terkaya didunia diduduki oleh bos Microsoft Corporation, Bill Gates. Bill Gates memiliki total kekayaan senilai 94,2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp1317,7 triliun. Dalam kurun waktu 7 bulan atau pada bulan Januari hingga Juli Gates sukses menumpuk kekayannya sebesar 2,44 miliar dolar AS.

Mark Zuckerberg

Pemilik Facebook Inc dan juga Instagram ini sukses menempel mengekor Gates sebagai orang terkaya di dunia. Zuckerberg berada pada posisi ketiga orang terkaya didunia dengan nilai kekayaan mencapai 81,6 miliar dolar AS.

Facebook didirikan Zuckerberg bersama temannya di Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Dia merilis Facebook dari kamar asrama kampus. Pada usia 23 tahun, Zuckerberg berhasil menyabet predikat miliarder muda

Warren Buffet

Warren Edward Buffett atau Warren Buffet merupakan seorang pebisnis, investor, dan pilantropis yang berasal dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Dia merupakan investor tersukses di dunia lewat perusahaan saham Berkshire Hathaway.

Pria yang dijuluki sebagai Oracle of Omaha itu sukses mengantongi kekayaan senilai 81,2 miliar dolar AS. Ia sudah memulai berinvetasi pada usia 11 tahun, kala itu Buffet memilih instrumen saham sebagai alat investasinya dan di usia 14 tahun ia sudah mampu membeli kebun pertanian seluas 16 hektar dengan menggunakan uang hasil kerjanya mengantar surat kabar.

Amancio Ortega

Pria asal Spanyol, Amancio Ortega Gaona berhasil menduduki peringkat ke 5 orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan mencapai 76,1 miliar dolar AS. Pemilik perusahaan fesyen Zara itu pada tahun 2016 lalu sudah memilki 7.000 gerai yang tersebar di hampir seluruh dunia.

Bernard Arnault

Pria asal Perancis, Bernard Jean Étienne Arnault, atau yang dikenal dengan Bernard Arnault menduduki peringkat ke 6 orang terkaya di dunia dengan hasil kekayaan sebesar 73,2 miliar dolar AS. Siapa sangka kalau pendiri fesyen mewah LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton SE (LVMH) itu dulunya menyasar para traveller sebagai pasar utamanya.

Ya, dulu Louis Vuitton adalah merek koper yang sekarang menjelma menjadi produk lifestyle atau gaya hidup. Bisnis fesyen Arnault dan keluarganya semakin menggurita tatkala ia mengakuisisi 97% saham Christian Dior senilai 13 miliar dolar AS pada 2017 lalu. (Baca Juga : Fakta Tersembunyi dari Sosok Mark Zuckerberg)

Carlos Slim

Pemilik perusahaan telekomunikasi terbesar di Meksiko itu bernama Carlos Slim Helu. Dia berhasil menyabet gelar sebagai orang terkaya ke-7 di dunia dengan hasil kekayaan mencapai 62,5 miliar dolar AS. Perusahaan telekomunikasi miliknya, Teléfonos de México (Telmex) merupakan perusahaan yang cukup disegani di New York Stock Exchange (NYSE).

Carlos juga merupakan wakil Presiden Komisaris dari Mexican Stock Exchange dan Presiden Komisaris pada perusahaan Mexican Association of Brokerage Houses. Ia juga menjadi Presiden pertama pada perusahaan New York Stock Exchange Administration Council yang menjabat pada tahun 1996 sampai 1998.

[widg-clo]

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.