Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Pebasket Dunia Terkaya, Jumlah Hartanya Sampai Triliunan!

by Miftahul Khoer on 5 Februari, 2020

Dunia olahraga menjadi sumber penghasilan yang amat menjanjikan bagi para atlet Amerika Serikat. Apalagi kalau olahraga tersebut cukup populer di negara mereka seperti basket. Tak heran bila dengan menekuni satu profesi yang dulunya hanya hobi, berhasil menelurkan banyak pebasket dunia terkaya.

pebasket dunia terkaya

Ajang olahraga basket yang terkenal di dunia saat ini adalah Liga NBA. Kompetisi  tersebut melahirkan banyak atlet basket profesional dan handal. Nama-nama besar pebasket seperti Kobe Bryant, LeBron James, atau Michael Jordan  mampu bermain dengan sangat ciamik, mencetak banyak skor, hingga mengantarkan klubnya menjadi juara di tiap musim.

Seiring dengan kepopuleran mereka, pundi-pundi uang yang datang pun otomatis semakin mengalir. Hingga akhirnya berhasil menjadi pebasket dunia yang bukan hanya berprestasi, namun juga tajir melintir.

(Baca Juga: 7 Brand Sepatu Basket Pemain NBA Terpopuler yang Paling Dicari)

Penasaran siapa aja pebasket dunia terkaya itu? Hartanya ada yang sampai triliunan rupiah! Ini dia mereka:

1. Kobe Bryant

Kobe Bryant - Pebasket Dunia Terkaya Jumlah Hartanya Sampai Triliunan

Beberapa hari ini kita dikejutkan dengan pemberitaan meninggalnya legenda basket NBA, yakni Kobe Bryant bersama putrinya, Gianna Maria-Onore Bryant, dalam insiden kecelakaan helikopter di Calabas, California, Amerika Serikat pada Minggu (26/1) waktu setempat. Peristiwa tersebut membuat pecinta basket merasa kehilangan terhadap sosok one man club yang dikenal setia membela LA Lakers tersebut.

Hingga di akhir hayatnya, Kobe Bryant tercatat memiliki kekayaan mencapai USD 770 juta atau setara Rp10,47 triliun. Untuk pendapatan dari gajinya selama membela klub basket saja, menembus angka USD328 juta. Sementara itu, pendapatannya dari iklan dan endorsement sendiri adalah USD350 juta.

Selama masa pensiunnya sejak 2016, ayah tiga anak ini bahkan masih bisa mengantongi penghasilan dari iklan sebanyak US$25 juta. Adapun brand yang pernah bekerja sama dengannya antara lain Nike, McDonald’s, Sprite, Turkish Airlines, Lenovo, Hublot, dan Panini.  Sepanjang hidupnya, pebasket yang selalu bepergian dengan helikopter itu sudah bisa menghasilkan uang sebanyak US$280 juta atau sekitar Rp4 triliun hanya dari endorsement.

2. Michael Jordan

Michael Jordan - Pebasket Dunia Terkaya Jumlah Hartanya Sampai Triliunan

Siapa sih yang tak kenal dengan nama pebasket legendaris Michael Jordan? Pebasket era 1980-1990an ini begitu diidolakan pada masanya, terutama saat bergabung dalam klub Chicago Bulls pada tahun 1984.

Dilansir dari Forbes tahun 2018 lalu, kekayaan Jordan melejit hingga menyentuh angka US$1,65 miliar atau Rp22,7 triliun. Padahal sebelumnya, ia hanya memiliki total pndi-pundi uang sekitar US$350 juta. Usut punya isut, kekayaannya itu semakin berkobar usai menandatangani kontrak dengan Nike pada tahun 1984.

Nike dengan pintarnya memasarkan bintang baru tersebut dengan menciptakan sepatu basket yang diberi nama Air Jordan. Kamu yang hobi bermain basket pasti tahu bagaimana eksklusifnya desain sepatu tersebut, sampai bisa laris di pasarang meski berharga cukup mahal. Hingga kini, Nike Air Jordan masih populer di Amerika Serikat.

Selain menjadi pebasket handal, pria kelahiran 17 Februari 1963 di Brooklyn, New York ini ternyata juga pebisnis yang cerdik. Ia dengan pandai memanfaatkan peluang di sekelilingnya. Bersama Nike, bisnis sepatu dan barang dagangan lainnya kemudian dipecah menjadi The Jordan Brand.

3. LeBron James

LeBron James - Pebasket Dunia Terkaya Jumlah Hartanya Sampai Triliunan

Pebasket yang membela LA Lakers ini mempunyai total kekayaan sekitar US$400 juta atau Rp5,7 triliun. Kekayaannya diramal akan terus bertambah meskipun kelak ia  pensiun dari dunia basket. Hal ini dikarenakan peraih dua medali emas Olimpiade tersebut bisa mendapatkan uang triliunan dari investasi yang ia tanam ke beberapa hal . Salah satunya adalah investasi di klub sepak bola Inggris Liverpool FC sejak 2011. 

Awal mulanya, James hanya menerima 2% saham ‘The Reds’ dengan harga sekitar US$6,5 juta. Seiring berjalan waktu, nilai investasi itu berlipat ganda menjadi USD 32 juta. Dengan demikian, James bisa mendulang lebih banyak uang dari hasil investasinya tersebut. 

Selain investasi, pebasket yang dijuluki ‘King James’ ini juga menandatangani kontrak seumur hidup dengan Nike. Praktis, hal ini akan menambah penghasilan yang masuk ke dalam kantong pemain berusia 34 tahun tersebut. 

4. Magic Johnson

Magic Johnson - Pebasket Dunia Terkaya Jumlah Hartanya Sampai Triliunan

Walau  lahir dari keluarga yang tidak begitu kaya, Magic Johnson kini memiliki kekayaan pribadi sebesar US$500 juta atau sekitar Rp7 triliun dari hasil bermain basket. Dalam menjalani kehidupan yang sempat tidak berkecukupan, Magic berlatih basket dengan sungguh-sungguh, demi meraih cita-citanya. 

Ia pun pernah menjadi point guard terbaik. Setelah karir basketnya menanjak, Magic menginvestasikan uangnya ke dalam franchise restoran dan beberapa perusahaan startup. Sayangnya, ia harus pensiun dari dunia basket pada tahun 1996, akibat mengidap HIV. 

Tak mau menyerah, dia pun membuat perusahaan bernama Magic Johnson Enterprises, dengan usaha pertamanya adalah bioskop di Baldwin Hills. Setelah laris manis, Magic membuka cabang bioskopnya di Beverly Hills, di daerah tempat tinggalnya. Sekarang bioskop Magic Johnson ini sudah ada di 4 kota di Amerika Serikat.

5. Shaquille O’Neal

Shaquille O Neal - Pebasket Dunia Terkaya Jumlah Hartanya Sampai Triliunan

Terakhir, pebasket dunia terkaya dengan tinggi mencapai 2,16 meter ini punya total kekayaan bersih senilai US$350 juta atau Rp5 triliun. Shaquille O’Neil merupakan ex pemain NBA yang pernah mengabdi di beberapa klub, mulai dari LA Lakers, Boston Celtics, Phoenix Suns, Cleveland Cavaliers, Orlando Magic, dan Miami Heat. 

Sederet prestasinya adalah menjadi pebasket yang menempati posisi ke-7 yang berhasil mencetak banyak poin sepanjang masa. Ia juga berhasil menyabet tiga penghargaan pemain NBA terbaik (MVP). Dengan prestasi tersebut, O’Neil sangat mudah meraup pundi-pundi uang, baik dari klubnya maupun hal lain seperti endorsement.

Itulah 7 pebasket dunia terkaya yang selain jago main basket, juga punya sedert  bisnis menjanjikan. Kisah mereka bisa kita jadikan sebagai pelajaran, agar berani menjajal bisnis dan menjadi pengusaha sukses.

Tak perlu pikir dua kali untuk memulai bisnismu, urusan modal serahkan pada CekAja.com. Ajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) sekarang juga, pasti cair hingga Rp300 juta!

(Baca Juga: Terungkap, Alasan Kobe Bryant Selalu Naik Helikopter)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.