Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Pekerjaan Jurusan Sosiologi Paling Diminati dan Bergaji Tinggi

by Estrin Vanadianti Lestari on 1 November, 2019

Meski jurusan sosiologi tidak sepopuler jurusan akuntansi atau jurusan teknik mesin, namun siapa sangka bahwa prospek peluang pekerjaan jurusan sosiologi, ternyata sangat besar. Bahkan lulusan sosiologi juga banyak dicari perusahaan ternama hingga memiliki gaji yang tinggi.

Nah, bagi kamu para mahasiswa yang memilih jurusan sosiologi, tidak perlu takut kesulitan mencari pekerjaan. Karena, sosiologi kini sudah menjadi sebuah ilmu yang dipelajari secara luas, dan bisa berkaitan dengan bidang atau ilmu apapun, seperti hukum, sastra, dan filsafat.

Sosiologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat sosial. Dimana sosiologi juga bisa mencakup keberagam topik, misalnya pengembangan institusi hingga interpretasi sikap-sikap kebudayaan.

Jurusan sosiologi nyatanya sangat cocok bagi kamu yang sangat menyukai segala hal tentang seseorang, baik individu maupun kelompok, bahkan untuk yang lebih luasnya adalah tentang masyarakat. Intinya, di jurusan ini kamu akan banyak mempelajari tentang apa yang dibutuhkan masyarakat, mulai dari sisi ekonominya, media, lingkungan, teknologi, dan lain-lain.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Sosiologi?

Untuk mendalami ilmu sosiologi, secara garis besar mahasiswa setidaknya akan mempelajari bagaimana peradaban modern terbentuk, hingga meneliti faktor-faktor yang menyatukan mereka. Bahkan, akan ada beragam topik yang bisa dipelajari dari kasus yang ada di kehidupan sehari-hari, seperti kriminologi dan gender.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari beberapa mata kuliah wajib, bagi kamu yang mendaftar program S1 jurusan Sosiologi:

  • Berpikir sosiologis
  • Analisis sosiologis masyarakat
  • Identitas dan perilaku
  • Kebijakan sosial

Beberapa universitas ternama menjadi pelopor hadirnya jurusan sosiologi di Indonesia, sekaligus menjadi kampus dengan jurusan sosiologi terbaik. Sebut saja seperti Universitas Gadjah Mada, di mana kampus ini menjadi kampus pertama yang mendirikan jurusan sosiologi sejak 19 Desember 1955.

Lalu yang kedua ada Universitas Padjajaran Bandung. Meski masih muda yakni berdiri pada tahun 2011, namun jurusan sosiologinya menjadi salah satu yang terbaik. Selanjutnya, Universitas Indonesia (1968), Universitas Airlangga (1978), dan Universitas Andalas (1983).

Menjadi negara urutan ke empat dengan penduduk terbanyak di dunia, Indonesia memiliki masalah yang besar dalam masyarakatnya. Oleh karena itu, pengetahuan terkait ilmu sosiologi sangat dibutuhkan negara ini, dalam mengembangkan dan memajukan masyarakatnya.

7 Pekerjaan Jurusan Sosiologi Paling Dicari Perusahaan

Sehingga, dengan adanya banyak peluang pekerjaan jurusan sosiologi, diharapkan bisa mengubah masyarakat seiring dengan berjalannya waktu. Dan, hal ini tentunya sangat dipahami oleh para mahasiswa lulusan sosiologi. Nah, berikut ini adalah deretan pekerjaan jurusan sosiologi, dimana peluang pekerjaan ini, bisa menempati posisi strategis di berbagai jenis perusahaan ternama.

1. Human Resources Officer

Pekerjaan jurusan sosiologi yang pertama adalah Human Resources Officer (HRO). Untuk bisa bekerja menjadi HRO, kamu bisa melamar di berbagai perusahaan swasta. Untuk deskripsi pekerjaannya, di divisi ini kamu bertugas untuk mengurus praktek kerja karyawan, melakukan rekrutmen, pembayaran, membuat laporan kondisi kerja, dan masih banyak lagi.

(Baca juga: Jurusan Meme Hingga Fakultas Kopi, Ini Berbagai Kampus Usulan Jokowi)

Untuk pendapatan atau gaji, tentunya akan diberikan sesuai kebijakan tiap perusahaan. Namun, biasanya untuk bagian staf HRO, berpeluang mendapatkan gaji dengan nominal sekitar di atas Rp4 juta per bulan.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat

Untuk pekerjaan jurusan sosiologi yang kedua, kamu bisa bekerja di sebuah kelembagaan, seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Pasalnya, LSM sangat membutuhkan orang yang piawai dalam memahami perilaku dan kondisi sosial.

Namun, untuk bisa bekerja di LSM, kamu harus dituntut untuk bekerja cerdas, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bahkan kamu juga harus siap jika ditugaskan untuk bepergian ke luar negeri. Maka tak heran jika gaji yang akan kamu terima bisa sampai belasan juta rupiah.

3. Advice Worker

Pekerjaan jurusan sosiologi berikutnya adalah Advice Worker. Di mana pekerjaan ini bisa disebut juga sebagai konsultan yang menyediakan saran beserta informasi terkait rahasia pada klien. Bahkan, Advice Worker juga bisa menjadi seorang penasihat umum yang mencakup hukum dan keuangan baik di bidang pendidikan, utang, kesejahteraan, dan lain-lain.

Untuk gaji seorang Advice Worker tentunya tidak kecil loh. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan gaji besar tergantung dengan tingkat kredibilitas yang kamu miliki.

4. PR/Hubungan Masyarakat

Pekerjaan jurusan sosiologi selanjutnya adalah Public Relations atau PR atau bisa juga disebut Humas (Hubungan Masyarakat). PR merupakan pekerjaan menjalankan fungsi-fungsi organisasi, seperti menjalin relasi dengan media, komunitas, konsumen, industri, lembaga, hingga pemerintahan.

Bahkan PR dituntut harus mempu memahami sikap serta kepedulian komunitas, kosumen, karyawan, dan kelompok, demi kepentingan untuk mempertahankan hubungan kerjasama yang baik dengan perwakilan dari jurnalis berbagai media.

5. Pegawai Negeri Sipil 

Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negara Sipil (PNS) ternyata juga masuk ke dalam deretan pekerjaan jurusan sosiologi paling diminati. Bagi kamu lulusan sosiologi, kamu bisa menjadi seorang PNS yang masih sangat dibutuhkan oleh pemerintah. Biasanya pekerjaan akan berhubungan langsung dengan dunia sosiologi, bahkan yang tidak berhubungan sekalipun.

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now)

Kamu bisa bekerja di kementerian atau lembaga tertentu, seperti Kementrian Sosial, Kemendikbud, dan lain-lain. Atau ke lembaga seperti Bappenas, Bappeda, Depdiknas, dan lain-lain. Gaji PNS juga lumayan memuaskan loh, mulai Rp2 juta ke atas, namun dengan berbagai tunjangan dan insentif.

6. Media Planner

Berikutnya, pekerjaan jurusan sosiologi yang memiliki peluang yang tinggi adalah Media Planner. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk menilai kebutuhan suatu periklanan klien, dan selanjutnya merancang media yang cocok digunakan untuk menjangkau target pasar mereka.

Tidak hanya itu, kamu juga harus mempunyai kemampuan melakukan riset dan menganalisa preferensi dari tiap kalangan. Oleh karena itu, jurusan sosiologi sangat sesuai dengan hal-hal yang berbau pemahaman karakteristik sebuah kelompok.

7. Market Reseacrh Analyst

Pekerjaan lain yang cocok untuk lulusan jurusan sosiologi adalah Market Research Analiyst. Meski bidang ini cukup fleksibel untuk dilakukan oleh orang dari berbagai latar belakang, namun tak memungkinkan terbuka juga bagi kamu para mahasiswa lulusan sosiologi.

Di sini kamu harus memahami dan memiliki kemampuan meriset pasar. Salah satunya untuk meriset pasar untuk memetakan gaya hidup, kebutuhan, dab berbagai pengelompokan lainnya di dalam masyarakat. Kebanyakan strategi pemasaran ini dibuat berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian.

 

 

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk