7 Peluang Bisnis di Pedesaan yang Bisa dimanfaatkan Saat Pandemi

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha pada

Peluang bisnis di pedesaan mungkin menjadi satu hal yang patut diketahui untuk saat ini. Pandemi yang masih mewabah di dunia hampir setengah tahun membuat perputaran ekonomi di berbagai negara turut mengalami penurunan yang cukup signifikan, tak terkecuali Indonesia.

Akibatnya, banyak perusahaan yang tak mampu bertahan dan terpaksa mem-PHK sebagian karyawannya, sehingga pengangguran pun semakin bertambah.

Namun, disisi lain kebutuhan masyarakat justru meningkat, agar bisa melalui pandemi dengan aman.

Di Jakarta itu sendiri, tak jarang tenaga kerja berasal dari pedesaan, yang mana mereka terpaksa kembali ke desa masing-masing karena tidak mampu bertahan dalam memenuhi biaya hidup di perkotaan.

(Baca Juga: Peluang Bisnis Makanan Sehat)

Nah, oleh karena itu, mencari peluang bisnis di pedesaan bisa dijadikan sebagai langkah awal agar bisa tetap mendapatkan pemasukan di tengah pandemi.

Perlu diketahui bahwa peluang bisnis di pedesaan mungkin akan sedikit berbeda dibandingkan peluang bisnis di perkotaan.

Karenanya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejumlah peluang bisnis yang bisa kamu jadikan pilihan untuk dapat bertahan di desa. Apa sajakah itu? Yuk disimak bersama-sama.

Peluang Bisnis di Pedesaan

Karena pada umumnya di pedesaan tergolong sulit mendapatkan akses internet, maka peluang bisnis terbaik ialah bisnis yang bisa dilakukan secara offline, seperti sebagaimana berikut ini:

1. Jasa Potong Rambut dan Perawatan Tubuh

Peluang bisnis di pedesaan yang pertama adalah dengan membuka jasa potong rambut dan perawatan tubuh.

Meskipun tinggal di desa, memperhatikan penampilan tetap menjadi satu hal yang penting. Jika kamu merasa memiliki kemampuan dalam menata rambut dan perawatan, bisnis ini bisa menjadi peluang yang cukup menguntungkan.

Beragam pelayanan juga bisa kamu tawarkan lho, seperti creambath, potong rambut, masker, lulur, dan masih banyak lagi.

Selain itu, lahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar kok. Kamu bisa memanfaatkan ruang tamu atau halaman yang tidak terlalu besar, asalkan bisa menampung berbagai keperluan bisnis yang kamu perlukan.

Akan tetapi, jangan lupa juga untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada, seperti menggunakan masker dan sarung tangan, serta menyediakan hand sanitizer dan menjaga seluruh peralatan bisnis yang kamu gunakan.

2. Bidang Hidroponik

Biasanya, masyarakat pedesaan memiliki halaman yang lebih luas dibandingkan masyarakat perkotaan. Karenanya, bidang hidroponik bisa dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan.

Ditambah lagi karena modalnya yang tidak terlalu besar dan sistem bercocok tanam yang lebih higienis, membuat usaha ini bisa dijadikan pilihan terbaik.

Meskipun begitu, bisnis ini juga memiliki kriteria yang harus dipenuhi lho, salah satunya adalah jenis media yang digunakan.

  • Media seharusnya memiliki kemampuan dalam menyimpan air yang baik. Karena tanaman membutuhkan nutrisi yang kita berikan pada air tersebut.
  • Media harus memiliki struktur gembur, sehingga banyak zat nutrisi yang tersimpan dan tersebar dengan baik.
  • Nilai kandungan garam yang rendah
  • Tidak mudah berubah bentuk walaupun terjadi perubahan suhu.
  • Terbebas dari hama agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal.
  • Memiliki kandungan kapur atau kalsium yang tinggi.

Nah, setelah mengetahui tentang beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih media untuk bisnis hidroponik, kamu mungkin juga harus tahu tentang beberapa jenis media yang paling sering digunakan, yaitu adalah:

  • Rockwool
  • Arang Sekam
  • Cocopeat atau Sabut Kelapa
  • Perlit
  • Dll

Agar peluang bisnis di pedesaan satu ini bisa berjalan dengan lancar, kamu juga diharuskan untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bisnis hidroponik itu sendiri.

3. Jasa Menjahit

Meskipun selama pandemi kamu disuruh untuk berdiam diri di rumah, dapat dikatakan bahwa peluang usaha di bidang fashion tidak akan ada matinya.

Bahkan, di rumah pun kamu harus tetap perlu memiliki pakaian bagus agar tetap produktif dalam menjalankan berbagai aktivitas dalam ruangan.

Karenanya, jika kamu memiliki keahlian dalam menjahit, manfaatkan saja peluang bisnis di pedesaan satu ini.

Bukan hanya membuat pakaian saja lho, banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan di dalam jasa menjahit, seperti memperbaiki model pakaian yang sudah ada, mengganti kancing, menjahit tali tas yang sudah rusak, hingga mengecilkan maupun memperbesar ukuran pakaian agar bisa pas dengan tubuh pelanggan.

Dapat dikatakan bahwa bisnis menjahit tidak membutuhkan biaya yang besar lho. Kamu hanya perlu memiliki mesin jahit dan ruangan kosong untuk meletakan berbagai keperluan bisnis saja agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

4. Usaha Kuliner

Peluang bisnis di pedesaan selanjutnya adalah kuliner, yang dikenal merupakan salah satu bidang bisnis yang tidak akan pernah mati.

Meskipun di desa, namun usaha kuliner tetap berpotensi untuk berkembang pesat, seiring pertumbuhan penduduknya pula.

Dalam arti, selama manusia membutuhkan makanan, maka selama itu pula bisnis kuliner tetap akan dibutuhkan.

Selain itu, sektor industri kuliner juga memiliki jenis dan produk yang bervariasi dan bisa kamu jadikan pilihan.

Sehingga, target segmentasinya pun cenderung lebih luas dibandingkan peluang usaha lainnya. Lalu, bagaimana dengan modal?

Biasanya, modal di bidang bisnis kuliner sangatlah beragam, tergantung dari jenis makanan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan.

Bahkan, tak menutup kemungkinan pula kamu bisa membangun bisnis kuliner dengan modal yang sangat kecil.

Ditambah lagi, ketika membangun bisnis di desa, maka kamu tidak memerlukan sewa kios atau rumah makan. Karena, lingkup desa yang sangat kecil dan masyarakatnya yang sudah mengenal satu sama lain membuat ‘kekuatan mulut’ alias promo dari mulut ke mulut merupakan sistem pemasaran yang sangat efektif.

5. Pulsa Hp dan Token Listrik PLN

Ternyata, perkembangan jaringan seluler untuk keperluan komunikasi dan internet kini telah merambah ke pelosok desa.

Karenanya, kita sudah bisa melihat banyaknya bangunan tower pemancar sinyal ketika berkunjung ke desa. Dan tentu saja itu akan kian bertambah dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, pulsa Hp dan token listrik PLN bisa dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan.

Lalu, bagaimana dengan modal dan peralatan yang dibutuhkan? Untuk modalnya, dapat dikatakan bahwa dana yang kamu butuhkan sangatlah tidak besar.

Bahkan dengan Rp50 ribu saja kamu sudah bisa menjalankan bisnis pulsa lho. Sedangkan untuk peralatannya, kamu cukup membutuhkan satu ponsel yang bisa digunakan untuk SMS. Ponsel jadul pun juga tetap bisa kamu gunakan.

Namun, salah satu hal yang bisa membuat bisnis ini berkembang adalah, usahakan untuk selalu menyiapkan uang tunai setiap kali ada konsumen yang membeli, kemudian buatlah catatan yang lengkap, guna mengetahui apakah perputaran modal bisnis kamu berjalan sehat apa tidak. Karena, peluang bisnis di pedesaan satu ini juga rawan dengan bond (bayar belakangan).

6. Jasa Laundry

Peluang bisnis di pedesaan selanjutnya adalah jasa laundry. Siapa bilang kalau setumpuk pakaian kotor hanya dimiliki oleh masyarakat perkotaan saja?

Warga desa pun juga membutuhkan jasa ini di lingkungan mereka. Sebab, apabila dihitung-hitung, dapat dikatakan bahwa menggunakan jasa laundry atau pencucian pakaian bisa jauh lebih hemat dibandingkan mencuci sendiri di rumah.

Dengan menyerahkan urusan pakaian kotor ke jasa laundry, maka ibu-ibu akan memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lainnya, seperti memasak, membersihkan rumah, dan mengurus anak.

Selain itu, mencuci pakaian sendiri di rumah juga berpotensi membuat tagihan listrik menjadi sangat tinggi karena mesin cuci.

Belum lagi ditambah dengan tagihan air pula dan urusan menyetrika yang juga banyak menyita waktu.

Nah, dalam hal membuka jasa laundry, kamu tak membutuhkan lahan yang besar kok. Memanfaatkan teras rumah atau ruang depan rumah saja juga bisa dijadikan pilihan terbaik.

Selama lahan yang kamu siapkan tersebut cukup untuk meletakan peralatan bisnis yang dibutuhkan, seperti mesin cuci, timbangan, setrika, dan kantong plastik untuk mengirimkan pakaian yang sudah bersih dan rapi ke para pelanggan. Kelebihan lainnya dari bisnis ini adalah, kamu tak perlu meninggalkan rumah.

7. Warung Kelontong

Peluang bisnis di pedesaan yang terakhir akan kita bahas adalah warung kelontong yang mungkin sangat identik dengan kehidupan masyarakat desa.

Sebab, lokasi minimarket yang biasanya jauh dan terletak di jalanan besar membuat mayoritas masyarakat membeli kebutuhan sehari-hari mereka di warung kelontong ini.

Nah, cobalah untuk menjual berbagai produk grosir yang murah, agar kamu juga bisa sekaligus menciptakan pelanggan yang datang secara kontinu, bahkan menjadi langganan.

Dapat dipastikan bahwa membuka warung kelontong akan selalu ada cashflow yang bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu dan keluarga.

Mau warung kelontong kamu cepat berkembang? Karena sebagian besar pelanggan akan datang dari tetangga, maka ciptakanlah sistem pelayanan yang baik dan memuaskan.

Contohnya seperti selalu ramah ketika melayani konsumen atau membagi-bagikan bingkisan lebaran kepada tetangga.

Tak jarang lho banyak toko yang ditinggal oleh konsumennya karena sang pemilik yang pelit senyum.

(Baca Juga: Bisnis Baju Tidur di Masa Pandemi)

Jadi, itulah beberapa peluang bisnis di pedesaan yang bisa kamu jadikan pilihan dan membantu dalam menangani krisis di tengah pandemi yang masih menghantui sebagian besar dunia.

Perlu diketahui bahwa modal membuka usaha di desa mungkin tidak akan sebesar di perkotaan.

Meskipun keuntungan yang kamu dapat juga tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan perkotaan, namun bisnis di pedesaan justru berpeluang untuk berkembang lebih cepat, karena sedikitnya kompetitor.

Berbeda dengan perkotaan yang mungkin bisa membuatmu bingung dalam memilih jenis usaha yang ingin dijalankan, karena sudah banyaknya kompetitor yang bisa menggeser bisnis kamu dalam sekejap mata.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki modal yang cukup? Segera ajukan saja di CekAja.com. Karena peluang perkembangan usaha di desa lebih besar, maka kamu juga tidak akan kesulitan pula dalam mencicil pengembalian dana.

Ditambah lagi, melalui CekAja.com kamu juga bisa memilih tenor dan kemampuan dalam membayar cicilan sendiri lho, sehingga kamu juga bisa sekaligus menyesuaikan dengan kemampuan dalam membayar.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha