Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Peluang Pekerjaan Jurusan Teknik Elektro, Tertarik Mencoba?

by Ayunindya Annistri on 8 November, 2019

Menjalani pekerjaan jurusan Teknik Elektro bukanlah hal mudah. Karena, hampir setiap harinya kamu akan bertemu deretan angka yang memerlukan kemampuan perhitungan matematis. Sehingga tak jarang banyak mahasiswa jurusan ini yang berhenti ditengah jalan, karena merasa kesulitan.

Meski begitu, jurusan Teknik Elektro tidak pernah kehilangan pamornya, terutama saat musim penerimaan calon mahasiswa baru. Mengacu pada data SBMPTN 2018 lalu, di Universitas Tanjungpura Pontianak sendiri, peminat untuk jurusan ini mencapai 321 orang dengan tingkat persaingan 1:9.

Rekomendasi Pekerjaan Jurusan Teknik Elektro

Prospek pekerjaan jurusan Teknik Elektro bisa dikatakan luas dan tidak sekedar industri energi saja. Kamu bisa membidik industri lainnya seperti telekomunikasi, otomotif, manufaktur, serta instansi pemerintah.

Pada umumnya, besaran gaji yang ditawarkan untuk lulusan ini mencapai Rp 5 juta per bulan. Besaran ini bisa saja bertambah seiring dengan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki. Nah, kalau kamu tertarik mendalami bidang ini, berikut 7 rekomendasi pekerjaan jurusan Teknik Elektro dengan jenjang karir menjanjikan yang bisa kamu geluti.

1. Perancang dan Teknisi Mesin

Sesuai dengan namanya, perancang dan teknisi mesin akan berkutat merancang desain dan mengembangkan peralatan elektronik, komunikasi, serta otomotif yang serupa dengan bidang keahlianmu. Tidak hanya desain, pekerjaan jurusan Teknik Elektro ini juga turut ambil bagian dalam pemeliharaan sistem mekanik. Jenjang karir yang tersedia untuk profesi ini meliputi senior engineer, supervisor, dan manager.

2. Teknisi Robot

Sebagai seorang teknisi robot, kamu harus bisa membuat robot yang mampu bekerja selayaknya manusia dan diprogram menggunakan kecerdasan buatan, seperti yang biasa digunakan untuk proses produksi otomotif.

Teknisi robot harus mampu menciptakan dan memastikan robot-robot tersebut dapat bekerja secara maksimal untuk membantu tugas manusia. Seperti yang dikutip dari Quipper Campus bahwa untuk mendalami bidang pekerjaan ini, kamu harus memiliki wawasan mengenai elektronika dan teknik dasar mekanika. Di Indonesia, pekerjaan jurusan Teknik Elektro ini masih terbuka lebar, mengingat kita akan memasuki era industri 4.0

3. Pegawai Negeri Sipil

Dengan resmi dibukanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2019, kamu yang lulusan Teknik Elektro pun juga berpeluang untuk menjadi PNS. Di tahun ini, total formasi yang dibuka sebanyak 197.111, yang mana diantaranya 37.854 formasi khusus kementrian. Sehingga, bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih adalah Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Dirjen Ketenagalistrikan. Pekerjaan jurusan Teknik Elektro ini cocok dilakoni oleh kamu yang ingin memiliki hidup nyaman hingga usia lanjut. Karena menurut kabar yang beredar, tunjangan pensiun untuk PNS diusulkan naik hingga mencapai Rp 700 juta.

(Baca Juga: CPNS 2019, Ini Instansi dan Formasi Paling ‘Laris’ Diincar)
4. Dosen

Pekerjaan jurusan Teknik Elekro selanjutnya yang berpeluang mendapat gaji tinggi yaitu menjadi seorang dosen. Tapi sebelum itu, minimal kamu harus menyelesaikan pendidikan hingga jenjang Magister agar ilmu yang kamu miliki bisa jauh lebih bermanfaat untuk mahasiswa nantinya.

Rata-rata gaji pokok yang diterima oleh dosen di Indonesia sebesar Rp 5 juta. Namun besaran gaji tersebut belum termasuk tunjangan profesi, serta insentif penelitian. Kalau ditotalkan semua, seorang dosen bisa menerima gaji bersih per bulannya sekitar Rp 10 juta lebih.

5. Research and Development

Mungkin sebagian dari kita sudah enggak asing lagi dengan pekerjaan jurusan Teknik Elektro yang satu ini. Ya, research and development atau lebih dikenal sebagai penelitian dan pengembangan (Litbang) merupakan pekerjaan yang tidak hanya dibutuhkan oleh instansi pemerintah saja, melainkan pula perusahaan swata. Seorang staf R&D bertanggung jawab dalam melakukan penelitian dan mengembangkan teknologi terbaru demi meningkatkan kualitas produk dari perusahaan itu sendiri.

Di Indonesia, kamu bisa melamar profesi ini di beberapa perusahaan besar, seperti Honda, Bukalapak, Yamaha dan Samsung dengan kisaran gaji Rp 4 juta sampai Rp 6 juta. Percaya atau tidak, menurut sumber yang ada, gaji seorang staf R&D wanita jauh lebih tinggi sekitar 10% jika dibandingkan dengan pria. Pada level manajer, gaji yang didapat seorang R&D wanita bahkan bisa mencapai 14,1%.

6. Quality Assurance

Quality Assurance atau disebut QA merupakan pekerjaan jurusan Teknik Elektro yang mana tugasnya melakukan pengujian untuk menentukan apakah produk sistem yang digunakan itu berkualitas. Pengujiannya tersebut bisa dilakukan dengan bantuan staf back end, project manager dan designer.

7. System Analyst

Pekerjaan jurusan Teknik Elektro berikutnya yang bisa kamu geluti adalah menjadi seorang system analyst handal. Pekerjaan ini menuntut ketelitian lebih karena setiap harinya kamu bakal menganalisis sistem perangkat lunak yang akan digunakan perusahaan.  Selain itu, system analyst juga harus mampu meninjau dan mengelola aplikasi serta kinerja sistem terutama bila ingin melakukan perbaikan.

Setiap tahunnya, seorang system analyst bisa menerima gaji sebesar Rp 72 juta. Seperti yang dikutip dari Qerja.com, beberapa perusahaan ternama di Indonesia seperti Dwidasa Samsara dan British Petroleum bahkan siap menggaji seorang system analyst handal dengan kisaran Rp 16 juta sampai Rp 22 juta. Menggiurkan bukan?

Dengan mengetahui ragam pekerjaan jurusan Teknik Elektro, kamu tidak perlu khawatir lagi akan bekerja sebagai apa dan dimana saat lulus nanti. Nah, supaya jalanmu semakin mudah dalam mengagapai cita-cita kelak, kamu bisa menggunakan pinjaman dana untuk pendidikan yang tersedia lengkap hanya di CekAja!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau