Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Pemimpin Negara yang Punya Harta Pribadi Miliaran Dolar

by Rafly Aditia on 1 November, 2016

Vladimir Putin - CekAja.com

Menjadi seorang pemimpin di sebuah negara tentu tidak mudah karena harus mengemban tanggung jawab sangat besar. Tetapi pemimpin negara biasanya mendapatkan kompensasi setimpal, khususnya dari segi finansial. Setelah pensiun mereka memperoleh berbagai fasilitas pemberian negara.

Di Indonesia, seorang mantan presiden diberikan rumah mewah. Begitupun di banyak negara lainnya. Namun, bicara soal fasilitas pensiun, sepertinya para pemimpin negara berikut ini tak perlu pemberian apapun dari negaranya. Alasannya karena mereka sangat kaya. Inilah 7 pemimpin negara yang punya harta pribadi hingga miliaran dollar:

Hamad Bin Khalifa Al Thani, Qatar – US$ 2,5 miliar

Dimulai dari pemimpin Qatar, Hamad Bin Khalifa Al Thani yang memiliki kekayaan US$ 2,5 miliar. Hamad merupakan orang yang sangat gemar dengan sepakbola. Dia bahkan dikabarkan telah mengajukan penawaran untuk membeli tim raksasa liga primer Inggris, Manchester United.

(Baca juga: Agar Tidak Menderita di Akhir Bulan Meski Gaji Habis)

Hans Adam, Lichenstein – US$ 4 miliar

Pangeran Lichenstein, Hans Adam mengisi posisi keenam dalam daftar kali ini. Pria yang nama lengkapnya sangat panjang yakni, Johannes Hans Adam Ferdinand Alois Josef Maria Marko d’ Aviano Pius von und zu Liechtenstein memiliki kekayaan hingga US$ 4 miliar.

Pangeran Hans merupakan pemilik dari LGT Banking Group. Dia dikenal sebagai seseorang yang gemar mengoleksi barang kesenian. Selain itu, Hans juga didaulat sebagai raja terkaya di Eropa.

Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Dubai – US$4 miliar

Siapa sih yang tidak kenal Dubai? Ya, negara yang selalu membuat sensasi dengan kemewahan tersebut memiliki pemimpin yang sangat kaya raya. Mohammed bin Rashid Al Maktoum adalah perdana menteri sekaligus wakil presiden Uni Emirat Arab. Dia merupakan orang yang bertanggung jawab atas pembangunan Palm Islands, Burj Al Arab dan Burj Al Khalifa. Total kekayaan yang dimiliki sekitar US$ 4 miliar.

Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Uni Emirat Arab – US$ 15 miliar

Presiden Uni Emirat Arab, Khalifa biN Zayed Al Nahyan mengisi posisi keempat dengan kekayaan mencapai US$ 15 miliar. Dia diangkat sebagai presiden Uni Emirat Arab pada tahun 2004 sejak kematian sang ayah. Khalifa juga merupakan chariman dari Abu Dhabi Investment Authority. Kekayaan keluarganya ditaksir mencapai US$ 150 miliar.

(Baca juga: Ternyata Keputusan Membeli Rumah Bisa Mempengaruhi Kariermu)

Abdullah bin Abdulaziz Al Saud, Arab Saudi – US$ 18 miliar

Di posisi ketiga, raja Arab Saudi bernama Abdullah bin Abdulaziz Al Saud bertengger dengan kekayaan mencapai US$ 18 miliar. Menjadi raja Arab Saudi pada tahun 2005 setelah kematian saudaranya, Raja Fahd. Abdullah menjadi raja yang dikenal dengan aksi serta reaksinya yang begitu cepat atas bencana internasional seperti gempa Cina pada tahun 2008 atau badai Katrina di New Orleans.

Hassanal Bolkiah, Brunei – US$ 20 miliar

Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddien Sa’adh, Khairi Waddien alias Sultan Hassanal Bolkiah merupakan pemimpin Brunei Darusallam. Sejak kematian ayahnya pada tahun 1967, dia menjabat sebagai Sultan Brunei. Hassanal dikenal gemar mengoleksi mobil-mobil mewah. Kekayaan yang dimilikinya mencapai US$ 20 miliar.

(Baca juga: Trik Membeli Oleh-oleh Agar Tidak Bikin Bangkrut)

Vladimir Putin, Rusia – US$ 40 miliar

Vladimir Putin menjabat sebagai Presiden Rusia selama bertahun-tahun dimulai dari tahun 2000-2008 dan sejak tahun 2012 hingga sekarang. Walaupun laporan mengatakan pemasukan putin hanya senilai US$ 80 ribu saja, dia dipercaya memiliki jabatan di banyak perusahaan penting Russia. Sehingga Putin diestimasikan memiliki kekayaan US$ 40 miliar.

Butuh pengajuan kartu kredit yang berikan diskon belanja dan cashback hingga jutaan rupiah? Dapatkan sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami