Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Perangko yang Bisa Bikin Pemiliknya Menjadi Jutawan

by Surtan Siahaan on 29 Maret, 2016

Mengoleksi perangko memang terdengar sedikit ketinggalan zaman. Apalagi untuk generasi 90-an yang mungkin tidak mengalami masa ketika orang berkirim surat. Tapi, bagaimana reaksi kamu jika mendengar sebuah perangko buruan kolektor bisa menyentuh harga ratusan juta bahkan miliaran rupiah?

Nilai yang fantastis bukan. Nah, coba dulu bongkar gudang rumahmu, siapa tahu di dalam kardus penyimpanan barang usang terdapat satu di antara 7 perangko termahal di dunia berikut ini:

The Penny Red

Penny Red adalah perangko asal Britania yang paling langka di dunia. Di dunia, jumlahnya hanya ada sembilan lembar. Meski kondisinya sangat buruk, salah satu di antara perangko tersebut berhasil terjual dengan harga 550.000 pounds atau setara Rp 10,4 miliar. Penjualan yang tidak jelek kan untuk selembar perangko butut?

The Penny Black

Penny Black merupakan perangko berperekat pertama di dunia. Perangko yang diproduksi pada 1 Mei 1840 ini merupakan ikon paling populer di kalangan kolektor. Meski tidak tergolong langka karena ada 68.808.000 di dunia, perangko ini merupakan salah satu yang termahal di dunia. Saat ini harganya bisa mencapai 10 ribu pounds atau setara Rp 190 juta.

(Baca juga: Boleh Ditiru, Inilah Kebiasaan Hemat Para Tokoh Dunia)

The British Guiana 1 Cent Magenta

Tidak ada yang mengalahkan langkanya perangko satu ini. Sebab, jumlahnya hanya ada satu di dunia. Yang unik, perangko ini merupakan perangko darurat yang dibuat pada tahun 1856. Tidak heran, kualitas kertas dan tintanya sangat buruk. Namun, siapa sangka nilainya mencapai 6,4 juta pounds atau setara Rp 1,2 triliun.

The Inverted Jenny

Perangko ini menjadi langka setelah pemerintah Amerika Serikat selaku produsennya menarik seluruh produksi dari pasar. Alasannya, gambar pesawat yang dicetak di perangko berwarna merah ini terbalik. Namun, sejumlah besar perangko sudah terlanjur beredar. Pada tahun 2007, selembar perangko ini terjual senilai Rp 7,8 miliar.

The Tyrian Plum

Perangko ini memiliki harga pasaran senilai 100 ribu pounds atau setara Rp 190 juta. The Tyrian Plum merupakan perangko yang diproduksi pada era Edward VII. Saat perangko tersebut mulai didistribusikan ke pasar, Edward VII meneinggal dunia. Kerajaan akhirnya menarik seluruh perangko tersebut kecuali sebagian kecil yang sudah tersebar.

The Roses Error

Perangko satu ini sebenarnya tergolong baru karena diproduksi tahun 1978. Pada saat itu, perangko buatan Inggris ini hanya dihargai senilai 13 sen. Namun, terdapat cacat produksi pada perangko ini karena nilai 13 sen tidak tertera pada perangko.

Alhasil, semua produksinya ditarik. Hanya ada 2 orang di dunia yang memiliki perangko cacat produksi ini dan salah satunya adalah Ratu Inggris.

(Baca juga: 5 Pegulat WWE Dengan Bayaran Tertinggi Sepanjang Masa)

Perangko Hindia Belanda

Perangko buatan Belanda yang beredar di Hindia Belanda juga termasuk jenis perangko termahal di dunia. Perangko yang diproduksi dan beredar di Indonesia sekitar tahun 1864 ini dibanderol senilai Rp 20 miliar.

Tentang Penulis