Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Permainan yang Bisa Membuat Anak Jadi Lebih Pintar

by Rafly Aditia on 25 Juni, 2016

Mengajak si kecil bermain adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang tua. Namun, belajar juga merupakan hal yang tidak boleh dilupakan oleh si kecil. Untuk itu, tugasmu adalah menggabungkan kedua hal tersebut. Sehingga yang perlu kamu lakukan adalah mengajak mereka belajar sambil bermain untuk mengembangkan kemampuan mereka.

Berikut ini ada beberapa permainan yang bakal mengembangkan kemampuan mereka. Ini dia 7 permainan yang membuat anak jadi lebih pintar:

1. Lego

Salah satu mainan yang bisa meningkatkan kreatifitas dan kemampuan otak anak adalah Lego. Lego merupakan permainan bongkar pasang yang merangsang kemampuan dan kreatifitas anak. Permainan ini juga dianggap oleh banyak ahli dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

(Baca juga: Kebiasaan Buruk Soal Uang yang Sering Ditularkan Orang Tua ke Anak)

2. Minecraft

Kamu bisa memanfaatkan gadget yang dimiliki untuk bermain bersama anak. Minecraft merupakan salah satu permainan yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan kreatifitas anak. Dalam game ini, anak bakal difokuskan untuk mengasah kreatifitas dimana mereka perlu membangun konstruksi dari kubus bertekstur dalam dunia 3D.

3. Berburu harta karun

Permainan yang tidka membutuhkan gadget benda elektronik atau teknologi lainnya punya daya tarik dan nilai tersendiri. Kamu bisa mengajak anak untuk main ‘Berburu harta karun’. Permainan ini simpel, hanya perlu menyembunyikan barang tertentu lalu memberi tahu sedikit petunjuk kepada anak dimana barang tersebut diletakkan. Lewat permainan ini, kemampuan menyelesaikan masalah pada anak begitu diasah.

(Baca juga: Meski Masih Anak-anak, Mereka Berhasil Kaya Lewat Bisnisnya)

4. Puzzle

Lagi-lagi permainan yang mengasah kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah. Siapa yang tidak kenal puzzle? Mungkin permainan ini juga pernah kamu mainkan sewaktu kecil. Sekarang bermain puzzle tidak hanya bisa dilakukan secara manual, tetapi dengan memanfaatkan gadget yang ada anak juga bisa memainkan permainan seru satu ini.

5. Mewarnai

Apabila ingin mengembangkan bakat dan kemampuan anak di bidang seni, cobalah untuk mengajak dirinya bermain dengan buku gambar dan mewarnai. Selain melatif kreatifitas dan bakat seni si kecil, mewaranai dipercaya bisa mengurangi tekanan dan rasa stress seseorang.

6. Main alat musik

Tidak ada salahnya mengajak anak untuk main alat musik sejak dini, siapa tahu bakat musik memang ada dalam dirinya. Namun, coba arahkan si kecil untuk memainkan alat musik dengan benar. Tidak perlu terlalu serius, tapi jangan juga membiarkannya bermain secara asal-asalan.

(Baca juga: Ide Pesta Ultah Anak dengan Bujet Ratusan Ribu Rupiah)

7. Membaca dan bernyanyi

Bermain sambil belajar adalah hal yang harus dilakukan oleh anak. Demi melatih kemampuan membacanya, kamu bisa mengajak dia memainkan permainan membaca sambil bernyanyi. Begini, berikan si anak sebuah lagu beserta liriknya. Dengan itu, dia bakal terpacu untuk membaca lirik sambil mengikuti lantunan lagu yang ada. Cara ini dianggap sebagai salah satu cara paling menyenangkan dalam pelajaran membaca bagi banyak anak kecil.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.