Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

7 Prospek Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat Paling Menjanjikan

by Estrin Vanadianti Lestari on 5 November, 2019

Ketika kamu membayangkan kuliah Jurusan Ilmu Filsafat, mungkin yang ada di benakmu adalah sesuatu ilmu yang sangat sulit untuk dipahami. Pasalnya, ilmu ini merupakan ilmu yang berisi tentang teori-teori yang sangat mendalam tentang kehidupan manusia. Bahkan, Ilmu Filsafat juga bisa kamu temukan sebagai salah satu mata kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Lantas, dengan rumitnya ilmu ini, apakah ada prospek pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat yang memiliki peluang kerja yang tinggi?

Meski Jurusan Ilmu Filsafat tidak terlalu populer, tapi tahukan kamu bahwa prospek pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat, ternyata memiliki peluang kerja yang cukup tinggi. Bahkan, beberapa pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat juga memiliki prosperk kerja yang luas, pengembangan karier yang bagus, hingga penghasilan yang cukup besar.

Lantas, kira-kira apa saja hal yang bisa kamu dapatkan, serta mata kuliah yang akan dipelajari ketika memilih berkuliah di Jurusan Ilmu Filsafat?

Untuk bisa memahami Ilmu Filsafat, setidaknya kamu harus bisa menganalisis sebuah permasalahan. Dimana hal tersebut tentunya akan membuat, tingkat berpikir seseorang menjadi semakin kritis dan kreatif. Karena, Ilmu Filsafat sangat berkaitan dengan kehidupan manusia, mulai dari kehidupan sosialnya, keagamaannya, kepercayaannya, kebudayaannya dan lain sebagainya.

Nah, karena Ilmu Filsafat mempelajari hal yang bisa dibilang cukup general, sehingga ilmu ini bisa diaplikasikan atau dikaitkan dengan berbagai jenis pekerjaan seperti deretan pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat, yang akan dibahas di bawah ini.

Hal apa saja yang membuat Ilmu Filsafat bisa diaplikasikan ke banyak jenis pekerjaan?

Jurusan Ilmu Filsafat mempelajari teori-teori filsuf, dimana para mahasiswa lulusan Jurusan Ilmu Filsafat, tentunya akan mendapatkan keahlian yang sangat bermanfaat di dunia kerja nantinya. Bahkan, untuk pekerjaan yang tidak berkaitan langsung dengan ilmu filsafat itu sendiri, seperti:

  • Memiliki kemampuan analitis

Tidak hanya sekadar menyelesaikan masalah, para lulusan Jurusan Ilmu Filsafat sebaiknya mampu untuk memiliki kemampuan analitis yang baik, dan dilengkapi dengan konsep-konsep yang fresh, abstrak yang terstruktur, hingga cara penyelesaian yang unik.

  • Bisa mengasah pemikiran yang kreatif

Ketika kamu berkuliah di Jurusan Ilmu Filsafat, tentunya kamu harus memiliki pemikiran yang imajinatif. Karena, untuk bisa memahami ilmu ini kamu harus mampu menganalisa teori-teori dengan baik, bahkan kamu juga harus mampu berargumentasi dari berbagai sudut pandang. Nah, hal inilah yang akan membuatmu terbiasa untuk selalu berpikir kreatif diberbagai hal, termasuk ketika kamu sudah berada di dunia kerja, yakni di beragam pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat nantinya.

  • Kemampuan menulis yang baik

Selain menganalisa dan berpikir kreatif, kamu juga dituntut untuk bisa menggambarkannya ke dalam sebuah tulisan. Karena, dengan menulis, kamu bisa menyampaikan informasi dengan baik. Menulis juga akan membuatmu memahami dan mengartikan sebuah tulisan dengan baik pula.

Kemampuan menulis yang baik, juga akan bermanfaat bagi prospek kerjamu nanti. Tidak hanya dalam lingkup pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat, kamu juga bisa mendapatkan banyak peluang kerja lainnya, dari berbagai bidang.

  • Problem solving

Ketika ada kasus atau isu yang terjadi di kehidupan manusia, maka ilmu filsafat bisa digunakan sebagai patokan untuk menganalisa. Dari sinilah kemampuan menganalisa, pemikiran yang kreatif, kritis, bisa diterapkan untuk menyelesaikan sebuah masalah (problem solveing), dengan cara yang lebih sistematis.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Ilmu Kriminologi Terlengkap di Berbagai Lembaga)

Deretan Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Filsafat di Indonesia

Ada banyak universitas di Indonesia, yang memiliki Jurusan Ilmu Filsafat. Kamu bisa mempelajari ilmu tersebut di beberapa kampus terbaik, bahkan bisa menghasilkan lulusan yang berhasil menjadi, bagian dari profesi-profesi pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat, paling diminati serta bergaji tinggi.

Setidaknya ada 5 kampus dengan Jurusan Ilmu Filsafat terbaik di Indonesia, seperti:

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gadjah Mada
  • Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta
  • UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Deretan kampus tersebut, tentunya memiliki fakta yang membuat kampus ini menjadi kampus terbaik untuk Jurusan Ilmu Filsafat, terutama dalam hal testimonial perusahaan.

Hal tersebut bisa dilihat dari kesiapan kerja alumni Jurusan Ilmu Filsafat, kepuasan perusahaan, akreditasi Jurusan Ilmu Filsafat, branding, tingkat menuju kerja, dan lain-lain. Bagaimana, apa kamu sudah dibuat penasaran dengan apa saja pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat yang memiliki prospek kerja tinggi? Yuk simak deretannya di bawah ini:

5 Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat
1. Guru / Dosen

Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat yang pertama adalah menjadi seorang guru atau dosen ilmu filsafat. Namun, untuk kamu yang bercita-cita menjadi seorang guru atau dosen, setidaknya kamu harus memiliki gelar pendidikan yang tinggi, minimal S2.

Sehingga, kamu tak perlu takut akan sulitnya mendapat pekerjaan di jurusan ini, kamu hanya membutuhkan keahlian mengajar. Karena untuk menjadi seorang dosen, kamu juga harus memiliki kepandaian dalam menyampaikan sesuatu ke orang lain, terlebih ilmu filsafat adalah ilmu yang sulit untuk dipahami.

Selain itu, tidak harus universitas, kamu juga bisa mengajar di sebuah Sekolah Tinggi Filsafat lho. Untuk urusan penghasilan, masing-masing sesuai dengan kampus tempatmu bekerja. Yang pasti, gaji seorang dosen tentunya lebih dari cukup dan biasanya di atas UMR, belum termasuk tunjangan.

2. Pejabat Pemerintahan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat yang memiliki prospek kerja tinggi berikutnya adalah sebagai pejabat di pemerintahan. Pasalnya, jika kamu memahami ilmu-ilmu filsafat, setidaknya kamu terbiasa menganalisis sebuah permasalahan dengan baik. Sehingga, mahasiswa lulusan ilmu filsafat memiliki banyak prospek dalam pekerjaan yang dikerjaan para pejabat pemerintahan.

Pasalnya, pejabat pemerintaahan akan bekerja dengan melibatkan pemahaman anggota masyarakat, anggota dewan, administrator, dan lain-lain. Dimana semua pelayanan dari dewan dapat dipastikan sampai, secara efektif kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, prospek jabatan pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat di pemerintahan juga beragam dan luas di berbagai bidang. Misalnya seperti bidang perumahan, keuangan, sumber daya manusia, pendidikan, perencanaan, transportasu, pariwisata, teknologi informasi, kesehatan, olahraga, dan masih banyak lagi.

3. Pengamat Politik

Peluang pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat lainnya adalah sebagai pengamat politik. Pasalnya, ketika kamu mempelajari ilmu filsafat, kamu juga akan mempelajari ilmu hukum dasar. Bahkan, menurut Shatkin, pekerjaan ini memiliki tingkat kesetresan yang rendah, yakni 60,8%.

Mahasiswa lulusan Jurusan Ilmu Filsafat yang bekerja menjadi pengamat politik, memiliki rincian pekerjaan yakni melakukan beberapa studi terkait latar belakang, perkembangan, dan operasional sistem politik di suatu negara.

(Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan, Impian Para Pecinta Buku)

4. Jurnalis / Wartawan

Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat selanjutnya yang cocok bagi mahasiswa lulusan filsafat adalah menjadi jurnalis atau wartawan. Dimana jurnalis atau wartawan memiliki deskripsi pekerjaan yakni melakukan penelitian, menganalisa berita atau informasi internasional, nasiona, regional, dan lokal, ke dalam sebuah tulisan.

Sehingga, lulusan filsafat tentunya telah memiliki keahlian dalam menafsirkan dan mengalisis sebuah informasi dari berbagai sumber yang berbeda-beda, menjadi sebuah tulisan berita yang berkualitas untuk dibaca. Bahkan, jika kemampuan menulismu bagus, maka kamu bisa menjadi jurnalis spesialis, kamu bisa menulis dari berbagi topik secara mendalam.

5. Paralegal

Perkerjaan Jurusan Ilmu Filsafat berikut ini, ternyata masuk ke dalam daftar pekerjaan yang memiliki peluang tinggi. Pasalnya, Jurusan Ilmu Filsafat juga mempelajari mata kuliah tentang hukum. Sehingga, mata kuliah ini bisa dijadikan bekal untuk meniti karir di bidang hukum, seperti pekerjaan sebagai paralegal.

Bagi kamu yang belum tahu, pekerjaan paralegal merupakan seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan hukum, namun bukan seorang pengacara. Akan tetapi para legal juga akan bekerja di bawah bimbingan ahli hukum lainnya.

Jangan sia-siakan waktumu untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, demi bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu. Ajukan pinjaman dana pendidikan segera di situs Cekaja.com, dan gapai ilmu setinggi-tingginya.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk