Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Sipil Bergaji Tinggi

by Vera Khairifah on 11 November, 2019

Pekerjaan Jurusan Teknik Sipil semakin dibutuhkan di era pembangunan yang terus maju ini. Buat kamu calon lulusan atau bahkan calon mahasiswa jurusan ini, enggak usah khawatir. Sebab kamu bisa memilih prospek pekerjaan Jurusan Teknik Sipil berikut ini di masa depan. Gajinya cukup tinggi, bahkan untuk lulusan baru atau fresh graduate.

7 Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Sipil Bergaji Tinggi

Teknik Sipil Berbeda Dengan Arsitektur

Sebelumnya, kamu harus mengetahui dulu perbedaan Ilmu Teknik Sipil dengan Ilmu Arsitektur. Walau keduanya sama-sama mempelajari pembangunan gedung dan konstruksi lainnya, namun terdapat perbedaan.

Yakni, Jurusan Teknik Sipil lebih mempelajari cara membuat struktur bangunan yang kokoh, ekonomis, serta sesuai dengan medan dan lahan yang ada. Sedangkan Jurusan Arsitektur berfokus pada desain bangunan (eksterior) yang menarik.

Secara sederhana, seorang Arsitek akan membuat desain bangunan yang kemudian akan direalisasikan pembangunannya oleh seorang Teknisi Sipil.

Hal yang Dipelajari di Jurusan Teknik Sipil

Jurusan ini mempelajari perhitungan matematik yang detil dan sistematis, sebab pelajaran ini sangat penting dalam bidang konstruksi.

Seperti Matematika, Fisika, Kimia Dasar, Irigrasi dan Perairan, Desain, Struktur Beton, Teknik Pondasi, hingga mempelajari Teknologi dan Informasi (IT), dan masih banyak lagi lainnya.

Ada banyak hal yang mempengaruhi pembangunan gedung dan infrastruktur. Misalnya saja unsur cuaca, iklim, struktur tanah, gempa bumi, dan kemungkinan dampak bencana alam lainnya.

Untuk menekuni Jurusan Teknik Sipil, dibutuhkan minat yang besar dalam bidang desain dan konstruksi. Serta sikap cermat dan teliti pada hal-hal yang sifatnya detil. Berikut prospek kerja lulusan jurusan Teknik Sipil:

1. Teknisi Sipil

Teknisi Sipil

Seorang Teknisi Sipil menerapkan ilmu dalam merencanakan, merancang, dan mengawasi konstruksi, serta struktur dan fasilitas di bawah arah staf teknik. Mereka membantu Insinyur Sipil menggarap proyek konstruksi. Gaji seorang Teknisi Sipil adalah sekitar Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.

2. Insinyur Sipil

Insinyur sipil

Salah satu pekerjaan Jurusan Teknik Sipil ini bertanggung jawab terhadap desain, manajemen, mensupervisi proyek konstruksi yang dikerjakan Bersama Teknisi Sipil dan pekerja lainnya.

Misalnya proyek jalan, rel kereta api, bandara, jembatan, pelabuhan, saluran, bendungan, proyek irigasi, dan masih banyak lagi.

Insinyur Sipil menentukan keputusan-keputusan penting, memprediksi kemungkinan masalah dan tantangan yang timbul di sebuah proyek. Serta mencari solusi atas masalah tersebut. Gajinya berkisar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

3. Insinyur Sumber Daya Perairan

Insinyur Sumber Daya PerairanPada dasarnya, pekerjaan ini serupa dengan tugas Insinyur Sipil. Namun lebih berfokus pada pembangunan yang mengoptimalkan sumber daya perairan, dan menjauhkannya dari pembangunan yang salah dan berdampak pada pencemaran.

Air sangat penting dalam kehidupan. Saat ini proyek pembangunan mengutamakan sistem saluran dan kualitas air baik. Sehingga Insinyur dilibatkan dalam proyek ini. Gaji pekerjaan Jurusan Teknik Sipil ini Rp 4 juta sampai Rp 7 juta.

4. Konsultan Konstruksi

Konsultan konstruksi

Ada pula pekerjaan Jurusan Teknik Sipil yang memberi saran dalam proyek pembangunan. Mulai dari memberikan saran akan ide desain, hingga teknik pembangunan.

Proyek-proyek yang biasanya dilakukan adalah proyek jalan tol, jembatan, sistem pembuangan, saluran pipa, sistem control air, dan lain sebagainya. Gajinya sekitar Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Beserta Gajinya)
5. Pegawai Pemerintahan dan BUMN

Pegawai Pemerintahan dan BUMNLulusan Jurusan Teknik Sipil juga bisa menjadi pegawai di kantor Pemerintahan. Kamu bisa bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah maupun Nasional, PMU-Bina Marga, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dinas Tata Kota dan Pertamanan.

Juga, ada pekerjaan di bidang teknik di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Seperti Cipta Karya, Waskita Karya, Hutama Karya, PLN, dan Telkom Indonesia.

Salah satu bagian yang bisa kamu tempatkan adalah menjadi Pengawas dan Penyelidik Properti dan Infrastruktur Pemerintah.

Tugasnya memeriksa properti pemerintah untuk memastikan kepatuhan dengan perjanjian kontrak dan peraturan pemerintah yang ada. Dengan gaji mulai dari Rp 4 juta, belum termasuk tunjangan lain.

6. Pengawas Konstruksi dan Bangunan

Pengawas Konstruksi dan Bangunan

Ilmu Teknik Sipil dalam pekerjaan ini diimplementasikan dalam penetuan kualitas struktur, juga menyesuaikan dengan regulasi-regulasi yang berlaku.

Mereka memeriksa secara bangunan menyeluruh, mulai dari pengecekan fisik, pengecekan sistem kelistrikan dan saluran air. Gajinya sekitar Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.

7. Analis Kontrol Kualitas

Analis Kontrol Kualitas

Pekerjaan Jurusan Teknik Sipil ini bertugas penguji dan menentukan kualitas bahan baku atau suatu produk tertentu. Dalam bidang Teknik Sipil, Analis dibutuhkan dalam mengecek kualitas komponen alat bangunan.

Hal ini penting agar produsen memproduksi produk terbaik dan siap pakai sesuai dengan standar yang ada, terutama standar yang menyangkut keamanan pembangunan. Gaji untuk pekerjaan ini adalah Rp4 juta hingga Rp5 juta.

Cek dan ajukan berbagai produk pinjaman tunai dengan cicilan ringan hanya di CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast