Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Quote Inspirasional dari Entrepreneur Wanita Berpengaruh di Dunia

by Ariesta on 21 April, 2016

Meski deretan orang terkaya di dunia masih didominasi kaum adam, bukan berarti wanita sulit menjadi pebisnis ulung. Di satu sisi wanita justru lebih hebat karena harus membangun bisnis dan mengurus keluarga.

Beberapa wanita telah membuktikan bahwa bisnis dan keluarga bisa berjalan seimbang. Tak sekedar untuk menambah penghasilan keluarga, bisnis yang mereka jalankan membawa mereka ke deretan orang terkaya di dunia. Dalam rangka menyambut hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, simak kutipan yang menjadi inspirasi banyak wanita berikut.

“Jangan terintimidasi dengan hal-hal yang kamu takutkan. Siapa tahu hal tersebut malah bisa menjadi kekuatan terhebat dan pastikan kalau kamu melakukan sesuatu yang berbeda dari orang lain.”

– Sara Blakely, pendiri Spanx

Sara Blakely

Sara Blakely merupakan salah satu wanita Amerika terkaya yang pada usianya ke-44 memiliki kekayaan US$ 1 miliar. Mulanya Sara Blakely hanyalah karyawan mesin fax door to door dengan tabungan US$5.000 di rekening.

Dalam aktivitas sehari-hari, dia selalu memakai stoking namun selalu merasa kesulitan menemukan stoking yang pas dan nyaman. Ia kemudian melakukan riset hingga lahirlah merk Spanx. Blakely menyadari jika industri stoking sebelumnya hanya menggunakan satu ukuran karet pinggang untuk memangkas biaya produksi. Ia kemudian membuat produknya dalam beragam variasi ukuran agar semua wanita bisa mengenakan ciptaannya.

“Jika kamu bisa mau belajar menangani situasi tidak nyaman, percayalah hidupmu akan menjadi lebih baik.”

– Mellody Hobson, presiden Ariel Investments

20150623144231-10-inspirational-quotes-women-business-leaders-4

Sebagai pemimpin keturunan Afrika-Amerika di bidang finansial, Mellody Hobson, presiden dari Ariel Investments dan direksi Disney Animation mendukung para wanita melawan diskriminasi. Dia sangat vokal terhadap perbedaan dengan berkata, “Bertemanlah dengan orang yang sama sekali berbeda atau jalan berpikirnya tidak sama denganmu.”

(Baca juga: Wanita Single Miliki Potensi Lebih Sukses Bila Jadi Entrepreneur)

“Perbedaan antara orang sukses dan orang yang tidak sukses adalah pada berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk merasa bersalah pada diri sendiri.”

– Barbara Corcoran, tokoh ternama di bidang real estate dan investor ‘Shark Tank’

Barbara

Barbara Corcoran yang selalu mendapat nilai buruk sejak SMA sampai kuliah nekat mendirikan firma New York City’s premiere real-estate, The Corcoran Group, pada tahun 1973 dengan modal hanya US$1.000. Kelihannya dalam berbisnis berhasil menyulap firma tersebut menjadi kerajaan bisnis senilai US$60 juta.

“Hidup tidak selalu tentang bekerja untuk mendapatkan uang. Karena ketika kamu mengerjakan apa yang menjadi passionmu dengan sepenuh hati, uang akan datang dengan sendirinya.”

– Eileen Fisher, desainer

EILLEN

Eilee Fisher merupakan perancang yang menciptakan baju ramah lingkungan pada dan telah memiliki 1.100 karyawan yang tersebar di 60 toko di seluruh Amerika. Dia mendeskripsikan bisnisnya sebagai obsesi karena kecintannya pada dunia fesyen.

“Jika kamu sukses, di manapun, kapanpun, siapapun akan membantumu memberikan ide untuk mengambil keputusan tepat. Jangan lupa untuk mengembalikan kebaikan mereka.”

– Melinda Gates, pendiri Bill & Melinda Gates Foundation

MELINDA

Melinda Gates yang juga dikenal sebagai istri dari orang terkaya di dunia, Bill Gates adalah sosok yang cerdas dan mandiri bahkan sebelum dia menikah. Sebelum dinikahi bosnya sendiri, Melinda adalah manajer bagian produk informasi di Microsoft. Sejak keluar dari pekerjannya tahun 1996, dai menjadi tokoh penting dari Gates Foundation yang memiliki misi di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Orangtua saya menanamkan dalam diri sejak kecil bahwa nilai sempurna adalah selalu sesuatu yang wajib diperjuangkan. Saya ingin menang dan saya ingin sukses tidak peduli apapun yang terjadi.”

– Andrea Jung, mantan CEO AVON dan presiden Grameen America

Andrea

Mantan CEO AVON yang mengundurkan diri dari jabatannya pada 2012 menyusul buruknya kondisi finansial perusahaan  kini berkarier di Grameen America, sebuah organisasi keuangan mikro yang diciptakan oleh Muhammad Yunus,  pemenang Nobel Perdamaian. Organisasi tersebut bergerak di bidang nirlaba pinjaman mikro untuk masyarakat kurang mampu di Amerika.

(Baca juga: 5 Alasan Wanita Harus Lebih Matang Siapkan Rencana Pensiun)

“Kita harus menerima jika kita tidak selalu membuat keputusan yang tepat. Memahami tentang kegagalan bukanlah lawan dari kesuksesan, melainkan bagian daripada kesuksesan itu sendiri.”

– Arianna Huffington, pendiri dan editor-in-chief Huffington Post

arianna

AriannaHuffington terkenal sebagai motivator, komentator, politikus, sekaligus penulis. Dia dinobatkan wanita paling berpengaruh di bidang media oleh Forbes pada 2012. Tak hanya itu, dia juga menyabet gelar sebagai wanita nomor 52 paling berpengaruh di dunia versi The Guardian pada 2014.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami