Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

7 Sayuran yang Harus Dihindari Penderita Maag Saat Berbuka Puasa

by Rafly Aditia on 20 Juni, 2017

sayur untuk penderita maag _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Penyakit maag tidak boleh dianggap remeh. Ketika kambuh, penyakit satu ini kerap menyulitkan seseorang untuk beraktivitas dengan normal.

Oleh karenanya, penderita maag perlu menjaga pola makannya dengan baik agar terhindar dari penyakit kritis seperti kanker lambung. Banyak makanan yang pantang dikonsumsi penderita maag termasuk beberapa jenis sayuran tertentu. Bagi penderita maag yang sedang berpuasa, 7 jenis sayuran ini sebaiknya dihindari saat santap berbuka puasa? Simak langsung ulasannya:

Nangka

Untuk para penderita penyakit maag, sebaiknya menghindari konsumsi nangka sayur di bulan puasa. Alasannya, nangka merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki banyak serat dan mengandung kadar gas yang sangat tinggi.

Tentunya hal ini akan meningkatkan risiko kadar asam lambung meningkat bagi penderita maag. Apalagi saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Nah, jika sudah mulai sembut, makanan satu ini bisa disantap dengan porsi sedikit.

Daun Lembayung

Walau sebenarnya daun lembayung memiliki kandungan vit A yang tinggi,  daunnya sangat kasar, dan batang daunnya tidak bisa lunak sehingga tidak boleh dikonsumsi penderita maag. Kalau penderita maag mengonsumsinya bisa-bisa mengalami sakit perut hingga berhari-hari.

Sawi putih

Dengan kadar gas yang tinggi, sawi putih masuk dalam daftar sayuran yang harus dihindari oleh para penderita maag. Setiap para penderita maag pasti selalu dianjurkan untuk menghindari sayuran satu ini oleh dokter.

Acar

Makanan selanjutnya yang perlu dihindari penderita maag adalah sayuran yang telah diolah menjadi acar. Kandungan asam cuka yang terdapat pada acar menjadi penyebab utamanya. Sebab, cuka tersebut dapat mengakibatkan nyeri pada lambung. Bila ingin menjalani gaya hidup sehat, penderita maag bisa pilih olahan sayur yang lainnya.

Daun Kangkung

Biasanya daun kangkung dimasak tumis atau dijadikan sayur bobor. Lezat memang, namun tidak baik untuk penderita maag karena bisa menyebabkan kejang usus atau perut melilit dalam kurun waktu yang lama. Cari jenis makanan lain yang lebih sehat disantap saat bulan ramadhan.

Kacang Panjang

Mengingat teksturnya yang sangat kasar,  sebaiknya penderita maag menghindari kacang panjang.  Mengonsumsi kacang panjang bisa berakibat buruk bagi penderita maag, seperti mengakibatkan perut terasa begah dan penuh gas sepanjang hari.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang memiliki banyak manfaat, namun sayangnya mengonsumsi brokoli kurang baik untuk orang dengan penyakit maag. Ampas dari brokoli jika dikonsumsi bisa meningkatkan kadar gas pada lambung secara mendadak.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami