Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Sungai Terbersih di Dunia, Mana yang Jadi Favorit Wisatawan?

by Ayunindya Annistri on 18 Desember, 2019

Sungai tak ubahnya menjadi salah satu siklus hidrologi yang pasti dimiliki oleh tiap negara. Oleh sebab itu, sudah selayaknya kita menjaga kemurnian air sungai. Mengingat bahwa fungsi sungai sendiri sebagai sarana transportasi atau bahkan untuk menunjang kehidupan manusia sehari-hari. Beberapa sungai terbersih di dunia ini bakal membuat kamu takjub akan keindahannya. Yuk, simak!

Menyandang predikat sebagai sungai terbersih di dunia jelas menjadi kebanggaan tersendiri bagi suatu negara. Pasalnya selain dikenal pandai dalam melestarikan lingkungan, memiliki sungai terbersih di dunia bakal menambah pendapatan negara, karena ramai dikunjungi oleh wisatawan asing.

Di Indonesia sendiri isu pencemaran lingkungan khususnya pada sungai ini tak kunjung terselesaikan. Betapa tidak?

Kurangnya kesadaran masyarakat akan lingkungan sekitar menjadi faktor utama yang kadang menyulitkan pemerintah untuk menjalankan program kebersihan lingkungan.

Sebut saja Sungai Citarum di Jawa Barat yang sempat menyandang predikat sebagai sungai paling tercemar di dunia.

Padahal kalau dipikir, sungai yang kotor tentu menjadi sarang penyakit bagi masyarakat yang tinggal disekitar kawasan sungai tersebut.

Maka dari itu, masyarakat Indonesia perlu belajar dari beberapa negara yang dikenal memiliki sungai terbersih di dunia yang mana akan kita bahas kali ini.

7 Sungai Terbersih di Dunia
1. Sungai Thames, Inggris

Berada di lokasi populer yaitu London, Sungai Thames masuk sebagai salah satu sungai terbersih di dunia berkat kerja sama yang ciamik antara pemerintah setempat dan masyarakat.

Mengingat fakta bahwa konon sungai ini dijuluki sebagai “The Great Stink” karena mengandung zat beracun yang dapat membunuh makhluk hidup.

Namun lambat laun sungai yang membentang sepanjang 346 km ini menjadi sungai terbersih di dunia dan menjadi tempat bernaung bagi 125 spesies ikan serta 400 spesies invertebrata.

Bahkan di tahun 1960, pemerintah setempat mengeluarkan undang-undang agar seluruh pabrik yang berada dekat dengan Sungai Thames menghentikan aktivitas membuang limbah ke sungai.

Hasilnya, sebagian dari limbah bekas olahan industri kini dijual kembali dalam bentuk pupuk untuk aktivitas pertanian.

(Baca juga: Fakta dan Sejarah Menara Saidah, Gedung Mewah Beraura Mistis)
2. Sungai Gros Ventre, Amerika Serikat

Keindahan Sungai Gros Ventre sudah tidak perlu diragukan lagi. Sungai ini membentang luas dengan panjang mencapai 120 km dan memiliki beberapa bagian yang dikenal memiliki panorama alam menakjubkan.

Jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencoba aktivitas memancing di bagian hilir Kelly.

Selain pemadangan alamnya yang indah, sungai ini juga masih sangat terjaga ekosistemnya.

Oleh karena inilah, Sungai Gros Ventre dijuluki sebagai sungai terbersih di dunia yang tak jarang menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan asing yang gemar memancing.

3. Sungai Hudson, Amerika Serikat

Masih dari negara Amerika Serikat, ada pula Sungai Hudson yang juga menyandang gelar sebagai sungai terbersih di dunia.

Jernihnya air sungai ditambah pemandangan alam yang indah menjadi magnet tersendiri dan terlebih bila dilihat dari Bear Mountain Bridge.

Asal tahu saja, penamaan Hudson pada sungai terbersih di dunia ini bukan tanpa alasan.

Sungai ini dulunya menjadi saksi berlayar orang Inggris, Henry Hudson di tahun 1609. Dengan panjang sekitar 507 kilometer, Sungai Hudson mengalir deras hingga membentuk batas politik antara New Jersey dan New York.

Di sungai ini juga terdapat kisah heroik, dimana Chesley Burnett Sullenberger selaku pilot pesawat terbang US Airways dengan nomor penerbangan 1549 pernah melakukan pendaratan darurat di atas Sungai Hudson pada 15 Januari 2009 silam.

Sully sapaan akrabnya, terpaksa melakukan pendaratan darurat dengan membawa 150 penumpang dan 4 awak kabin setelah dua mesin utama pesawat mati akibat menabrak sekelompok burung.

4. Sungai Tara, Eropa Selatan

Sungai Tara terkenal akan kejernihan airnya. Sungai ini membentang luas hingga ke beberapa negara, meliputi Montenegro, Bosnia dan Herzegovina.

Dengan panjang sekitar 144 kilometer, sungai terbersih di dunia ini merupakan hasil dari pertemuan dua sungai yakni Sungai Verusa di Pegunungan Prokletijie dan Sungai Opasnica.

Mengingat keberadaan Sungai Tara yang terbagi di dua negara sekaligus, sungai tersebut membentuk perbatasan yang mana 110 kilometer nya berada di Montenegro dan 34 kilomter sisanya ada di Bosnia dan Herzegovia.

5. Sungai Hanalei, Hawaii

Hawaii dengan potret keindahan alamnya memang selalu mampu memikat hati para wisatawan yang datang berkunjung.

Salah satu ikon di Kepulauan Hawaii dan juga menyandang predikat sebagai sungai terbersih di dunia adalah Sungai Hanalei.

Sungai tersebut memiliki daya pikat tersendiri yang dianggap pula sebagai situs bergengsi milik Hawaii.

Dipenuhi pemandangan serba hijau sekaligus menjadi rumah bagi jutaan hewan, Sungai Hanalei dikenal sebagai sungai yang masih terjaga ekosistemnya meski aliran sungainya cukup kecil.

6. Sungai Soca, Slovenia

Airnya yang berwarna kehijauan dengan aliran sepanjang 138 kilometer, Sungai Soca menyimpan berjuta keindahan yang membuatnya tampak berbeda dari sungai pada umumnya.

Sehingga tak heran bila sungai ini dikenal sebagai sungai paling indah di dunia. Bahkan saking indahnya, banyak seniman yang mencurahkan ketakjubannya akan Sungai Soca lewat karya sastra, salah satunya adalah Simon Gregorcics dan Giuseppe Ungaretti.

Selain dianggap paling indah, Sungai Soca juga menyandang predikat sungai terbersih di dunia karena airnya yang masih terlihat sangat jernih tanpa adanya sampah sedikitpun.

Bahkan saking bersihnya, banyak wisatawan dan seniman yang mengabadikan momen indah mereka di sungai tersebut dalam bentuk foto.

(Baca juga: Sungai Terkotor di Dunia, Indonesia Masuk Tidak ya?)
7. Sungai Futaleufu, Argentina

Sungai terbersih di dunia berikutnya yang memiliki panorama tak kalah indah dari Sungai Soca adalah Sungai Futaleufu yang berada di Argentina.

Sungai ini terbentuk dari lelehan salju dan mengalir deras hingga ke Pegunungan Andes.

Uniknya lagi, air Sungai Futaleufu berwarna biru kehijauan dan terpecah menjadi tiga anak sungai, meliputi Rio Espolon, Rio Azul, dan Rio Claro.

Arusnya yang deras, membuat sungai terbersih di dunia ini banyak didatangi oleh wisatawan untuk sekedar menyalurkan hobinya di bidang olahraga rafting dan arung jeram.

Sementara untuk wisatawan yang tidak begitu tertarik akan bidang olahraga tersebut, masih bisa menikmati keindahan Sungai Futaleufu dari bilik bungalow yang tersedia disana.

Nah, kira-kira manakah yang jadi favoritmu diantara salah satu sungai terbersih di dunia tersebut?

Jika mendapat kesempatan untuk berkunjung kesana, jangan lupa untuk selalu membawa kartu kredit BRI World Acces agar liburanmu tetap terasa aman dan nyaman.

Apalagi kartu kredit tersebut memiliki berbagai keuntungan yang cukup menggiurkan, salah satunya adalah free ex lounge di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang melalui CekAja.com!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau