Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Tanda Kamu Selingkuh Secara Finansial dari Pasangan

by Rafly Aditia on 16 Juli, 2016

bahaya sosial media - CekAja.com

Bagi kamu yang sudah menikah, transparan dalam hal keuangan dengan pasangan adalah sebuah kewajiban. Namun, nyatanya tidak semua pasangan berhasil melakukan hal tersebut. Mungkin saja, kamu masih suka ‘Selingkuh’ secara finansial terhadap pasangan.

Coba kamu tilik lagi kebiasaanmu, dan perhatikan beberapa poin berikut ini. Inilah 7 tanda kamu selingkuh secara finansial dari pasangan:

Menutupi masalah keuangan dari si dia

Kalau kamu masih menutupi masalah keuangan dari si dia, maka sama saja kamu berselingkuh darinya secara finansial. Untuk itu, mulai dari sekarang cobalah terbuka seputar masalah keuanganmu.

Misalnya, mulai dari gaji yang terlambat turun sampai tagihan kartu kredit yang membengkak sebaiknya dibuat transparan. (Baca juga: Panduan Singkat untuk Kamu yang Berencana Membeli Rumah Pertama)

Menyembunyikan kebiasaan buruk mengatur keuangan

Apabila sampai sekarang kamu masih suka menyembunyikan kebiasaan buruk, seperti selalu menggunakan kartu kredit setiap belanja atau menyimpan uang kembalian untuk diri sendiri, Maka, kamu termasuk kategori orang yang mencurangi pasangan dalam urusan finansial.

Diam-diam simpan uang saku tanpa sepengetahuannya

Sebenarnya, masih banyak orang yang melakukan hal ini. Ketika kamu masih secara diam-diam menyimpan uang saku tanpa sepengetahuan pasangan, dapat dibilang kamu mencuranginya loh. Karena, sebagai sepasang suami istri sudah jadi keharusan untuk mengetahui segala hal satu sama lain termasuk urusan keuangan.

Berbohong tentang pengeluaran

Masih suka berbohong tentang berapa banyak pengeluaranmu saat belanja? Alasannya apa? Takut dimarahi olehnya kalau kamu boros? Duh, jangan pernah melakukan hal itu lagi mulai dari sekarang. Bicaralah yang jujur padanya, siapa tahu dia justru bisa menghilangkan sifat borosmu itu.

Tidak memberi tahu kalau kamu belanja ini itu

Biasanya hal ini dilakukan oleh para pria. Merasa bahwa istri terkadang terlalu ikut campur tangan, tidak sedikit para suami menutupi aktivitas belanjanya. Misalnya, membeli jam tangan mahal, atau perlengkapan lain yang mungkin luput dari perhatian sang istri. Padahal sebenarnya hal ini tidak baik bagi keberlanjutan hubungan kamu berdua.

Punya rekening khusus

Beberapa pasangan memang terkadang memilih untuk memisahkan rekening mereka. Tetapi kalau kamu sudah menikah, lebih bijak agar menggabungkan rekening. Kalau masing-masing di antara kalian masih punya rekening tanpa sepengetahuan pasangan, sama saja kamu mencuranginya.  (Baca juga: Mau Menikah? Simak 16 Cara Membuat Biaya Pernikahan Makin Murah)

Bertindak defensif saat diskusi tentang keuangan

Biasanya hal yang satu ini dilakukan oleh kamu yang melakukan kecurangan finansial terhadap pasangan. Ketika dia mengajak kamu berdiskusi seputar finansial, demi menutupi kebohongan yang kamu lakukan maka tindakan defensif dilakukan. Sudahlah, jangan lakukan hal itu lagi mulai hari ini.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami