Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Tempat di Indonesia Ini Miliki Nuansa Perayaan Paskah yang Berbeda

by Rafly Aditia on 14 April, 2017

wisata paskah_asuransi perjalanan - CekAja.com

Paskah merupakan salah satu hari raya umat Nasrani dalam rangka memperingati kebangkitan Yesus Kristus. Biasanya Paskah identik dengan Telur dan kelinci Paskah.

Untuk kamu yang mau menikmati hari Paskah dengan nuansa yang berbeda, ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di wilayah Nusantara. Apa saja? Berikut 7 destinasi wisata paskah populer di Indonesia:

Widget TRV Insurance

Larantuka, Flores Timur

Untuk kamu yang mau merayakan hari paskah dengan nuansa berbeda, cobalah datang ke Larantuka, Flores Timur. Disana kamu bisa menyaksikan prosesi Semana Santa yang telah bertahan lebih dari 500 tahun di Flores Timur, NTT.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam Larantuka yang terkenal dengan pemandangan gunung serta lautnya saat paskah nanti.

Kalimutu, Ende

kelimutu

Ketika liburan Paskah nanti, kamu bisa mengunjungi Danau kalimutu di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Danau ini ramai dikunjungi wisatawan, bukan hanya wisatawan lokal saja tetapi juga wisatawan mancanegara.

Biasanya, danau Kalimutu menjadi tempat persinggahan ritual paskah khas Flores, Semana Santa di Larantuka.

Bukit Doa Pinaling, Tumpaan

Bukit Doa Pinaling

Untu kamu yang tinggal di Manado, Sulawesi Utara tentu tidak asing lagi dengan Bukit Doa Pinaling. Yup, tempat satu ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin menikmati Prosesi paskah dengan sensasi berbeda.

Ibadah yang dijalankan akan lebih tenang dan khidmat, belum lagi kamu akan disuguhkan keindahan alam, bangunan, dan taman di tengah hutan yang akan membantumu dalam mengenang perjalanan hidup Yesus Kristus.

Goa Maria Lourdes, Pohsarang

Gua-Maria-Lourdes

Goa yang satu ini juga ramai dikunjungi dan telah diresmikan sebagai wisata rohani. Kamu bisa menikmati gua dengan patung Bunda Maria Lourdes sekaligus menikmati ibadah paskah di Gereja Pohsarang. Gua satu ini terletak di Gunung Wilis yang berada pada 10 km di sebelah barat dari kota Kediri.

Kalimantan Tengah

Di Kalimantan Tengah, kamu bisa mengikuti tradisi paskah bernama Memento Mori. Tradisi ini merupakan sebuah ritual yang dilakukan pada malam paskah dimana para peziarah  akan berkumpul di makam hingga waktu Subuh.

Setelah itu, ritual dilanjutkan dengan kebaktian di tenda-tenda yang telah disediakan. Sebenarnya, Memento Mori memiliki makna filosofis yang cukup dalam yaitu “Ingatlah akan Kematian”.

Glodogan, Bawean

Destinasi lain yang tepat bagi kamu untuk merayakan Paskah adalah Glodogan, yang terletak di kecamatan Bawean, Semarang. Disana Paskah dilakukan dengan cara menggelar sebuah karnaval dimana tradisi tersebut tidak hanya dinikmati oleh umat Katolik saja tetapi juga umat lainnya yang beragama non-Katolik.

Dalam karnaval ini, kamu akan disuguhkan makanan khas hingga kesenian asli daerah yang membawa kegembiraan.

Kote, NTT

Di Kote, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, kamu bisa mengikuti tradisi Kure yang berarti berdoa sambil mengunjungi keluarga satu sama lain. Sebenarnya, Tradisi ini hampir mirip dengan Semana Santa karena sama-sama diawali dengan membersihkan patung Yesus dan Maria yang dibawa oleh bangsa Portugis.

Setelah itu, warga bersama-sama memberikan persembahan buah-buahan, pinang, sirih, sayuran, bahkan uang. Ritual ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami