Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

7 Tips Agar Kamu Cepat Kaya

by Rafly Aditia on 16 November, 2015

Setiap orang pasti ingin memiliki banyak uang agar kehidupan dapat terjamin. Banyak orang yang berpikiran bahwa sukses secara finansial merupakan sebuah keberuntungan. Padahal ada beberapa hal yang dapat dilakukan setiap orang untuk menjadi kaya raya.

Kecuali menang lotre atau mendapat warisan mendadak, kemungkinan jalan untuk menjadi kaya selalu membutuhkan usaha dan kerja keras. Tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa dilakukan dan diwujudkan. Mulailah dari merubah mentalitasmu untuk mempelajari beberapa hal baru. Ditambah, lakukan 7 tips berikut yang dapat membuatmu menjadi kaya raya dengan cepat;

Selalu berpikir untuk miliki pendapatan lebih

Jika benar-benar ingin menjadi seseorang yang kaya raya, kamu harus berhenti berpikir untuk sekadar memiliki pendapatan yang cukup saat ini. Mulailah berpikir “Saya bisa mendapat lebih banyak!” Setelah berpikir itu lalu tulislah empat cara yang dapat membuatmu meraih uang lebih diluar pekerjaan utamamu.

Mulai dari membuat e-book dan menjualnya di Amazon, serta beberapa cara lainnya yang dapat kamu lakukan dengan sedikit usaha dan mengorbankan waktu sedikit lebih banyak daripada yang biasa kamu lakukan.

(Baca juga: 9 Pekerjaan Sampingan yang Berikan Banyak Uang)

Punya tujuan keuangan yang spesifik

“Jika kamu selalu melakukan apa yang biasa dilakukan, kamu hanya mendapatkan apa yang biasa didapatkan”. Kalimat tersebut sangat benar dalam dunia finansial, banyak orang yang percaya bahwa tujuan keuangan mereka hanyalah membayar sewa dan tagihan untuk menyambung hidup.

Untuk itu, bersiaplah membuat tujuan yang jauh lebih tinggi mengenai kondisi keuanganmu mulai dari menabung, berbisnis, investasi, dan sebagainya.

Selalu miliki skala prioritas

Saat membuatnya, tujuan keuangan bisa lebih dari satu. Untuk itu, buatlah skala prioritas. Mana hal yang harus diraih terlebih dahulu, mana yang dapat diraih dalam waktu jangka pendek dan panjang. Pertimbangkan semuanya dan buatlah daftar prioritas dari tujuan-tujuan finansialmu.

(Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Kamu Terus Kekurangan Uang Meski Punya Gaji Tinggi)

Mulailah investasi

Berinvestasi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan di zaman yang sudah maju ini. Kamu bisa berinvestasi deposito, rumah, emas, atau pasar saham. Tetapi ingat, meski pelajari beberapa hal terlebih dahulu dengan baik agar kamu dapat berinvestasi dengan bijak dan tidak asal-asalan. Hingga modal yang kamu keluarkan dalam berinvestasi dapat berkembang nantinya bukan malah berkurang apalagi habis tak tersisa.

Uang adalah teman

Tanamkan pemikiran di dalam diri bahwa uang merupakan temanmu, bukanlah musuhmu. Tulislah daftar tentang 20 benda yang kamu sukai yang telah didapatkan hanya dengan hasil jeripayah sendiri.

Lalu buatlah daftar-daftar benda atau barang lainnya yang ingin kamu dapatkan dari uang milikmu sendiri, bisa hal-hal seperti membeli rumah, mobil, motor, dan yang lainnya.

(Baca juga: Cara Maksimalkan Gaji untuk Investasi)

Selesaikan masalah tiap minggu

Orang-orang yang sukses secara finansial biasanya memilih untuk fokus dalam memecahkan masalah bukan hanya menggerutu tanpa berusaha menyelesaikannya.

Untuk itu, buatlah daftar masalah keuanganmu setiap minggunya seperti bagaimana caranya meminimalisir belanja mingguan. Kemudian, lakukan tindakan nyata untuk mengatasi masalah tersebut. Lakukan hal ini sampai memiliki peningkatan yang signifikan di setiap aspek situasi keuanganmu.

Berani tinggalkan zona nyaman

Ya, hal ini memang sangat berlaku dalam seluruh aspek kehidupan dalam meraih sukses termasuk sukses secara finansial. Belajarlah untuk keluar dari zona nyamanmu saat ini, berusahalah untuk melakukan hal-hal hebat yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.