Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

7 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

by Rafly Aditia on 16 Januari, 2017

Saat ini musim hujan sedang berada di puncaknya. Hal ini terlihat dari cuaca yang akhir-akhir ini cukup ekstrem. Hujan deras disertai angin kencang belakangan sering kali terjadi.

Untuk itu, kamu perlu menjaga diri agar tetap sehat di tengah kondisi cuaca yang ekstrem ini. Tentunya harus dibarengi dengan memiliki perlindungan kesehatan yang memadai. Simak 7 tips berikut agar bisa menjaga kesehatan di musim hujan.

Rajin minum air putih hangat

Air putih hangat merupakan minuman yang sangat bermanfaat. Sebaiknya sering-sering minum air putih hangat selama musim hujan. Air putih hangat memiliki berbagai khasiat seperti detoks alami, meredam rasa gatal tenggorokan dan meningkatkan metabolisme dan imunitas tubuh.

(Baca: Musim Hujan Telah Tiba, Ini 4 Asuransi yang Wajib Dimiliki)

Isi kembali kotak P3K di rumah

Hal yang satu ini tidak boleh diremehkan, coba cek kembali kotak P3K di rumah. Apabila stok sudah mulai kosong, segera isi kembali dengan segala obat-obatan yang diperlukan. Bukan cuma perangkat dan obat untuk luka-luka saja, tetapi lengkapi dengan termometer, minyak kayu putih, obat demam dan sebagainya harus dipersiapkan.

Bikers, jangan lupa bawa jas hujan

Salah satu kebiasaan buruk pengendara motor adalah kurangnya kesadaran akan betapa pentingnya jas hujan. Untuk itu, kamu perlu meningkatkan kesadaran akan hal tersebut. Bawalah jas hujan kemanapun kita pergi menggunakan kuda besi kesayangan. Sehingga apabila hujan deras terjadi di jalanan kamu tidak perlu basah kuyup, kedinginan, dan berujung sakit.

Tetap olahraga!

Kalau kamu berpikir hujan membuat sulit berolahraga, itu salah besar. Berolahraga tidak harus di gym atau di lapangan. Kita bisa berolahraga di rumah. Lakukan gerakan-gerakan calisthenics atau body workout yang tidak memerlukan peralatan. Contohnya gerakan push up, squat, plank, mountain climber, burpess, dan sebagainya.

Ingat, nggak boleh telat makan

Satu yang perlu diingat, menjaga pola makan adalah sebuah keharusan. Jangan sekalipun telat makan karena apapun alasannya, apalagi saat cuaca sedang tidak baik seperti beberapa hari belakangan. Tubuh membutuhkan asupan energi dan nutrisi yang cukup bila tidak ingin jatuh sakit.

Minum vitamin

Tidak hanya mengatur pola makan dengan baik, kamu juga bisa minum vitamin sebagai asupan tambahan agar sistem imun tubuh lebih terjaga. Walau begitu, ada baiknya minum vitamin yang sudah jelas asal-usulnya jangan coba-coba merk yang belum teruji apalagi tidak terdaftar secara resmi di BPOM.

(Baca juga: 4 Tips Kelola Duit Secara Pintar di Masa Pensiun)

Pejalan kaki harus bawa payung

Kalau pergi ke kantor dengan berjalan kaki atau naik transportasi umum, kita harus sedia payung. Jangan sampai harus hujan-hujanan di jalan hanya karena lupa bawa payung dari rumah. Kalau sudah kehujanan dan basah kuyup, bisa-bisa masuk angin dan demam setelahnya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.