Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

7 Tips Ampuh Hemat BBM

by JTO on 29 Agustus, 2014

Di tengah isu kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang dilakukan oleh pemerintah baru-baru ini, mewajibkan Anda untuk selalu berhemat.

Pasalnya, efek dari kenaikan bahan bakar tersebut akhirnya membuat harga bahan-bahan kebutuhan lain pun ikut naik. Akhirnya, Anda harus mencari cara untuk berhemat, khususnya dalam mengendarai mobil. Bagaimana cara untuk melakukannya? Kali ini, CekAjaingin membagikan tips agar Anda tidak merogoh kocek lebih dalam untuk pengeluaran yang Anda miliki. Apa saja? (Baca juga: 5 Langkah Sederhana Menghemat Uang)

Kurangi Beban Mobil

Semakin berat beban mobil maka konsumsi BBM akan semakin tinggi. Oleh karena itu, Anda bisa mengurangi beban barang-barang yang tidak digunakan di rumah tanpa harus dibawa di dalam mobil.

Rawatlah Kendaraan Secara Berkala

Perawatan mobil secara rutin menjaga komponen – komponen mobil Anda tetap terawat. Komponen mobil yang tidak terawat seperti saringan udara dan busi berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar mobil Anda. (Baca juga: Harga BBM Naik, Pakai Kartu Kredit yang Miliki Cashback Pembelian Bahan Bakar)

Tidak pacu Gas dan Rem Secara Mendadak

Apabila Anda mengemudi secara kasar maka konsumsi BBM akan boros karena gas dan rem secara mendadak membuat mesin bekerja lebih keras sehingga pada akhirnya konsumsi bahan bakar juga akan semakin tinggi.

Berkendara dengan Kecepatan Standar

Anda mungkin pernah dengar, bila kendaraan Anda sering dipacu dengan kecepatan yang berbeda, maka semakin boros kendaraan Anda. Sebab, mesin beradaptasi terhadap kecepatan yang dimiliki. Karena itu, berkendaralah dengan kecepatan konstan atau sama, sehingga konsumsi BBM kendaraan Anda pun akan stabil.

Gunakan AC Seperlunya

Apabila udara luar sudah dingin, Anda bisa mematikan AC mobil Anda karena penggunaan AC meningkatkan 10 persen konsumsi bahan bakar. (Baca juga: Jangan Ambil Cicilan Kartu Kredit untuk Keperluan Ini)

Perhatikan Ban Mobil Anda

Ban ternyata juga sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Mengapa? Karena ban yang bagus dan tekanan yang tepat bisa menghemat penggunaan bahan bakar hingga 5 persen.

Jangan Mengebut

Mengebut di jalan raya selain membahayakan pengendara lain juga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Mobil dengan kecepatan di atas 90km/jam akan mengonsumsi bahan bakar sangat banyak. Pasalnya, proses pembakaran pada mesin yang membutuhkan bahan bakar lebih akan terjadi jika mobil melaju dengan cepat.

Demikianlah tips untuk menghemat BBM yang ingin Cekaja bagikan kepada Anda semua. Semoga dengan menerapkan tips ini Anda bisa terhindar dari pemborosan yang merugikan Anda. Apabila Anda ingin mendapatkan tips-tips finansial lainnya, Anda bisa klik disini.

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.