Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Tips Belanja Hemat Bulanan Bagi Karyawan Kantor

by Ayunindya Annistri on 8 November, 2019

Pernah enggak sih kamu merasa bokek ketika pertengahan bulan? Ya, hampir semua karyawan kantor mengalami fenomena tersebut lantaran tidak memiliki tekad atau bahkan ketidaktahuannya akan tips belanja hemat bulanan.

Tingginya gaya hidup menjadikan seseorang menaruh kebahagiannya pada barang-barang mewah. Padahal sebuah pepatah mengatakan, “prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan, bukan keinginan”.

Bergaji tinggi memang impian banyak orang, tetapi hal tersebut tidak menjamin bahwa kehidupanmu akan selalu bahagia. Apalagi jika kamu tidak dapat membedakan mana yang disebut kebutuhan dan mana yang keinginan. Sehingga, berapapun gaji yang didapat setiap bulannya akan terus luruh, karena sikap konsumerisme berlebih.

Lantas bagaimana cara menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran tersebut? Berikut kami rangkum tips belanja hemat bulanan untuk kamu yang tengah bekerja kantoran. Yuk langsung dicek!

1. Membawa uang seadanya saat belanja bulanan

Tips belanja hemat bulanan yang pertama datang dari influencer ternama yaitu Tantri Namirah. Seperti yang dikutip dari Popmama, Tantri menyebutkan bahwa belanja bulanan tetap masih bisa hemat jika kamu membawa uang seadanya. Hal ini dinilai sangat efektif, terutama bagi kamu yang gemar membeli barang diluar dari daftar belanja bulanan.

Walau demikian, kamu juga harus membawa uang cadangan yang jumlahnya tidak terlalu besar untuk berjaga-jaga bila ternyata harga barang yang dibutuhkan tersebut mengalami kenaikan.

2. Selalu bandingkan harga sebelum membeli

Biar makin hemat, bandingkan selalu harga dari tiap barang yang kualitas atau kegunaannya sama. Hal ini jelas lebih menguntungkan untuk keuanganmu. Selain itu, pastikan barang yang dibeli bermanfaat, contohnya, dengan membeli kopi bubuk dan mengolahnya sendiri menggunakan alat penyaring kopi, dibandingkan tiap hari nongkrong bersama teman untuk sekedar menyeruput kopi, dijamin menghemat gaji lebih dari Rp 500 ribu tiap bulannya.

3. Jangan malas untuk ke pasar tradisional

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memilih belanja bulanan di supermarket. Padahal, harga barang yang ditawarkan oleh supermarket jauh lebih tinggi dibandingkan pasar tradisional karena adanya pajak.

Misal kamu ingin membeli bawang putih, di supermarket, bawang putih bisa mencapai harga Rp 60 ribu per kilogram, sedangkan pasar tradisional, bawang putih hanya dihargai sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu saja per kilogramnya. Tips belanja hemat bulanan ini dijamin efektif, apalagi bila kamu termasuk orang yang sering membeli kebutuhan bulanan dalam jumlah banyak. Jauh lebih hemat bukan?

(Baca Juga: Mudah, Murah, Menguntungkan, Tiga Alasan Investasi Emas Cocok Buat Milenial)

4. Beli barang yang sesuai dengan list belanja

Tips belanja hemat bulanan lainnya adalah dengan selalu membawa list saat berbelanja. Tujuannya tak lain agar kamu tetap pada rencanan awal belanja, yaitu membeli barang yang sesuai kebutuhan. Karena kalau tidak, mungkin saja kamu melenceng dari list dan tergoda untuk membeli barang yang hanya sesuai keinginanmu saja.

5. Selalu mencatat pengeluaran bulanan

Mencatat seluruh pengeluaran bulanan wajib hukumnya terutama bagi kamu yang boros. Karena ada begitu banyak manfaat dari tips belanja hemat bulanan yang satu ini.

Pertama, kamu dapat mengontrol arus kas, baik itu pemasukan maupun pengeluaran setiap bulannya. Kedua, kamu mengetahui mana saja barang yang nominalnya paling besar sehingga nantinya kamu bisa mempertimbangkan kembali dan mencari solusi untuk mengganti barang sejenis dengan harga yang jauh lebih murah.

Biar makin afdol, gunakan aplikasi khusus mengelola keuangan untuk memudahkan kamu dalam mengetahui berapa banyak uang yang sudah terpakai tiap bulannya.

6. Simpan brosur belanjaan dan gunakan disaat yang tepat

Apakah kamu termasuk orang yang sering membuang brosur belanjaan? Jika iya, cobalah untuk merubah kebiasaanmu itu. Karena brosur belanja yang diberikan pihak supermarket justru sangat membantu, dimana kita bisa mengetahui berbagai jenis produk yang ditawarkan dengan harga miring.

Kalau tidak mau digunakan saat itu juga, simpan dan baca kembali tanggal kadaluarsa penggunaan promo dari brosur belanjaan tersebut. Siapa tahu masih bisa kamu gunakan untuk belanja bulanan berikutnya.

7. Kurangi membeli makan di luar

Siapapun pasti akan senang jika melihat variasi makanan, namun penting untuk diketahui jika ingin hemat, maka kita harus mengurangi membeli makan di luar. Mengapa? Karena selain makanan dengan harga yang terkadang mahal itu hanya kita makan satu kali saja, membeli makanan di luar juga belum tentu sehat.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa memasak sendiri dirumah dengan bahan yang ada, sehingga pengeluaran bulanan tersebut tidak habis terpakai hanya karena seringkali membeli makan diluar.

Tips belanja hemat bulanan ini dapat kamu terapkan setiap bulannya. Daripada harus merogoh kocek hingga Rp 500 ribu dalam beberapa hari hanya untuk makan diluar, mendingan masak sendiri saja makanan yang diinginkan dan pastinya enggak bikin kantong jebol.

Nah itulah beberapa tips hemat belanja bulanan yang perlu kamu ketahui. Kalau sampai saat ini, kamu masih merasa kesulitan untuk menerapkannya, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan alternatif lainnya, yaitu dengan investasi. Selain bermanfaat untuk jangka panjang, dana investasi juga bisa kamu gunakan sewaktu-waktu bila dalam kondisi darurat. Masih bingung cara memulainya? Yuk, ajukan investasimu hanya di CekAja.com

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau