Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Tips Berhemat dan Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Simpati Buat Mahasiswa

by Gentur Putro Jati on 25 April, 2019

Kamu yang masih berstatus mahasiswa harus mampu menghemat pengeluaran agar bisa menyisihkan sebagian uang bulanan untuk tabungan. Jangan sampai pengeluaran berlebihan membuat uang bulanan selalu habis sebelum waktunya.

barang yang wajib dimiliki mahasiswa _ kartu kredit - CekAja.com

Salah satu pengeluaran yang harus mampu kamu kendalikan adalah membeli kuota internet. Karena biasanya pengeluaran tersebut tak kalah besar dibandingkan jenis pengeluaran lainnya.

Kalau kamu pengguna provider Telkomsel, maka harus mengetahui cara cek kuota internet Telkomsel Simpati agar bisa mengetahui pasti berapa uang yang harus kamu sisihkan setiap bulan untuk membeli kuota.

(Baca juga: 5 Aplikasi Android yang Bikin Aktivitas Perkuliahan Mahasiswa Lebih Mudah)

Pilihlah satu dari beberapa cara cek sisa kuota internet Telkomsel Simpati berikut ini yang menurut kamu paling praktis:

  • Cek Kuota Internet Telkomsel Simpati via Dial Telepon

Bila ingin melakukan cara pertama ini, kamu tinggal melakukan panggilan telepon ke *363#. Selanjutnya, pilih opsi nomor 2 (paket lainnya) lalu pilih opsi nomor 7 (cek status). Telkomsel akan mengirimkan informasi sisa kuota internet kamu via SMS.

  • Cek Kuota Internet Telkomsel Simpati via SMS

Ada beberapa format yang dapat kamu gunakan untuk cek kuota internet Telkomsel via SMS, yaitu:

– UL (spasi) INFO untuk mengecek kuota Video Max, media sosial, dan chat.

– FLASH (spasi) INFO untuk mengecek sisa kuota lokal dan Flash.

– FLASH (spasi) INFOV2 untuk mengecek rincian sisa kuota secara lebih lengkap.

Format SMS tersebut harus dikirim ke 3636.

  • Cek Kuota Internet Telkomsel Simpati via Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi MyTelkomsel bisa diunduh melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna Apple). Selanjutnya, kamu tinggal melakukan login dengan nomor HP kamu. Maka menu utama aplikasi MyTelkomsel akan segera menampilkan informasi lengkap tentang sisa kuota internet kamu.

  • Cek Kuota Internet Telkomsel Simpati via Website Telkomsel

Cara cek kuota internet Telkomsel Simpati juga dapat dilakukan melalui website Telkomsel. Kamu tinggal mengakses URL https://my.telkomsel.com/ lalu lakukan login dengan nomor HP. Sistem Telkomsel akan mengirimkan kode verifikasi yang harus kamu masukkan kembali ke website. Jika kode verifikasi diterima, website tersebut akan segera menampilkan informasi tentang sisa kuota internet kamu.

Selain rutin mengecek kuota internet demi meminimalkan pengeluaran bulanan, beberapa kiat berikut ini juga patut dilakukan para mahasiswa yang mau berhemat:

1. Menabung di awal bulan

Banyak orang berencana menabung bila ada sisa uang di akhir bulan. Padahal, pengeluaran besar malah membuat uang sering kali habis sebelum akhir bulan.

Kamu harus menyiasati hal ini dengan cara menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung pada awal bulan. Berusahalah bertahan dengan sisa uang yang ada. Maka kamu akan termotivasi untuk hidup lebih hemat sampai akhir bulan.

2. Masak makanan sendiri

Mahasiswa yang tidak ngekost bisa membawa bekal makanan dari rumah. Sedangkan mahasiswa yang tinggal di tempat kost dapat memasak sendiri dengan mengandalkan dapur bersama. Memasak sendiri atau membawa bekal dari rumah akan meminimalkan pengeluaran untuk membeli makanan. Dalam sehari, kamu bisa menghemat hingga puluhan ribu rupiah bila tidak jajan di luar.

3. Pilih moda transportasi termurah

Tak ada patokan pasti mengenai moda transportasi paling hemat bagi mahasiswa. Kamu dapat mempertimbangkan moda transportasi terbaik berdasarkan pertimbangan jarak dan biaya. Bila biaya transportasi umum lebih murah, berarti kamu tak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi dan pulang ke kampus. Sedangkan bagi kamu yang ngekost, pilihlah tempat kost yang terdekat dengan kampus supaya kamu bisa pergi dan pulang kampus dengan berjalan kaki.

4. Manfaatkan promo Cashback

Fasilitas e-wallet kini tak hanya memberikan kemudahan transaksi. Lebih dari itu, kamu juga bisa memanfaatkan promo cashback untuk memaksimalkan upaya penghematan. Gunakan e-wallet untuk sejumlah transaksi seperti membeli makanan, berbelanja, membayar tagihan, atau jenis transaksi lainnya agar kamu bisa mendapatkan cashback cukup besar yang bisa digunakan kembali untuk kebutuhan lainnya.

5. Berburu buku murah

Salah satu kebutuhan penting lainnya yang kerap menguras pengeluaran bulanan mahasiswa adalah buku. Membeli buku baru memang mahal. Terutama bila kamu membutuhkan buku-buku berbahasa asing. Oleh sebab itu, kamu harus siap berburu buku murah untuk memenuhi kebutuhan tiap semester. Tak ada salahnya membeli buku bekas atau meminjam dari para senior untuk meminimalkan pengeluaran. Sehingga kamu tak perlu menguras isi tabungan demi membeli buku yang digunakan selama satu semester saja.

6. Kurangi nongkrong di kafe

Aktivitas nongkrong di kafe memang identik dengan mahasiswa. Sayangnya, kebiasaan menyenangkan ini rentan membuat kantong jebol. Karena kamu harus mengeluarkan uang sebesar puluhan hingga ratusan ribu rupiah untuk satu kali nongkrong bersama teman-teman.

7. Jangan mudah tergiur diskon

Diskon di online shop dan pusat perbelanjaan memang menggiurkan. Seakan-akan kamu bisa berhemat bila membeli barang-barang yang dibanderol dengan harga diskon. Disinilah kemampuan membedakan antara keinginan dan kebutuhan diperlukan. Usahakan untuk tidak membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Sehingga uang kamu tidak tersita untuk hal-hal tidak penting dan membuat kamu rentan kehabisan uang sebelum akhir bulan.

(Baca juga: 9 Pekerjaan Menjanjikan untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi)

Masalah keuangan di akhir bulan memang senantiasa dialami sebagian besar mahasiswa. Namun, bukan berarti kamu tak bisa mengatasinya dengan cara yang efektif. Kalau terbiasa hidup hemat, niscaya kamu akan terbiasa dan tidak mudah kehabisan uang.

Karena tabungan yang kamu kumpulkan dapat digunakan sebagai dana darurat pada kondisi mendesak. Atau kamu bisa investasikan lewat instrumen investasi terbaik yang bisa kamu dapatkan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum