Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

7 Tips Cepat Hamil untuk Pasangan Muda, Yuk Terapkan!

by Ayunindya Annistri on 30 Maret, 2020

Cukup banyak pasangan muda setelah menikah ingin segera diberikan momongan. Hal ini wajar, karena anak adalah anugerah terindah yang diberikan ketika menjalani peran sebagai orang tua. Namun faktanya untuk bisa hamil bukan hanya tentang melakukan hubungan intim saja. Kamu dan suami pun setidaknya harus menerapkan tips cepat hamil untuk pasangan muda berikut ini.

tips cepat hamil untuk pasangan muda

Memang sih, berhubungan intim adalah salah satu faktor terbesar yang menentukan kehamilan. Tapi cara ini enggak selamanya membuahkan hasil dua garis biru di alat mengukur kehamilan alias testpack loh.

Karena memang kehamilan itu bisa terjadi tidak hanya dari satu faktor saja, dan tak jarang sulit diprediksi. Yang perlu dipahami, peluang setiap wanita untuk bisa cepat hamil setelah menikah setiap bulannya adalah 15 hingga 25 persen saja.

Benarkah Posisi Seks Menentukan Kehamilan?

Menurut beberapa sumber yang beredar, setidaknya terdapat 4 posisi seks yang diklaim dapat memudahkan kamu untuk cepat hamil. Namun hal ini juga harus diimbangi dengan masa subur istri, dimana kamu bisa menghitung terlebih dahulu siklus menstruasi mu setiap bulannya.

Nah, tanpa berlama-lama berikut 4 posisi seks terbaik untuk hamil:

  • Posisi misionaris

Adalah posisi yang paling umum dan biasa dilakukan ketika pertama kali memulai hubungan seks bersama pasangan, dimana suami berada tepat di atas dan istri di bawah. Bahkan bagi sebagian pasangan menempatkan bantal di bawah panggul wanita untuk mendapatkan sensasi yang berbeda.

  • Posisi doggy style

Posisi bersimpuh wanita disertai pasangannya yang berada tepat di belakang bisa jadi salah satu posisi seks yang didambakan oleh tiap pria. Karena dengan posisi doggy style, kemungkinan pria merasakan sensasi yang berbeda dan dianggap efektif pula untuk membuat wanita cepat hamil. Hal ini karena ketika penis pria mengalami ejakulasi, sperma akan langsung masuk ke dalam vagina dan mendekati dinding leher rahim.

  • Posisi Bum lift

Bisa dikatakan bum lift position adalah variasi dari posisi misionaris. Pada posisi ini, pria berada di atas sementara wanita tetap terlentang di bawah namun dengan mengangkat bokongnya dan secara perlahan mengikuti gerakan naik turun yang dilakukan pasangan.

Posisi bum lift ini memungkinkan pasanganmu untuk melakukan penetrasi lebih dalam, tapi sangat tidak dianjurkan dilakukan di lantai ataupun karpet dengan bahan yang kasar.

  • Posisi Woman on Top

Posisi yang terakhir untuk membuat kamu cepat hamil tak lain adalah women on top. Bagi sebagian wanita, posisi ini dianggap paling nyaman dan menggairahkan karena sensasi yang diberikan. Meskipun menurut teori yang beredar, posisi WOT justru memperlambat kehamilan karena laju renang sperma yang menurun.

Tapi menurut beberapa pakar seks, posisi woman on top justru menjadi posisi terbaik untuk proses pembuahan karena tambahan rangsangan yang dialami oleh pihak wanita sendiri.

(Baca Juga: Cara Mencegah Keguguran Kandungan)
Tips Cepat Hamil untuk Pasangan Muda

Jangan galau akibat menunggu masa kehamilan! Kali ini CekAja bakal kembali berbagi informasi menarik seputar tips cepat hamil untuk pasangan muda yang pastinya bisa kamu terapkan bersama suami.

1. Pantau selalu siklus menstruasi

Mungkin masih banyak wanita yang menganggap sepele akan siklus menstruasinya. Padahal ini termasuk salah satu tips cepat hamil untuk pasangan muda. Perhitungan siklus tersebut bisa dimulai saat hari terakhir kamu mengalami menstruasi.

Perlu diketahui, siklus menstruasi terjadi setiap bulan pada tubuh wanita, ketika ovarium melepaskan sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma. Akibatnya, sebagian lapisan dinding beserta selaput lendir rahim luruh dan mengalami pendarahan lewat vagina, yang disebut pula sebagai proses menstruasi.

Dengan mencatat frekuensi siklus menstruasi sendiri, kamu dapat mempersiapkan kehamilan setelah periode siklus ini selesai. Idealnya siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari. Namun, jika masa siklus terjadi selama 21 hari saja atau bahkan 35 hari, ini masih tergolong normal.

Selama proses menstruasi pun, konsistensi darah yang keluar bisa mencapai 15 hingga 90 ml dengan bentuk lebih cair atau mengental disertai gumpalan-gumpalan darah kecil berwarna merah muda maupun gelap.

2. Melakukan hubungan seksual saat masa subur

Setelah memahami pentingnya mencatat siklus menstruasi, selanjutnya tips cepat hamil untuk pasangan muda yang bisa diterapkan adalah dengan rutin berhubungan seksual saat masa subur terjadi.

Soalnya hanya sekitar 4 sampai dengan 5 hari menjelang masa ovulasi dan dihari terjadinya proses ovulasi itu sendiri saja, peluang sperma untuk membuahi sel telur terjadi.

Namun, sebuah penelitian menjelaskan bahwa masa ovulasi tiap wanita bisa bergeser bahkan disaat siklus menstruasi terbilang normal. Faktor pergeserannya sendiri dapat terjadi akibat stress, olahraga berlebihan, obesitas, serta disfungsi tiroid.   

Maka dari itu untuk mencegah pergeseran masa ovulasi, melakukan hubungan seks bersama pasangan setidaknya 4 kali dalam seminggu sebelum tidur atau saat pagi hari. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk melacak kesuburan, seperti Clue Period Tracker, Fertility Friend, dan Dot Fertility Tracker.

3. Jangan sampai kelebihan berat badan

Ini juga menjadi salah satu hambatan yang membuat kamu sulit hamil. Pasalnya wanita yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan memiliki tingkat kadar lemak yang lebih tinggi. Hal ini jelas saja mempengaruhi hormon reproduksi yakni estrogen yang dimiliki.

Apabila jumlah estrogen mencapai ambang batas normal, maka sistem reproduksi akan terganggu dan mengakibatkan siklus menstruasi menjadi lebih tidak teratur serta menurunkan tingkat kesuburan.

4. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi

Menjaga asupan makanan juga termasuk tips cepat hamil untuk pasangan muda yang penting sekali untuk diketahui. Namun perlu kamu pahami bila makanan yang bakal dikonsumsi ini enggak hanya diperuntukan bagi wanita saja, melainkan juga pria. Jadi memang sebaiknya kamu dan pasangan mulai menerapkan pola makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi. Beberapa diantaranya seperti:

  • Ikan salmon dan tuna
  • Susu yang kaya akan lemak
  • Minyak zaitun
  • Kacang-kacangan
  • Sayur bayam
  • Gandum
  • Hati sapi
  • Oatmeal
  • Daging sapi dan ayam rendah lemak
  • Kerang
  • Jahe dan kunyit
5. Hindari kebiasaan hidup yang tidak baik

Beralih dari pola makanan sehat yang wajib dikonsumsi, berikutnya dan tak kalah penting adalah mengubah gaya hidup kamu maupun pasangan. Seperti menghentikan kebiasaan merokok untuk menjaga kualitas sperma suami, mengurangi konsumsi kafein maupun minuman beralkohol, hindari penggunaan obat terlarang yang beresiko menurunkan kesuburan, tidak mengonsumsi vitamin A dalam jumlah banyak, serta membatasi konsumsi telur, daging, dan ikan dalam keadaan setengah matang atau bahkan mentah.

6. Olahraga secukupnya

Olahraga terlalu berat ketika merencanakan program hamil memang tidak dianjurkan. Namun bukan berarti tubuh tidak melakukan aktivitas apapun. Karena sebetulnya kamu masih bisa melakukan olahraga ringan yang justru dianggap dapat membawa pengaruh besar dalam menerapkan tips cepat hamil untuk pasangan muda.

Bahkan menurut sebuah penelitian, olahraga meningkatkan kesuburan wanita untuk segera memiliki momongan. Jika sebelumnya kamu dan pasangan tidak terbiasa untuk melakukan olahraga secara rutin, bisa memulainya dengan latihan ringan namun berkala.

Beberapa diantaranya yang bisa kamu coba seperti jogging dan berjalan kaki di pagi hari selama 15 menit, latihan pilates untuk mengencangkan dan menguatkan perut serta postur tubuh, yoga, serta melakukan stretching atau peregangan selepas bangun tidur.

7. Konsultasikan bersama dokter kandungan

Setelah 6 tips cepat hamil untuk pasangan muda di atas telah kamu terapkan, sekarang saatnya kamu mengunjungi dokter kandungan! Karena dengan berkonsultasi, kamu dan pasangan jadi lebih tahu apa saja kemungkinan yang menyebabkan ketidakberhasilan program hamil.

Selain itu, dokter juga bakal menyarankan kamu melakukan imunisasi rubella hingga serangkaian tes darah agar dapat mendeteksi adanya penyakit berbahaya seperti hepatitis dan sifilis (penyakit menular seksual akibat bakteri).  

Lengkapi proteksi dirimu bersama pasangan dengan asuransi kesehatan dari CekAja.com. Yuk, tunggu apalagi? Miliki produk asuransinya sekarang juga dan dapatkan beragam manfaat!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau