Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Tips Liburan di Musim Hujan

by Sindhi Aderianti on 1 November, 2018

Seperti yang diketahui, saat ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Hampir setiap hari hujan mengguyur. Musim hujan seharusnya tak jadi penghalang bagi Anda yang sudah merencanakan liburan. Banyak tips liburan di musim hujan yang ampuh mengusir kegalauan Anda. Simak tujuh tips liburan di musim hujan.

liburan murah - CekAja.com

Sebenarnya banyak yang bisa dikompromikan saat liburan di musim hujan. Urusan destinasi pun bisa disesuaikan, tergantung siapa saja yang diajak traveling. Untungnya lagi saat musim hujan, cuaca terasa jauh lebih sejuk. Sehingga walaupun lama berjalan kesana-kemari, Anda tak akan mudah kepanasan atau berkeringat.

Namun tentunya Anda perlu banyak persiapan untuk menghadapi cuaca yang berubah-ubah. Selain demi keselamatan, udara yang lembap jika tidak disiasati juga kerap menimbulkan penyakit. Berikut 7 tips liburan di musim hujan yang dapat Anda ikuti.

(Baca juga: Ini 5 Negara yang Menjadi Destinasi Liburan di 2017!)
Cek selalu prakiraan cuaca

Tips liburan di musim hujan yang pretama, cek selalu prakiraan cuaca. Dari informasi yang diberikan oleh ramalan cuaca, Anda dapat menentukan tipe kegiatan apa yang akan dilakukan selama berada di destinasi wisata. Umumnya pada musim penghujan, ada pola tertentu yang juga menunjukkann kapan turunnya hujan.

Perhatikan jam-jamnya di beberapa hari sebelum keberangkatan Anda. Apakah hujan turun pada pagi hari, siang hari, atau sore hari. Bila hujan turun siang hari, maka pastikan kamu berangkat pagi dan sudah sampai saat hujan belum turun.

Banner Kartu Kredit Oktober 2018

Bawa obat-obatan

Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat liburan. Mengingat kondisi tubuh bisa saja tidak terbiasa dengan destinasi yang dikunjungi, terutama akibat pengaruh cuaca di musim hujan.

Bisa juga karena makanan dan rasa lelah berlebih. Untuk itu, jangan lupa bawa obat-obatan yang lengkap seperti obat anti masuk angin, obat sakit kepala, obat flu dan batuk, obat diare, obat alergi dan obat khusus dari dokter jika Anda memiliki penyakit tertentu.

Pilih berwisata indoor

Destinasi favorit seperti pantai, gunung, dan air terjun mungkin mengasyikan untuk dikunjungi. Tapi di musim hujan, Anda perlu mengindarinya sementara. Pantai akan kurang bersahabat karena air pasang dan ombak yang kencang. Sedangkan medan pada gunung dan air terjun juga lebih licin.

Jangan kecewa dulu, masih banyak alternatif destinasi lain. Sebut saja wisata kuliner dan belanja yang menjadi kegiatan favorit selama masih di cuaca rawan hujan. Adapun pilihan destinasi lainnya yang bisa Anda pilih adalah menonton pertunjukan budaya, berkeliling ke museum, atau bermain di indoor theme park.

(Baca juga: Liburan Singkat, Cek 5 Tempat Wisata Unik di Jabodetabek!)
Pakai baju yang sesuai

Berhubung suhu ketika musim hujan lebih dingin, pastikan Anda memakai baju yang dapat membuat hangat seperti jaket tebal ataupun sweater. Persiapkan juga baju ganti sebagai alternatif untuk berjaga-jaga jika Anda kehujanan. Satu yang tak kalah pentinig, sediakan kantong plastik di tas untuk menampung semua pakaian basah Anda.

Siapkan perlengkapan saat hujan

Sekalipun destinasi yang Anda pilih indoor, tetap siapkan perlengkapan saat hujan seperti payung, jas hujan, serta sendal jepit. Ketika harus jalan ke tempat outdoor misalnya parkiran, lalu tiba-tiba hujan, Anda dapat menggunakan perlengkapan tersebut agar pakaian dan sepatu tidak ikut kena basah.

Sebab jika sampai kebasahan, risikonya bisa masuk angin. Dengan tips liburan di musim hujan ini, rencana pun akan tetap berjalan dengan kondisi tubuh yang sehat.

Banner CekAja

Gunakan waterproof makeup

Bagi seorang perempuan, berpenampilan cantik dan rapi menjadi sudah menjadi kewaijban. Tak terkecuali saat liburan. Namun ketika musim hujan, makeup lebih berisiko rusak karena cipratan air atau udara lembap.

Anda tentu tidak ingin lipstik dan maskara jadi luntur, bukan? Maka itu agar penampilan tetap menarik selama berjalan-jalan ke destinasi tujuan, gunakan waterproof makeup alias yang tahan air. Aplikasikan senatural mungkin untuk menghindari kesan berlebihan seperti ke pesta.

Hindari minum es

Tips liburan di musim hujan yang terakhir, hindari minum es. Terutama bagi anak-anak karena lebih rentan terkena penyakit seperti flu dan batuk. Terlalu banyak mengonsumsi minuman dalam kemasan juga kurang baik bagi kesehatan. Lebih baik siapkan selalu tumbler berisi air hangat untuk memudahkan Anda bila sewaktu-waktu haus.

Itulah ketujuh tips liburan di musim hujan untuk Anda. Utamakan selalu keselamatan dan kesehatan agar semua berjalan sesuai rencana. Semoga liburan Anda menyenangkan!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami