Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

7 Tips Meningkatkan Fokus Kerja di Kantor Agar Dapat Bonus Performa

by Rafly Aditia on 25 Februari, 2016

Beberapa tips yang ada di artikel ini dapat meningkatkan fokus saat bekerja di kantor. Bahkan, kamu bisa naik gaji bila melakukannya.

Karyawan mana yang tidak mau dapat bonus dari perusahaan? Semua karyawan yang bekerja di kantor pasti ingin dapat bonus. Mulai dari bonus tahunan hingga bonus performa. Mendapatkan bonus performa memang susah-susah gampang, karena kamu perlu berhasil mencapai target yang telah ditentukan perusahaan. Nah, agar bisa meraih bonus performa yang tinggi, kamu membutuhkan kinerja yang konsisten.

Dan, untuk mendapatkan kinerja yang konsisten dibutuhkan tingkat fokus kerja yang tinggi. Maka dari itu, kali ini tim CekAja.com akan memberikan kamu beberapa tips untuk meningkatkan fokus saat bekerja di kantor. Berikut tips yang bisa dilakukan:

Buatlah rencana kerja

Setelah atasan memberikan target yang harus dipenuhi, segeralah buat rencana kerja selama beberapa waktu ke depan. Mengapa rencana kerja dibutuhkan? Karena rencana kerja dapat menjaga kamu tetap berada dalam jalur untuk mencapai target yang diberikan.

(Baca juga: Jika Mau Mulai Bisnis Online, Stop Lakukan Ini!)

Lakukan sedikit olahraga

Sedikit berolahraga di kantor akan dapat meningkatkan fokus saat bekerja. Ketika otak sudah terlalu penat mengerjakan tugas dan mengejar target, kamu bisa lebih rileks dengan berolahraga. Cukup lakukan gerakan yang memanfaatkan berat tubuh kamu seperti push up, sit up, jumping jack, dan sebagainya selama 15-30 menit saja.

Dengan berolahraga, kamu juga menjadi lebih sehat dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik sehingga tidak akan mudah terserang penyakit. Kalau kamu jarang sakit dan jarang absen, kamu bisa lebih berpeluang mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Alhasil, kesempatan memperoleh bonus besar makin terbuka lebar.

Minum air putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah membuat otak menjadi lebih siap dan fokus bekerja. Hal ini terungkap dalam beberapa penelitian di dunia, salah satunya penelitian yang dilakukan oleh University of East London.

Ternyata, segelas air putih dapat membuat sel abu-abu pada otak mengerut. Seperti yang diketahui, sel abu-abu pada otak merupakan sel yang membuat otak sulit bekerja. Maka dari itu, minum segelas air putih akan membuat sel abu-abu mengerut dan membuat kamu lebih bisa fokus dan konsentrasi.

(Baca juga:9 Peluang Bisnis Usaha Sampingan yang Berikan Banyak Uang di Tahun 2016)

Mendengarkan musik

Dunia tanpa musik ibarat teh tanpa gula, hambar rasanya. Sepertinya pepatah tersebut tidak berlebihan karena beberapa penelitian mengungkapkan, musik memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia.

Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan berpikir untuk menjadi lebih fokus. Hal tersebut diungkapkan berbagai penelitian di dunia. Salah satunya penelitian yang dilakukan seorang dokter ternama yaitu Dr Teresa Lesiuk seperti dikutip dari She Knows.

Menurutnya, ketika orang stres dalam bekerja akan berisiko mengambil keputusan yang cenderung tergesa-gesa. Sebaiknya, dengarkanlah musik untuk mengembalikan mood agar bisa memikirkan banyak alternatif dan pikiran tidak terpecah.

Jangan lupa beristirahat

Ingat, otak yang kamu miliki bukanlah mesin yang bisa diforsir selama 24 jam penuh. Bahkan laporan dari banyak penelitian mengatakan bahwa otak hanya dapat bekerja maksimal selama 30-45 menit.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk beristirahat sejenak setiap 30-45 menit sekali saat bekerja. Istirahat yang diperlukan cukup 3-5 menit saja. Sebab, kalau terlalu lama beristirahat, bisa-bisa pekerjaan akan lambat terselesaikan.

(Baca juga: Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia)

Senam otak

Bukan cuma tubuh yang bisa diajak senam, ternyata otak kamu yang menjadi senjata utama dalam bekerja juga bisa diajak senam. Yup, senam otak namanya. Kamu bisa melakukan senam otak dengan cara melakukan gerakan simpel menggunakan tangan, salah satunya dengan menggerakkan jari-jari kedua tangan yang saling menempel di depan dada.

Utamakan pekerjaanmu

Saat bekerja di kantor, tidak jarang ada teman yang meminta bantuan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini jangan dijadikan masalah. Tapi, pastikan terlebih dahulu kalau pekerjaanmu sendiri sudah selesai. Kalau pekerjaan masih menumpuk apalagi sudah dikerjar deadline, cobalah untuk tegas dan bilang “Tidak” kepadanya.

Kalau mereka teman yang baik, mereka pasti akan mengerti dengan tindakanmu tersebut. Maka dari itu, belajarlah untuk tegas dan mengatakan tidak apabila hal itu memang diperlukan.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami