Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Tips Renovasi Rumah Minimalis dengan Bujet Seadanya

by Ayunindya Annistri on 12 Maret, 2020

Renovasi rumah minimalis seringkali dianggap harus merogoh kocek dalam. Padahal kalau kamu lihai dalam melihat peluang dan memanfaatkannya, renovasi bisa dilakukan bahkan dengan bujet yang enggak lebih dari Rp100 juta. Nah, buat kamu yang tengah berencana untuk membangun ulang rumah, yuk ketahui dulu tips renovasi rumah minimalis ala CekAja.

tips renovasi rumah minimalis

Mengenal Lebih Dekat Konsep Rumah Minimalis

Sebelum memberikan tips renovasi rumah minimalis, nampaknya kamu mesti tahu dulu apa yang dimaksud dengan rumah minimalis. Konsep ini populer pada akhir 1980 dan di Indonesia sendiri setidaknya sudah tenar sejak 10 tahun lalu.

Bentuk rumahnya yang geometris dan tidak menggunakan berbagai dekorasi mencolok, merupakan ciri khas dari rumah minimalis yang umumnya banyak dibangun di kawasan tengah kota.

Konsep simplicity yang diterapkan pun membuat arsitektur rumah minimalis hanya menggunakan material sederhana, dengan struktur bangunan yang tampak teratur tanpa menghilangkan esensi dari desainnya sendiri.

Dari segi interior, konsep rumah minimalis biasanya mengutamakan tata letak sederhana dan banyak fungsinya. Sehingga pantas saja jika konsep ini dikatakan minim dekorasi.

Kemudian kebanyakan rumah minimalis juga tidak memiliki sekat ruangan dan didominasi dengan warna netral, seperti putih, abu-abu, dan hitam.

7 Tips Renovasi Rumah Minimalis Bujet Seadanya  

Melakukan pembangunan ulang pada rumah memang enggak bisa sembarangan. Salah renovasi, justru membuat rumah menjadi tempat yang kurang nyaman untuk ditinggali.

Makanya tak jarang orang yang ingin mendapatkan desain rumah minimalis, rela merogoh kocek dalam untuk mempersiapkan segala hal, termasuk membayar pekerja.

Padahal kalau kamu tahu tips renovasi rumah minimalis dengan bujet minim, kamu bisa segera melakukan renovasi tanpa takut kehabisan biaya saat pembangunan ulang dilakukan. Dan berikut 7 tips renovasi rumah ala CekAja seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Membuat perencanaan yang matang

Melakukan renovasi rumah tidak mungkin secepat saat menata ulang kamar. Soalnya, kamu butuh perencanaan diawal dan mengingat biaya yang bakal dikeluarkan tentu lebih dari Rp50 juta.

Oleh karenanya sangat disarankan untuk kamu mengikuti tips renovasi rumah minimalis yang satu ini. Dimana semestinya kamu sudah menghitung estimasi bujet, termasuk pula material dan furnitur apa saja yang bakal dipakai untuk mempercantik desain rumah.

(Baca Juga: Ikuti Langkah dan Proses Membeli Rumah Second Dengan KPR)
2. Gunakan sistem pembayaran borongan

Umumnya sistem pembayaran renovasi rumah dibagi menjadi dua macam, yakni harian dan borongan. Kalau kamu sudah menentukan perencanaan yang jelas, sebaiknya gunakan sistem pembayaran borongan karena lebih hemat. Kamu pun enggak perlu lagi memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk pekerja renovasi tiap harinya.

3. Pilih material yang tahan lama

Tips renovasi rumah minimalis berikutnya adalah dengan menentukan material yang bakal digunakan. Namun bukan asal memilih, karena lebih baik gunakan material yang dapat bertahan hingga 20 tahun lamanya.

Daripada di kemudian hari harus mengeluarkan biaya lagi untuk mendapatkan material baru. Mendingan beli material yang memang berkualitas walau harganya sedikit lebih mahal.

Khusus bagian eksterior, pilih bahan material yang tahan akan cuaca panas dan hujan. Sementara untuk bagian interiornya, kamu bisa menggunakan keramik lantai yang kuat dan anti lecet serta cat dinding yang mudah dibersihkan.

4. Gunakan material yang masih layak pakai

Kalau kamu enggak mau mengeluarkan uang lebih untuk membeli material baru karena bujet yang dimiliki pas-pasan, kamu bisa kok menggunakan material lama dan masih layak pakai. Tips renovasi rumah minimalis ini cukup efektif untuk menekan pengeluaran agar kehidupan finansialmu bersama pasangan setelah rombak ulang rumah tetap stabil.

Jika visualnya yang menjadi permasalahan utama. Maka penanganan yang bisa kamu lakukan adalah memoles material tersebut menjadi tampak baru dan unik. Misalnya, pintu rumah berbahan kayu yang mulai menunjukkan tanda pengeroposan, bisa langsung kamu cat dan tambahkan hiasan atau ukiran. 

5. Ubah furnitur lama dengan kreatifitas sendiri

Ingin melakukan renovasi rumah minimalis namun dengan bujet minim? Tipsnya adalah tetap gunakan furnitur lama yang masih dapat dipakai. Enggak perlu terburu-buru untuk mengganti furnitur, karena kamu dapat menyulapnya menjadi lebih baik. Caranya ubah warna atau bentuk dari furnitur lama tersebut menjadi beberapa uraian bermanfaat.

6. Membeli bahan-bahan renovasi sendiri

Tips renovasi rumah minimalis yang keenam adalah dengan membeli sendiri bahan-bahan untuk renovasi. Tujuannya sendiri untuk membantu kamu dalam menyesuaikan anggaran yang telah ditetapkan diawal. Sehingga nantinya tidak akan terjadi pembengkakan biaya akibat tambahan tak terduga.

7. Pilih tukang bangunan yang berkualitas

Salah satu penentu kesuksesan merenovasi rumah minimalis dengan bujet seadanya adalah memilih tukang bangunan yang berkualitas. Meskipun kesannya tradisional, dibandingkan kontraktor yang menawarkan harga murah tapi kurang memiliki pengalaman. Tukang bangunan jauh lebih mudah dalam tawar menawar harga hingga diskusi progress pembangunan.

Estimasi Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Jika berbicara mengenai estimasi biaya untuk renovasi rumah minimalis, maka rincian pekerjaannya adalah sebagai berikut:

  • Sistem borongan harian: Rp 150.000
  • Sistem borongan penuh: Rp 1.500.000/m2
  • Biaya material dan jasa: Rp 4.000.000/m2
  • Harga tanah: Rp 1.000.000

Estimasi biaya renovasi tersebut belum termasuk perhitungan luas rumah yang ingin diperbesar maupun biaya tambahan diluar dugaan. Jadi, jika ditotalkan mungkin mencapai Rp100 juta karena dihitung sesuai dengan luas rumah.

(Baca Juga: Cara Kredit Belanjaan dengan Kredivo)
Beli Furnitur untuk Rumah Minimalis Lewat Kredivo

Nah, kalau kamu tertarik membeli furnitur untuk rumah minimalis yang baru milikmu, enggak ada salahnya jika mencari produk yang sesuai melalui Kredivo. Fintech ini menyediakan layanan kredit instan untuk berbagai pembelian barang tanpa harus menggunakan kartu kredit. Jika tertarik, kamu bisa langsung mengunjungi website Kredivo dan melengkapi syarat dan dokumen yang diminta, antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia dengan bukti KTP dan swafoto
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Penghasilan minimal Rp3 juta per bulan dengan menyertakan bukti berupa foto NPWP milik pribadi
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Bali, Solo, Yogyakarta, Sukabumi, Cirebon, Malang, dan Makassar.
  • Domisili dibuktikan dengan akun e-commerce yang pernah digunakan untuk transaksi belanja

Sangat mudah bukan? tunggu apalagi, yuk segera ajukan pinjaman melalui Kredivo!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau