7 Tips Sehat Berpuasa di Tengah Corona, Lebih Aman Pakai Asuransi Ciputra

4 min. membaca Oleh CekAja on

Ada yang berbeda pada Ramadan tahun ini. Kalau biasanya bulan puasa selalu diisi dengan beragam kegiatan ibadah yang dilakukan beramai-ramai, tahun ini hal tersebut tidak bisa dilakukan karena merebaknya Covid-19 alias virus Corona.

Bahkan Kementerian Agama juga sudah mengimbau untuk tidak melakukan kegiatan keagamaan yang mengundang keramaian, seperti Tarawih di masjid, buka bersama, dan juga Sahur On The Road yang kerap dilakukan anak muda.

Adapun bagi mereka yang positif Corona harus lebih dahulu berkonsultasi dengan dokter mengenai boleh tidaknya berpuasa. Adapun bagi yang sehat, tentu saja kesehatan menjadi perhatian utama banyak orang.

Semua tentu ingin tetap sehat di tengah pandemi yang meresahkan ini, untungnya WHO sudah meyakinkan belum ada penelitian yang membuktikan bahwa aktivitas puasa bisa meningkatkan risiko terpapar Covid-19.

Berikut ini adalah 7 tips menjalankan ibadah puasa dengan sehat yang bisa kamu terapkan:

1. Perbanyak makanan bergizi seimbang

Bulan Ramadan membuat umat Muslim mengubah pola makan mereka. Namun, bukan berarti mengubah asupan yang diperlukan bagi tubuh. Selama bulan Ramadan, mereka yang sehat dan memang mampu melakukan ibadah puasa diharapkan tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Selain itu, jangan lupa juga minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa, apalagi kondisi cuaca saat ini di siang hari amat menyengat.

Walaupun di rumah saja, bukan berarti rasa haus tidak dirasakan. Tetap konsumsi air putih dua liter sehari dengan pola yang benar pada malam hari hingga waktu sahur.

2. Berolah raga ringan

Puasa bukan berarti bisa tidur sepanjang waktu meski tidur di Bulan Ramadan juga bisa mendapatkan pahala. Olah raga ringan tetap dianjurkan bagi orang sehat yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Namun, waktunyalah yang diubah, kalau selama ini kamu berolahraga di pagi hari, selama berpuasa olah raga yang dianjurkan saat mendekati waktu berbuka. Hal ini juga bermanfaat agar kamu tidak dehidrasi usai berolah raga.

(Baca juga: Hampir Dilumpuhkan Corona, Ini 5 Cara Restoran Pertahankan Bisnisnya)

Bagi perokok, usahakan berhenti atau mengurangi selama Ramadan di tengah Pandemi ini, pasalnya perokok umumnya sudah memiliki kapasitas paru-paru yang berkurang.

Kondisi ini bisa meningkatkan risiko seseorang terjangkit virus Corona dan menyebabkan seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

3. Cukup istirahat

Selain makanan gizi seimbang dan air putih, dibutuhkan istirahat dan tidur yang cukup agar bisa sehat selama berpuasa di tengah pandemi. Tidur lebih awal sangat dianjurkan agar bisa melakukan sahur dengan lebih segar.

Kalaupun mau beribadah sebelum sahur pun akan bisa lebih segar karena sudah beristirahat cukup. Tidur siang selama berpuasa juga dianjurkan asal jangan kebablasan. Apalagi tidur siang juga memiliki banyak manfaat dari menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, hingga meningkatkan kreativitas.

4. Tetap jaga jarak

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pedoman aman berpuasa di kala pandemi virus Corona. Mengingat Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir dan penularannya adalah dengan kontak langsung antarmanusia.

Salah satu hal yang dianjurkan oleh WHO adalah tetap menjaga jarak yang dianggap sebagai mekanisme dasar untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular, terutama terkait infeksi pernapasan.

Oleh karena itu, usahakan untuk tetap di rumah dan tidak perlu ke mesjid untuk salat berjamaah, termasuk juga saat ingin beramal. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi untuk menyalurkan zakat fitra dan amal kamu.

Meski begitu, jika ingin tetap bersedekah secara langsung, pastikan anjuran untuk pembatasan fisik dan menjaga kebersihan diri tetap diterapkan. Contohnya tidak menciptakan kerumunan, mengantre dalam jarak yang ditentukan, menggunakan pelindung diri seperti masker, menghindari menyentuh wajah, dan senantiasa mencuci tangan dengan air dan sabun.

5. Jaga kebersihan rumah dan alat salat

Di rumah saja membuat rumah lebih kotor apalagi jika ada anak kecil dengan segudang mainan, pastikan rumah tetap bersih. Jangan lupakan juga untuk menjaga kebersihan alat salat.

Di bulan suci Ramadan biasanya kualitas ibadah juga lebih banyak dan sangat memungkinkan alat salat jadi lebih cepat kotor. Apalagi tempat bersujud sajadah yang kerap ketetesan air wudu dari wajah.

Selain itu, perhatikan juga alat-alat makan saat berbuka puasa, usahakan mengonsumsi makanan rumahan dan alat masak yang bersih agar makanan dengan gizi seimbang yang dikonsumsi dimasak dengan alat-alat yang juga bersih.

6. Tetap di rumah saja

Banyak dokter mengungkapkan kalau selama Ramadan ini, kemungkinan besar muslim yang berpuasa akan tetap baik-baik saja selama berada di rumah saja dan tetap menjaga jarak.

Pasalnya, hingga saat ini yang paling tepat yang bisa menghalau penyebaran Corona adalah mengurangi kegiatan di luar. Adapun bagi mereka yang tetap bekerja selama Ramadan di tengah pandemi ini tetap diminta untuk mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah.

7. Proteksi keluarga dengan asuransi pelindung Corona

Tetap sehat dan selamat berpuasa ya! Kalau kamu ingin memberikan proteksi lebih bagi seluruh anggota keluarga saat berpuasa di tengah Corona, tidak ada salahnya memiliki asuransi Ciputra Life yang juga meng-cover risiko penyakit yang disebabkan oleh Covid-19.

(Baca juga: Cara Mendaftar Asuransi Ciputra Life Untuk Setiap Produknya)

Lewat polis asuransi Citra Proteksi Kesehatan Aktif, biaya rawat inap rumah sakit hingga sembuh dari Covid-19 akan diganti dan premi pun kembali 110 persen.

Jika kemungkinan terburuknya pihak tertanggung meninggal dunia, keluarganya berhak atas 100 persen pengembalian premi yang telah dibayarkan. Bagi para karyawan yang diberi jaminan asuransi oleh kantor, asuransi Ciputra Life bahkan memperbolehkan nasabahnya untuk melakukan double cover. Sehingga dua asuransi bisa digunakan sekaligus selama masa penyembuhan dari virus Corona.

Dapatkan asuransi Ciputra Life yang akan melindungi diri kamu dan keluarga dari risiko paparan virus Corona lewat CekAja.com, sekarang juga!

Tentang kami

CekAja

CekAja