Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Tips Sewa Mobil Murah Buat Mudik

by Rafly Aditia on 27 Juni, 2016

tips beli mobil bekas _ kredit mobil - CekAja.com

Mudik ke kampung halaman adalah tradisi yang biasa dilakukan oleh para pendatang di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Tiket transportasi umum yang biasanya ludes jauh-jauh hari sebelum Lebaran menjadi masalah tersendiri. Maka dari itu, banyak yang memilih untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk yang masih hidup sendiri, mudik menggunakan motor bukan masalah besar. Tetapi yang sudah berkeluarga? Tentu mudik menggunakan mobil pribadi adalah pilihan terbaik. Lalu, kalau belum punya mobil bagaimana? Solusi terbaik adalah sewa mobil. Nah, buat kamu yang mau sewa mobil untuk mudik sebaiknya simak 7 tips sewa mobil murah berikut ini:

Widget TRV Insurance

Booking online jauh-jauh hari

Pertama, kalau ingin sewa mobil dengan harga murah adalah booking online jauh-jauh hari. Kenapa booking online? Karena biasanya booking secara online jauh lebih murah dibandingkan langsung di counter. Rental mobil biasanya menggencarkan promo melalui website atau sosial media, disinilah kamu harus menafaatkannya.

Sementara, kalau langsung di counter bisa jadi agen ataupun sales di tempat sengaja tidak memberikan promo sebagaimana yang ada di sosial media dan situs mereka. Selain itu, karena kamu bakal disangka sangat membutuhkan mobil, biasanya mereka berani pasang harga tinggi. (Baca juga: 5 Tips Atur Uang untuk Mahasiswa yang Indekos di Jakarta)

Sering-sering bandingkan harga

Jangan lupa untuk terus membandingkan harga. Sekarang, kamu bisa membandingkan harga sewa mobil dengan mudah tanpa harus mengunjungi counter sewa mobil satu per satu. Simpel dan mudah saja, coba cek melalui google bagaimana perbandingan harga sewa mobil. Pastinya, cari yang paling murah dan kondisi mobilnya paling layak.

Pilih kendaraan sesuai situasi dan kondisi

Kamu harus sesuaikan jenis mobil dengan situasi dan kondisi. Maksudnya begini, apabila hanya pergi mudik berdua atau bertiga tidak perlu menyewa mobil berkapasitas 8-9 orang. Kenapa? Karena hanya akan membuat biaya sewa mobil makin membengkak.

Selain itu, tidak perlu menyewa mobil kelas premium kalau hanya untuk mudik, mengingat harga sewa mobil seperti itu mahal. Lebih baik uangnya disimpan untuk tambahan belanja Lebaran.

Sewa mobil seperlunya saja

Kalau pergi mudik dan kembali lagi ke tempat tinggal hanya memakan waktu 7 hari ya sebaiknya sewa mobil untuk 7 hari saja. Jangan pernah lebih dari itu, karena bertambah satu hari saja maka ongkos untuk sewa mobil pasti jadi lebih mahal. Ongkos tambahan tersebut bisa dibilang sia-sia karena kamu mobil pun tidak digunakan.

Negosiasi masalah bensin

Salah satu cara lain yang perlu dilakukan ketika ingin sewa mobil dengan harga murah adalah bernegosiasi masalah bensin. Yup, coba negosiasikan dengan penyewa bahwa mobil tidak perlu kembali ke counter dengan keadaan full tank. Dengan cara ini kamu bisa irit ratusan ribu rupiah.

Jangan pakai sistem GPS tambahan

Beberapa jasa rental mobil menyediakan sistem GPS tambahan dan biasanya kamu dikenakan biaya lebih untuk hal tersebut. Maka sebaiknya, tolak tawaran apabila penyewa menawarkan sistem GPS tambahan. Buat apa buang-buang uang untuk sistem GPS? Toh, dengan smartphone yang kamu miliki juga sudah bisa menjalankan aplikasi GPS seperti Google Maps atau Waze. (Baca juga: 5 Trik Jitu Belanja Hemat untuk Lebaran)

Pakai kartu kredit kalau mau lebih untung

Mlakukan pembayaran menggunakan kartu kredit bisa bikin kamu lebih untung saat sewa mobil. Mungkin untuk urusan diskon atau promo sewa mobil secara kredit jarang ditemui, tapi promo lain seperti point reward atau cashback tanpa disadari bisa bikin kamu lebih untung.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.