Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

7 Tips yang Bikin Kamu Bebas Dari Lembur Tiap Hari

by Rafly Aditia on 19 Agustus, 2016

Lembur kerja memang bisa memberikan kamu penghasilan tambahan. Tidak heran jika banyak orang yang senang saat lembur kerja. Tetapi, keseringan lembur juga tidak baik bagi kesehatanmu. Karena masa istirahatmu pasti jauh lebih berkurang.

Nah, bila tidak ingin keseringan lembur, berikut ini 7 langkah yang perlu kamu lakukan:

Bikin to-do list setiap hari

Kunci dari manajemen waktu yang baik adalah tahu apa yang harus dilakukan. Untuk itu kamu perlu bikin daftar hal-hal yang akan dilakukan setiap harinya atau to-do-list. (Baca juga: 5 Alasan Kenapa LIburan ke Pantai Bikin Kerja Lebih Produktif)

Ketahui dulu apa yang harus jadi prioritas

Setelah mengetahui apa saja yang akan kamu lakukan, selanjutnya bikin skala prioritas. Apakah kamu harus menyelesaikan pekerjaan A Atau mengerjakan pekerjaan B terlebih dahulu? Ketahuilah mana yang harus jadi prioritasmu. Cara ini bakal sangat membantu kamu efektif dalam bekerja.

Katakan tidak untuk hal yang bisa membuat rencanamu berantakan

Kalau sudah mempunyai skala prioritas dan mengetahui apa saja yang harus didahulukan untuk dilakukan, kamu harus berani menolak atau bilang tidak apabila ada pekerjaan tambahan. Gunakan alasan yang tepat agar sikapmu ini tidak dianggap sebagai pembangkangan perintah atasan.

Pahamilah bahwa disiplin waktu itu penting

Menghargai waktu adalah kunci utama agar kamu tidak lembur kerja terus menerus. Maka dari itu, pahamilah bahwa disiplin waktu itu begitu penting. Lakukan hal-hal sampai selesai sesuai jadwal yang ditentukan. Jika dilakukan secara berkelanjutan, hal ini akan membantu kariermu melesat

Harus fokus pada apa yang kamu kerjakan

Agar pekerjaan selesai tepat waktu dan tidak tertunda-tunda, fokuslah  terhadap tugas yang sedang dilakukan. Sebisa mungkin untuk tidak mengerjakan dua hal secara bersamaan karena hasilnya pasti tidak akan maksimal.

Luangkan waktu untuk tidur siang

Banyak penelitian mengatakan, tidur siang selama beberapa menit dapat membuat otak kembali segar. Maka dari itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk tidur siang selama 20-30 menit setelah makan siang. Dengan pikiran yang lebih segar, kamu bakal bekerja lebih fokus. (Baca juga: Masalah yang Bikin Kamu Susah Naik Jabatan di Tempat Kerja)

Kurangi chatting dan medsos

Banyak orang tidak membuang waktu kerja karena keasikan chatting atau main media sosial. Mulai sekarang, kamu harus tahu kapan waktunya untuk chat dengan teman dan update media sosial. Jangan sampai pekerjaan terbengkalai dan bikin kamu lembur setiap hari. Ingat, lembur setiap hari menandakan bahwa kamu tidak bekerja secara efektif.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.