Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

7 Trik Hemat Belanja Pesta Tahun Baru

by Sindhi Aderianti on 27 Desember, 2018

Tahun baru belum ada rencana liburan? Jangan takut ‘basi’, adakan saja pesta barbeque di rumah. Undang keluarga dan teman terdekat untuk meramaikannya. Dijamin, malam pergantian tahun Anda kali ini akan berkesan.

Acara Tahun Baru Dunia - CekAja

Pesta barbeque selalu menjadi pilihan terakhir untuk memeriahkan malam tahun baru. Di Indonesia, hal ini agaknya sudah menjadi tradisi.

Anda dapat berkumpul sembari makan enak, tanpa ada batas waktu apalagi menyewa tempat. Lalu apa saja yang bisa diolah menjadi barberque? Hampir makanan semua bahan makanan sebenarnya bisa.

Daging steak yang sudah dimarinasi tentunya wajib, kudapan lain untuk dijadikan side dish pun bisa seperti chicken wing, sosis, atau seafood.

Acara meriah tak melulu harus merogoh kocek dalam-dalam. Dengan budget minimalis sekalipun, pesta pesta tahun baru ala barbeque tetap bisa digelar, bahkan lebih seru dari yang dibayangkan. Lagipula bukan kemana Anda pergi, tapi dengan siapa waktu tersebut dihabiskan, bukan? Begini trik hematnya:

  1. Pilih alat barbeque yang ekonomis

Modal utama pesta barbeque, tentunya juga alat pemanggang. Alat pemanggang tersebut bermacam-macam, mulai dari arang, gas atau listrik.

Nah, panggangan arang boleh dibilang yang paling  laris manis, karena harganya cukup ekonomis yakni sekitar puluhan hingga ratusan ribu rupiah saja. Anda bisa pemanggang tersebut beserta arangnya di pasar ataupun pedagang-pedagang yang khusus menjual semua kebutuhan barbeque.

(Baca juga: Berbagai Ide Merayakan Tahun Baru di Rumah)
  1. Buat sistem potluck

Potluck adalah sistem bawa makanan atau minuman oleh setiap tamu yang datang. Cara ini tentu akan lebih menghemat pesta tahun baru Anda.

Katakanlah Anda sudah bermodal untuk membeli daging steak dan kudapan barbeque lain. Maka dari itu, para tamu hanya tinggal diminta membawa snack, kue, atau minuman.

Sistem potluck perlu kesepakatan terlebih dahulu sebelumnya, agar tamu tidak merasa direpotkan mendadak.

  1. Selektif membeli kudapan barbeque

Khusus untuk daging sapi, sebaiknya belilah yang berkualitas bagus agar empuk dan enak saat dimakan. Pilih daging berdasarkan tiga tipe favorit, karena tidak semua orang memiliki selera yang sama yaitu masing-masing dua potong daging sirloin, tenderloin, dan ribs.

Tambahkan kudapan lain seperti beberapa potongan ayam, karena bisa saja ada yang tidak suka atau pantang makan daging sapi. Sedangkan untuk seafood, kesegarannya patut Anda cek dengan teliti. Kalau perlu, beli ke pasar ikan yang biasanya menjual makanan laut paling fresh.

(Baca juga: Resolusi Sederhana yang Bikin Optimis di Tahun Baru)
  1. Racik bumbu sendiri

Selanjutnya mengenai bumbu. Ada banyak bumbu yang sebenarnya bisa dibeli jadi untuk memanggang daging barbeque. Misalnya hot BBQ sauce,natural BBQ Sauce atau smoked BBQ sauce ala Amerika.

Tinggal dioleskan ke seluruh permukaan daging, diamkan sebentar hingga meresap, lalu panggang. Itu kalau Anda ingin yang praktis. Tapi untuk menghemat budget, coba racik bumbu barbeque sendiri.

Bahannya sederhana kok, cukup dengan menyampurkan saus Inggris, saus tomat, merica, garam dan sedikit air jeruk nipis. Untuk seafood bisa memakai bumbu dari olahan cabai iris dan bawang putih tumbuk yang ditambah kecap manis.

Bahkan Anda harus membelinya lagi, karena mungkin bahan bumbu racikan tersebut sudah ada di dapur rumah.

  1. Pasang musik dari aplikasi streaming

Untuk lebih meramaikan suasana, pasang musik dari aplikasi streaming favorit Anda. Ada banyak pilihan lagu dari genre musik yang berbeda di sana.

Mulai dari pop, rock, EDM, metal, hiphop, R&B, indie, jazz, dangdut, rohani, hingga klasik. Buat playlist yang berkaitan dengan momentum tahun baru, sekurang-kurangnya 20 lagu.

Lalu, sambungkan dengan speaker agar bisa didengar ramai-ramai. Bila dirasa masih kurang, boleh saja membawa instrumen musik seperti gitar atau ukulele untuk saling request lagu secara live.

(Baca juga: 9 Keseruan Acara dan Tradisi Tahun Baru yang Unik di Dunia)
  1. Meriahkan dengan kembang api

Perayaan tahun baru selalu identik dengan kembang api. Konon, kembang api kerap diartikan sebagai harapan dan optimisme. Itulah mengapa kembang api menjadi starter pack utama setiap malam pergantian tahun berlangsung.

Jika ada budget yang bersisa, tak ada salahnya membeli kembang api berbentuk stick. Selain mudah dinyalakan, kembang api tersebut juga lebih aman karena percikan api yang keluar tidak terlalu banyak.

Namun, tetap pastikan tidak ada anak-anak di sekitar Anda, ketika sedang menyulut kembang api tersebut.

  1. Ciptakan games seru

Pesta tahun baru sepertinya kurang meriah kalau tidak ada games seru di dalamnya. Tak perlu yang rumit, buat games yang sederhana saja seperti tebak lagu.

Games ini bisa dimainkan lebih dari dua orang. Caranya, tentukan sekitar 20 lagu populer dan tulis potongan lirik dari setiap lagu tersebut pada secarik kertas.

Kalau sudah, bagi tamu undangan menjadi dua atau tiga grup, yang masing-masing terdiri dari tiga orang. Setiap grup akan diminta untuk menyanyikan potongan lirik, lalu menuliskan apa judul lagu serta penyanyinya pada kertas lain.

Grup yang paling banyak menebak lagu dengan benar, maka akan keluar sebagai pemenang. Setelah pesta tahun baru usai, jangan lupa gotong royong bersama untuk membereskan lagi semua peralatan.

Dengan begitu, Anda tak perlu lagi memanggil jasa cleaning service karena akan menambah pengeluaran yang tidak sedikit. Kemungkinan juga, budget Anda nantinya akan lebih banyak teralokasi ke daging steak dan kudapan barbeque lain.

Maklum saja, karena Anda pasti butuh makanan yang berkualitas. Tapi jangan khawatir, beberapa supermarket lumayan sering memberi banyak potongan diskon menarik untuk produk-produk tertentu dengan memakai kartu kredit.

Apalagi di akhir tahun seperti sekarang ini. Jadi Anda bisa memanfaatkan promo tadi semaksimal mungkin demi belanja yang lebih ekonomis. Belum punya kartu kredit? Coba ajukan di CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami